5 Cara Praktis Memulai Hidup Sehat di Era Gadget

Kesehatan adalah hal yang sangat penting dan mendasar, apalagi di masa pandemi saat ini. Seringkali orang baru sadar bahwa sehat itu hal penting ketika terserang penyakit. Tantangan gaya hidup saat ini, banyak orang cenderung betah menatap gadget, sekadar menonton kiriman video di medsos atau story medsos hingga berjam-jam daripada berolahraga ringan selama 30 menit. Atau juga akibat Work From Home (WFH), seseorang cenderung terpaksa duduk berlama-lama di depan laptop, tanpa sesekali melakukan gerakan-gerakan olahraga ringan. Walaupun sebetulnya sudah ada panduan olahraga ringan sambil duduk.

Jika kebiasaan buruk seperti di atas diteruskan, nggak menutup kemungkinan imun tubuh kamu bisa turun. Mengabaikan imun tubuh sangat berpengaruh terhadap produktivitas seseorang. Untuk itu, kamu harus mulai aware dengan pola hidupmu, karena memulai hidup sehat seharusnya tidak sesulit membayar tagihan rumah sakit, bukan?

Di era gadget seperti sekarang, beberapa pembuat aplikasi berkreasi menciptakan berbagai cara praktis yang bisa membantu kita memulai hidup sehat, diantaranya 5 aplikasi ini berikut ini:

  1. Ahasave Twitter Downloader
Twitter Video Downloader. Sumber foto: ahasave.com
Twitter Video Downloader. Sumber foto: ahasave.com

Twitter adalah salah satu media sosial yang kepopulerannya tak lekang oleh waktu. Dalam Twitter kamu bisa menemukan beragam konten menarik mulai dari thread horor, meme lucu, video, atau bahkan GIF. Konten-konten yang hadir di timeline Twitter setiap hari pastinya bisa menghibur para penggunanya.

Nggak hanya konten menghibur, Twitter juga menawarkan beragam konten edukatif tentang pendidikan, politik, hingga kesehatan. Kamu bisa bertukar informasi info grafis mengenai kesehatan yang tentunya bisa mendukung niatmu untuk memulai hidup sehat.

Kamu bisa menyimpan foto berisi info terkini kesehatan dari Twitter dan membukanya setiap kali kamu butuh. Namun, bagaimana  cara download sebuah video dari Twitter? karena Twitter belum menyediakan fitur Twitter video downloader, maka kamu harus download twitter video downloader app sendiri dari smartphone kamu.

Ahasave Twitter Downloader salah satu rekomendasi yang cocok untuk Android kamu. Selain bisa download video, aplikasi ini bisa mengunduh GIF, gambar, bahkan mp3.

Aplikasi ini memiliki size yang ringan dan gratis. Selain itu, kamu nggak perlu khawatir dengan sistem keamanannya, karena kamu bisa download Twitter video tanpa login.

Dua metode menggunakan aplikasi ini:

1) Download dengan link atau tautan

-Buka twitter dan klik opsi ‘Copy link to Tweet’.

-Buka AhaSave Twitter Downloader dan paste link yang kamu inginkan dan konten yang kamu pilih akan terunduh otomatis.

2) Download dengan berbagi aplikasi

-Klik ‘Bagikan Tweet Melalui’ dan pilih ikon AhaSave Twitter Downloader.

-Video twitter akan diunduh secara otomatis di browser lokal kamu.

 

  1. Google Fit: Activity Tracking
Google Fit
Aplikasi pelacak jalan, lari, sepeda, dan aktivitas gerak lainnya. Sumber foto: Google Play/Google Fit

Cara praktis berikutnya adalah bergerak. Ya, bergerak adalah kunci dari memulai hidup sehat. Ketika kamu bergerak, kamu mengeluarkan keringat dan memangkas habis kalori serta lemak jahat di tubuhmu yang bisa mencegah berbagai penyakit.

Jika keseharian menuntutmu berada di ruangan dan melakukan kegiatan menoton, sekarang kamu harus mulai memutuskan untuk mengambil waktu sejenak untuk bergerak.

Dibutuhkan hanya 30 menit jalan cepat dalam lima hari seminggu untuk mencapai jumlah aktivitas fisik yang direkomendasikan AHA dan WHO yang terbukti mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan kualitas tidur, dan meningkatkan kesejahteraan mental secara keseluruhan. Untuk melacak beragam kegiatan tersebut kamu bisa mengunduh aplikasi Google Fit.

Google fit akan membantumu melacak setiap pergerakanmu entah dari work out, lari, bersepeda, atau bahkan langkah yang kamu lakukan setiap hari. Kamu juga bisa memantau progress aktivitas gerak harianmu melalui smartphone atau jam tanganmu.

 

  1. Calorie Counter – MyFitnessPal
My Fitness
Aplikasi penghitung kalori. Sumber foto: Google Play/myfitnesspal.android

Makan adalah kegiatan penting dalam hidup manusia. Selain untuk memenuhi kebutuhan, makanan juga memenuhi keinginan manusia. Terkadang saat sedang bosan, kita menginginkan beragam makanan manis, padahal seharusnya makanan yang sudah kita konsumsi sudah memenuhi asupan kalori perhari.

Keinginan terhadap makanan berlebih sampai mengabaikan kalorinya bisa menjadi boomerang bagi kesehatan tubuh. Kamu bisa terserang berbagai penyakit yang tak diinginkan, mulai dari obesitas, diabetes, dan masih banyak lagi.

Untuk mencegah hal itu kamu perlu mengontrol setiap makanan beserta kalori di dalamnya untuk dikonsumsi setiap hari. Aplikasi Calorie Counter bisa menjadi partnermu dalam memulai kebiasaan yang lebih sehat.

Aplikasi ini bisa membantumu mencatat asupan kalorimu setiap hari dan membuatmu memahami kebiasaan makanmu, sehingga kamu bisa mengubah pola makan yang tidak sehat perlahan-lahan. Aplikasi ini dilengkapi fitur menarik seperti mencatat aktivitas makan dan olahraga, membuat analisa nutrisi serta kalori kamu secara rinci, resep makanan sehat, dan masih banyak lagi.

 

  1. Water Drink Reminder
Water Drink
Aplikasi pengingat minum. Sumber foto: Google Play/northpark.drinkwater

Rata-rata 60 persen tubuh manusia tersusun dari air. Faktanya manusia tidak bisa hidup tanpa air. Maka dari itu aktivitas minum menjadi sangat penting.

Nyatanya banyak orang menganggap remeh aktivitas minum sehingga seringkali lupa memenuhi kebutuhan minimal minum perhari. Manusia membutuhkan minimal delapan gelas air sehari. Jika aktivitas minummu kurang dari jumlah tersebut dalam kurun waktu panjang, kamu bisa terserang dehidrasi bahkan kematian.

Di era digital saat ini, kamu bisa memanfaatkan teknologi untuk mengikis kebiasaan malas minummu. Kamu bisa mengnduh aplikasi Water Drink Reminder.

Aplikasi ini akan mengingatkan kamu minum pada waktunya dan melacak apa yang sudah kamu minum. Jadi, kamu nggak perlu takut lupa minum bahkan dehidrasi akibat kurang minum!

 

  1. Sleepa
Sleepa
Aplikasi relaksasi tidur. Google Play/net.relaxio.sleepo

Apakah siklus tidurmu sudah teratur? Di jaman sekarang sangat sulit menemukan orang yang memiliki siklus tidur yang baik. Padahal, tidur merupakan aktivitas yang sangat penting dalam hidup.

Orang yang suka begadang bukannya tidak tahu bahayanya dampak kekurangan tidur. Mungkin saja kamu yang suka begadang sudah mencoba beberapa cara tapi tetap saja pikiran yang lewat malam hari membuatmu overthinking, notifikasi smartphone membuatmu terjaga, dan sebagainya.

Idealnya tubuh membutuhkan tidur malah sekitar 7 hingga 9 jam sehari. Jika kamu belum memenuhi itu karena distraksi yang disebutkan di atas, kamu bisa mencoba download aplikasi Sleepa.

Di dalam Sleepa terdapat suara-suara alam, hujan, instrumen, yang bisa menenangkan tubuhmu dan membuatmu terlelap. Selain itu, terdapat timer yang bisa kamu atur sehingga Sleepa akan berhenti beroperasi sesuai dengan waktu  tersebut. Aplikasi ini juga bisa digunakan secara offline, jadi kamu bisa menghindari distraksi dari smartphone sepenuhnya.

Jaga kesehatan nggak mesti nunggu tua atau sakit dulu lho, kamu bisa jaga kesehatan dari sekarang. Yuk mulai lakukan cara hidup sehat melalui rekomendasi aplikasi di atas!


Tulisan di atas merupakan kiriman Vilia Rhisky Indirasari. Beliau adalah seorang mahasiswa tingkat akhir di Universitas Udayana Bali, sekaligus penulis aktif dan pemilik blog https://viliabell.blogspot.com/ yang berisi puisi, artikel, cerpen dengan berbagai tema. Selain menulis aktif di blognya, beliau juga aktif mengirimkan tulisan-tulisannya ke berbagai platform menulis, salah satunya ke blog ini. Terima kasih sudah berkenan meluangkan waktu untuk berbagi  informasi di blog dokternasir.web.id. Semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Nah, Anda punya artikel bagus, opini terkait kesehatan? Bisa ikut berbagi informasi di blog ini. Baca ketentuannya di laman ini ya.

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: