Vitamin A Bukan Hanya Untuk Mata

Pernah dengar ungkapan orang tua yang bilang, banyak-banyaklah makan wortel supaya matanya sehat ? Adalagi, kalo lihat anaknya atau anak tetangganya penglihatannya mulai rabun pada usia muda, “Makanya yang rajin makan wortel biar matanya ga cepet rabun dan ga pake kacamata.” Saya bilang, ga salah kalo makan wortel pasti matanya tetep sehat, karena temen-temen pasti tahu dan udah sering lihat kan, ga ada kan kelinci yang pake kacamata sampe sekarang karena mereka rajin makan wortel, he he he… Tapi apa sih yang sebenarnya ada dalam wortel ? Ternyata karena adanya kandungan vitamin A. Trus, apakah vitamin A ini hanya untuk mata ? Nah ini yang mau saya bahas.

Sebelumnya kita tahu bahwa Vitamin adalah senyawa kompleks yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu pengaturan dan semua proses kegiatan di dalamnya. Tanpa vitamin, tubuh tidak akan mampu untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Vitamin A merupakan vitamin yang populer untuk kesehatan mata karena fungsinya sangat penting untuk membantu integritas retina. Kekurangan vitamin ini akan menyebabkan mata tidak dapat menyesuaikan diri dengan perubahan cahaya dari luar. Sebagai akibat awal dari keurangan vitamin ini adalah menderita rabun senja, yaitu mata sulit melihat pada waktu senja.

Vitamin A banyak didapat dari sayur-sayuran yang berwarna hijau tua. Sayuran ini banyak mengandung pro-vitamin A atau betakaroten. Kemudian, tubuh akan mengubah pro-vitamin A ini menjadi Vitamin A. Satu molekul betakaroten akan diubah menjadi dua molekul vitamin A.

Betakaroten banyak terdapat dalam wortel, bayam, dan buah-buahan berwarna kuning jingga. Nah, jadi tahu kan kenapa wortel itu penting buat mata. Selain itu, sumber vitamin A juga bisa berasal dari hewan, seperti mentega, hati, kuning telur, susu dan keju.

Tetapi, tahukah Anda bahwa vitamin A masih menyimpan banyak kegunaan selain untuk kesehatan mata ? Vitamin A juga bisa berguna untuk kesehatan jaringan tubuh, karena vitamin ini mempercepat proses penyembuhan luka. Dalam kegiatan pertumbuhan dan perkembangan jariangan epitelial, vitamin A mempertahankan kesehatan dan struktur kulit, rambut dan gigi. Beberapa penyakit kulit seperti jerawat bisa diakibatkan oleh kekurangan vitamin ini.

Peranan vitamin A lainnya adalah sebagai antioksidan yang membantu merangsang dan memperkuat daya tahan tubuh dalam meningkatkan aktivitas sel pembunuh kuman (natural killer cell), memproduksi limfosit, fagositosis, dan antibodi. Bahkan kegunaan vitamin A termasuk memperkuat kekebalan selular yang menghancurkan sel kanker.

Fungsi tubuh lain yang dibantu oleh vitamin A antara lain adalah reproduksi, pembuatan dan aktivitas hormon adrenalin, pembuahan dan aktivitas hormon thyroid, mempertahankan struktur dari fungsi sel-sel syaraf, menjaga kekebalan tubuh pada umumnya, serta memperbaharui sel jaringan tubuh.

Penggunaan vitamin A juga harus diperhatikan, terutama untuk wanita hamil dan anak-anak. Vitamin A yang berlebihan dalam tubuh akan menimbulkan racun dan menyebabkan gejala-gejala pada tubuh seperti, mual, kepala pening, kulit kering dan nyeri sendi. Khusus untuk wanita hamil, kelebihan vitamin A akan menyebabkan kelainan pada janin.

Nah, sekarang bagaimana pemenuhan vitamin A Anda ? Apakah Anda termasuk yang kekurangan vitamin A atau justru kelebihan ?

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge

Back to Top
Berlangganan Gratis
Fanpage Konsul Gratis
Follow Twitter
Follow Twitter
Down
ANDA MUNGKIN PERLU BACA INI !!!close