Warning: mysqli_query(): (HY000/1030): Got error 28 from storage engine in /home/zreqowvs/public_html/wp-includes/wp-db.php on line 1877
Anda Nyeri Dada ? Waspadai Serangan Jantung - Dok Nasir Web | dokternasir.web.id

Anda Nyeri Dada ? Waspadai Serangan Jantung

nyeri dadaRASA nyeri pada bagian dada seringkali dianggap remeh dan diabaikan oleh sebagian orang. Bahkan, ada persepsi bahwa keluhan fisik itu merupakan tanda-tanda masuk angin yang bisa diatasi dengan mudah. Padahal, nyeri pada dada itu bisa jadi merupakan gejala seseorang menderita penyakit jantung.

Ada beberapa keluhan penyakit jantung yang sering diabaikan masyarakat hingga akhirnya penyakit yang diderita bertambah parah.

Sejumlah keluhan yang patut diwaspadai sebagai gejala penyakit jantung adalah, nyeri dada, berdebar-debar, cepat letih, sesak napas, ada riwayat sering pingsan, sesak bila tidur telentang, beberapa organ tubuh membiru, serta perut dan bagian kaki bengkak. Gejala lain yang dialami ketika seseorang terserang penyakit jantung adalah rasa nyeri yang hebat disertai muntah.

Tempat nyeri pada gangguan jantung antara lain, di belakang tulang dada, di belakang tulang dada menjalar ke leher, dari dada menjalar ke bahu dan dada. Lokasi lain adalah, dari dada menjalar ke rahang, dari dada bawah di ulu hati, sertai di daerah punggung di antara kedua belikat. Jika terjadi kondisi nyeri dada, maka pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah, baringkan penderita, istirahatkan sampai nyeri berkurang atau hilang, pemberian oksigen, dan panggil dokter, bawa ke rumah sakit terdekat.

Faktor risiko

Diagnosis dini perlu dilakukan pada seseorang yang memiliki faktor risiko kardiovaskular. Sejumlah faktor risiko yang tidak dapat dimodifikasi dengan perubahan gaya hidup adalah, adanya riwayat keluarga yang mengalami gangguan jantung dan pembuluh darah, usia yang makin tua atau lanjut usia, serta jenis kelamin. Ini merupakan faktor risiko yang tidak bisa dihindari.

Sebenarnya ada sejumlah faktor risiko yang bisa dimodifikasi dengan perubahan gaya hidup adalah dislipidemia seperti kolesterol LDL tinggi, kolesterol HDL rendah dan triglycerides tinggi. Faktor lain adalah, tekanan darah tinggi, menderita kencing manis atau diabetes mellitus, kebiasaan merokok, mengalami kegemukan atau obesitas dan kurang berolahraga.

Kadar kolesterol sangat terkait dengan tingginya risiko terserang penyakit jantung koroner. Kolesterol merupakan zat berwarna putih seperti lilin yang dapat ditemukan di setiap sel tubuh. Kolesterol bisa membantu mencernakan lemak, memperkuat membran sel, dan membuat hormon. Kolesterol HDL memindahkan kolesterol jahat dari dinding pembuluh darah. Sedangkan jenis kolesterol LDL menempel pada dinding pembuluh darah, merusak dan menyumbat pembuluh darah.

Jika kolesterol bertumpuk pada dinding pembuluh darah arteri atau dikenal dengan istilah aterosklerosis, maka bisa berakibat terjadinya penyakit jantung koroner dan stroke. Atherosklerosis merupakan pembentukan plak di dalam pembuluh darah yang menyempit. Kemudian, plak dapat mengelupas dan menyebabkan timbulnya bekuan darah yang menyumbat atau thrombus.

Kendalikan faktor risiko agar terhindar dari penyakit jantung koroner. Beberapa upaya pencegahan penyakit jantung yang bisa dilakukan adalah memeriksa secara teratur kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat, periksa tekanan darah secara teratur. Cara lain adalah, menerapkan pola makan yang sehat di antaranya jangan makan yang berlebihan, menghindari makanan yang mengandung lemak, hindari minuman beralkohol.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), sejumlah penyakit kardiovaskular memiliki risiko tinggi terhadap kematian. Penyakit jantung koroner (PJK) menyebabkan 7,2 juta kematian di dunia pada tahun 1996, dan merupakan 14 persen dari total kematian keseluruhan atau satu dari tiga kematian di negara-negara industri. Sementara stroke menyebabkan 4,6 juta kematian. Hipertensi diderita lebih dari 690 juta orang di dunia. Di negara berkembang, kematian karena penyakit kardiovaskular diperkirakan meningkat 28 persen per tahun.

Nah, pernahkah Anda merasakan nyeri dada, berdebar-debar seperti gambaran di atas ? Waspadalah, jangan-jangan itu tanda-tanda awal serangan jantung. Sudahkah Anda mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih baik ?

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

76 thoughts on “Anda Nyeri Dada ? Waspadai Serangan Jantung

  • 16 September 2008 at 07:45
    Permalink

    jantung adlah organ vital dlm tbh manusia.jk seseorg mengalami kelainan jantung biasanya akan terjadi saat dia masih bayi,sdh akan dikatahui(?)jk sudah dewasa maka yg terjd ditinjau dr metode sirkulasi darah maka terjdnya penyumbatan pd titik tertentu.akibat penyumbatan itu melahirkan keluhan dada nyeri,sesak,berdebar-debar lbh cepat dan kuat yg berpengaruh pd emosi pasien.jk terjd menahun maka penyumbatan pd arteri akan semakin keras(drh mati)yg mengkibatkan urat darah menjd kaku dan tdk elastis,yg berakibat seperti yg dirasakan oleh pasien.dr penyumbatan yg menahun efek darah mati akan terkonsentrasi(drh yg kental)akan terfukus pd jantung yg berakibat kerja dan daya muat jtg akan volume darah jd over.jika sdh demikian akan terjd perubahan pd siklus kerja keluar masuk darah yg berakibat pasie akan terkena serangan jantung mendadak.inti sebenarnya adalah bkn pd jantung tetapi pd fase awal adalah penyumbatan pada 2 urat utama.biasanya pasien punya riwayat migren ataw sakit kepala susah tidur dan pasien yg punya masalah gangguan pencernaanlah yg mewarisi kondisi ini.hub yaditerapi@yahoo.co.id atw telusur digoogle up supriyadi marsan utk membahas paradigma baru era kesehatan manusia sekarang ini.

    Reply
  • 16 September 2008 at 19:51
    Permalink

    jika penyumbatan pd arteri utk saluran arah kiri dan kanan tlh over berakibatrembetan darah kental akan berkumpul pd aorta dan hasilnya konsentrasi drh pd jantung mengakibatkan katub jantung tdk bekerja normal krn jantung kebanjiran.jln keluar yg simpel adalah mendiagnosakan kondisi anda pd yg ahli dan yg mengetahui pasti bgmn metode membuka jalan darah.efek/keluhan lain yg kuat adalah menurunnya fokus pd mata,sakit kpl susah tidur pus pelupa,vertigo,pusing yg sangat hgg bisa pingsan.semua keluhan yg kita rasakan pd intinya adalah AKIBAT-AKIBAT dan bukan sebab.dan ada sebab dari sebab itu yg tdk kita sadri kita sendiri yg melakukannya.saran saya jk anda ingin urut carilah yg benar benar mempunyai mata ma’rifat hgg dpt mencegah terjdnya malapraktek.wassalam

    Reply
    • 3 December 2008 at 23:46
      Permalink

      @supriyadi marsan, Terima kasih atas sarannya, silahkan pembaca mencoba keampuhan mas Supriyadi ini dengan menghubungi emailnya.

      Reply
  • 7 January 2009 at 13:41
    Permalink

    Dok, saya mu tanya sapernah makan bbr ayam pake ati ampela tiba tiba badan saya linu- linu dan pegal gt.
    knp ya dok apa ada kelainan di dalam organ dan jantung saya ….
    minta penjelasaannya ya Dok secepatnya
    saya takut ni ada apa apa
    terimakasih………

    Reply
    • 8 January 2009 at 14:16
      Permalink

      @zalil, apakah keluhan pegal linu tersebut dirasakan segera setelah makan bubur ayam atau beberapa jam setelahnya? Apakah sebelum makan bubur Anda ada aktivitas seperti joging atau lari atau jalan? Jika ya, mungkin hanya kelelahan fisik yang jika diistirahatkan akan pulih kembali. Apakah kejadian seperti ini pernah terjadi sebelumnya, maksud saya apakah jika setiap selesai makan ati ampela akan merasakan keluhan yang sama? Jika ya, mungkin Anda punya riwayat alergi terhadap ati ampela. bagaimana versi lengkapnya? Silahkan langsung ke http://dokternasir.web.id/konsultasi/ Trims.

      Reply
  • 16 January 2009 at 17:25
    Permalink

    dok saya mau tanya. gimana cara mencegah dan mendeteksi gejala penyakit jantung?

    Reply
    • 19 January 2009 at 10:44
      Permalink

      @dewi, Wah jawabannya panjang nih…
      Untuk mendeteksi, tentu harus dilakukan pemeriksaan rutin dan teliti terhadap jantung, misalnya rekam jantung (EKG), Treadmill, dan sebagainya. Waspadai tanda-tanda penyakit jantung seperti nyeri dada kiri, kram di lengan kiri yang sifatnya menjalar, berdebar-debar, sesak yang muncul saat aktivitas, mudah lelah, dan sebagainya. Pencegahan tentunya dilakukan untuk memperkuat kinerja jantung seperti berolahraga, kurangi kolesterol, kurangi merokok, dsb. Bagaimana?

      Reply
  • 22 January 2009 at 07:06
    Permalink

    dok,belakangan ini saya sering sesak napas dan menyeri di sekitar dada,terkadang sakit di tulang dada bagian belakang.kenapa ya dok?

    Reply
    • 22 January 2009 at 10:23
      Permalink

      @nischa, kapan nyeri tersebut dirasakan? di bagian dada kanan atau kiri?hilang timbul atau trus menerus?apakah berkurang dengan minum obat?

      Reply
    • 30 July 2009 at 10:07
      Permalink

      Kekuatan sugesti sangat penting dalam menjustifikasi penyakit yang anda derita. Saya bukan dokter, tetapi alangkah bijaknya, kita berpikiran positif..tanya dokter tidak masalah, tetapi kadang dokter suka memvonis dan ini akan membuat kita frustasi. Kalau saya jadi kamu, saya mau minum herbal yang bisa memperkuat otot dan dinding jantung atau organ-organ tubuh lainnya. Dan herbal itu ada di jus kulit manggis XAMthone plus..madu mengkudu dan teh murbei brian, saya percaya semua keluhan anda akan beres,salam sehat selalu.

      pada Kamis, 30 Jul 2009 11:22:25

      Trims atas masukannya…salam sehat dan sukses selalu buat Anda…

      Reply
  • 19 February 2009 at 11:39
    Permalink

    dok, klo nyeri di dada kiri seperti ditusuk2,tangan dan kaki yang dingin disertai kuku jari tangan yang agk kebiru2an apa itu jg trmasuk tanda penyakit jantung?mksh dok,

    Reply
    • 19 February 2009 at 12:12
      Permalink

      Nyeri dada sebelah kiri bagaimana pun gejalanya tetap perlu diwaspadai sebagai penyakit jantung. Anda segera memeriksakan diri ke dokter terdekat untuk dilakukan pemeriksaan jantung rutin seperti EKG (Elektrokardiografi) atau rekam jantung. Jika sudah disertai rasa dingin, menusuk, warna kebiruan, kram, dsb, sangat mungkin ini merupakan gejala penyakit jantung akibat sumbatan. Segera periksa ya…!

      Reply
  • 20 February 2009 at 11:18
    Permalink

    siang dok, trma kasih ats commentny kmrn.saya mau tanya lg..klo sehabis makan coklat trs timbul nyeri di dada dan di kerongkongan seperti ditusuk2.apa itu ada hubunganny dengan adanya kelainan jantung a/ bagaimana dok? mksh y dok,

    Reply
    • 20 February 2009 at 13:02
      Permalink

      Bisa saja, karena di dalam coklat ada kandungan kolesterol yang mungkin memicu gangguan pada jantung. Selain itu coklat juga rasanya manis dengan perasa gula yang cukup kuat sehingga membuat kerongkongan terasa kering, gatal dan tentu seperti ditusuk-tusuk. Kalo yang terakhir, orang normal pasti juga merasakan, saya juga gitu kalo abis makan coklat, bawaannya pengen minum. Bener kan? 🙂

      Reply
  • 25 March 2009 at 14:09
    Permalink

    sejak lebih dari lima tahun yang lalu, saya mengalami insomnia dan semenjak itu saya juga rajin mengonsumsi diazepam. semenjak tiga tahun yang lalu saya memiliki sakit kepala yang kalau sudah parah bisa membuat leher saya kaku juga tidak bisa bangun, untuk mengatasinya saya mengkonsumsi paracetamol. sejak kecil saya memiliki rinitis, bila terpapar oleh penyebab alergi sedikit apapun dapat dipastikan saya akan bersin- bersin dan bila dibiarkan saja hingga tiga hari dapat dipastikan saya akan sesak yang diikuti batuk darah terkadang, untuk mengatasinya bila sedang kumat saya mengkonsumsi ephedrine dan terkadang juga dilengkapi ciprofloxacin (kalau dah batuk darah). lingkungan saya sejak lima tahun terakhir adalah perokok pasif. satu tahun terakhir saya juga sering mengendarai sepeda motor keluar kota ke daerah dataran tinggi meskipun itu tengah malam. sejak akhir tahun kemarin saya mengalami masalah yang cukup bertubi- tubi dan itu cukup menguras energi fisik dan psikis saya. bersamaan paracetamol, ephedrine dan diazepam saya komsumsi untuk mengatasi keluhan yang ada. awal bulan ini saya pribadi menganggap semua masalah itu telah selesai, hidup saya pun telah kembali normal. namun pada kenyataannya saya malah mendapati keluhan baru, pada nafas yang berhenti tiba- tiba (ini sih biasanya kucurigai karena kelelahan atau mungkin karena rinitis) setelahnya seringkali diikuti sensasi nyeri sesaat seperti ditonjok pada dada sebelah kiri. pada satu masa saya malah mendapati dada kiri saya tepat diatas payudara terasa nyeri (berlangsung hingga malam) yang menjalar hingga bahu kiri yang berakibat tangan kiri saya sulit untuk digerakkan selama tiga hari. disamping itu saya juga mendapati bila saya berada dalam posisi yang sama (entah itu duduk atau berdiri) kaki saya pasti bengkak tanpa disertai nyeri. ketika semua serangan ini berlangsung saya tidak memiliki cukup waktu untuk mengunjungi dokter. baru setelah lewat dua minggu saat keluhan sudah banyak berkurang saya mengunjungi dokter dan saya dirujuk untuk ke cardiolog. dari hasil test ekg, foto thorax dan test darah diketahui bahwa semuanya normal. memang banyak yang menganjurkan saya untuk mencari second opinion dari dokter lain. saya merasa ini tidak perlu karena tokh memang hasil tesnya negatif. pertanyaan saya:
    apakah ini termasuk somatoform atau hanya reaksi alamiah tubuh untuk mengembalikan kondisi equilibrium tubuh karena memang pada saat saya stres pasti tubuh juga ikut bereaksi bukan?

    terimakasih atas jawaban yang diberikan.

    pada Jum’at, 27 Mar 2009 09:03:41

    Sdr. Rani yang baik, Ada baiknya jika Anda memeriksakan kembali diri Anda ke cardiolog untuk dilakukan rekam jantung baik irama maupun scanning. Anda harus mengetahui penyebab utama mengapa Anda sering insomnia, rhinitis, dan nyeri dada. Jangan sampai Anda tergantung pada obat-obatan yang Anda minum, apalagi kebiasaan meminum diazepam untuk insomnia Anda, karena dapat mendepresi fungsi otak dan sumsum tulang belakang Anda, ciprofloksazin bisa mengganggu fungsi ginjal Anda, dan efedrin dalam jangka panjang dapat mengganggu fungsi jantung dan ginjal Anda.
    Jangan hanya puas dengan hasil pemeriksaan sekali, karena pemeriksaan manusia dan lab bisa terjadi human error, jadi diperlukan second opinion yang lebih akurat berulang-ulang.
    Sebaiknya Anda juga mulai mengonsumsi nutrisi alami untuk menjaga kesehatan Anda, agar walaupun pikiran Anda stress, namun tubuh Anda tidak terlalu terpengaruh dengan pola kebiasaan stress Anda.
    Saya sarankan Anda untuk mengonsumsi Nutrient High Calsium, Renuves capsules, Muncord capsules, dan Antilipemic Tea. Untuk memproleh info lebih lengkap, silahkan Anda kirim no.HP dan email Anda ke email saya di dr.nasseer@gmail.com, saya siap menjelaskan lebih detil hanya untuk Anda. Trims.

    Reply
  • 27 March 2009 at 11:46
    Permalink

    rinitis di keluarga saya sih adalah turunan. satu rumah juga punya penyakit yang sama. ini juga termasuk alergi mulut terhadap beberapa bahan makanan ataupun pasta gigi yang bisa membuat sariawan ataupun gusi berdarah. meski disamping itu hanya saya yang memiliki alergi terhadap makanan yang mengandung putin, bila mengkonsumsi akan timbul bisul di seluruh bagian kepala. faktor pemicu yang terlalu banyak adalah penyebab rinitis ini sering kumat karena tokh kalau dihindari satu- satu juga yah gimana.. sebagai contoh, bila ada perubahan suhu entah itu sore ke malam ataupun musim pancaroba pastilah kumat (saya tambahkan saya juga memiliki penyakit rematik sejak SMU yang terkadang kumatnya bersamaan). insomnia awalnya terjadi karena sebuah trauma dan karena terjadi dalam jangka waktu panjang meskipun trauma sudah teratasi namun ritme tubuh tentang jam tidur masih belum bisa kembali normal. sudah banyak terapi yang saya lakukan namun selalu gagal. pernah saya tidak tidur sama sekali hingga seminggu hanya karena saya berharap mengantuk ketika jam tidur normal sehingga ketika rasa mengantuk menyerang di pagi ataupun siang hari saya paksakan untuk tidak tidur. penyebab nyeri dada saya masih belum tahu. terutama setelah terjadi serangan yang membuat tangan saya sulit untuk digerakkan. dari dokter umum saya ke cardiolog dan ternyata semuanya negatif.

    pada Jum’at, 27 Mar 2009 14:27:46

    Saya sarankan Anda melakukan General Medical Check Up untuk mengetahui permasalahan Anda. Saya kira tidak ada di dunia ini, penyakit yang tidak ada obatnya. Semua ada obatnya jika kita mau mencari dan berusaha. Penyakit turunan itu hanya menjadi alasan yang membuat kita tidak mau mencari akar penyakit.
    Jika Anda berminat, silahkan segera konsumsi nutrisi yang saya anjurkan di atas. Rematik dan alergi bisa disembuhkan dengan Nutrient High Calsium, insomnia dengan Renuves Capsules, kelainan fungsi tubuh bisa dikembalikan secara alami dengan Muncord Capsules. Rematik dan gangguan fungsi tubuh bisa dikurangi dengan Antilipemic Tea. Hubungi saya segera untuk info lebih lanjut via phone atau email diatas.

    Reply
  • 28 April 2009 at 20:43
    Permalink

    umur saya 34 thn, bb 63 kg, saya kadang-kadang merasa nyeri pada dada sebelah kiri, cepat lelah dan kalo tidur malam kadang-kadang kram pada pergelangan tangan serta kalo jongkok cepat kesemutan ditambah juga lutut sering nyeri saat berolahraga (bulutangkis),saya juga pernah mengalami sesak nafas pada malam hari, apakah saya punya gejala penyakit jantung dok?

    pada Rabu, 29 Apr 2009 09:28:55

    Dari keluhan yang Anda ceritakan, besar kemungkinan sedang terjadi kelainan atau kerusakan di jantung Anda. Segera periksakan ke dokter ahli jantung terdekat untuk mengantisipasi segala kemungkinan.

    Reply
  • 1 May 2009 at 22:06
    Permalink

    Malam Dok.. saya umur 41 thn. pada thn 2007 saya sering merasa nyeri dan di remas2 di dada sebelah kiri dan tengah dada, dan Check up jantung EKG, Treadmill  maupun paru2  bulan Agustus 2007 di RS Harapan kita hasilnya semuanya tidak bermasalah/Normal,
    Yang ingin saya tanyakan kenapa sampe skrg dada saya kadang masih terasa nyeri, cepat merasa lelah, tapi tidak merasa sakit di tangan kiri maupun ke rahang, apakah jantung saya bermasalah? apakah check up di lakukan setahun sekali.
    Mohon penjelasananya dok,,

    pada Jum’at, 01 Mei 2009 10:17:56

    Lalu apa anjuran dokternya selanjutnya mengenai keluhan Anda yang sering muncul itu ? Kalo saran saya, coba dilakukan pemeriksaan echokardiografi (bukan sekedar EKG/elektrokardiografi)… mungkin adanya gangguan semacam sumbatan tidak terdeteksi dari sekedar irama jantung.
    Selain itu, coba Anda perbanyak olahraga dan konsumsi buah-buahan antioksidan seperti alpukat, jeruk, apel, anggur merah dsb. Lebih baik lagi jika ditambah nutrisi yang mengandung anti oksidan tinggi seperti vitamin C dan E. Yang saya rekomendasikan adalah Grape Extract capsule, Jiang Zhi Tea, Muncord capsules. Nutrisi ini baik untuk kesehatan jantung dan memperbaiki fungsi aliran darah.
    Selamat mencoba…

    Reply
  • 4 May 2009 at 21:01
    Permalink

    Malam dok, saya udah cek jantung ke dokter umum, hasilnya kata dokter ada gejala jantung.. Saya dikasih obat anti jantung (aspilets) yg katanya hrs diminum setiap hari selamanya dan obat anti nyeri dada.. Saya mau tanya apa obat tsb/aspilets memang hrs diminum selamanya, apa efek yg ditimbulkan jika saya lupa atau berhenti minum obat tersebut? Apakah obat tsb benar2 bisa menghentikan gejala penyakit jantung / menyembuhkan? Rencananya saya akan kembali memeriksakan diri k dokter spesialis jantung, kira2 informasi atau pemeriksaan apa lagi yg hrs saya minta k dokter jantung nantinya dok? Mohon maaf dok kalau saya kebykan nanya, saya awam mengenai penyakit ini dan  jarak yg hrs saya tempuh utk k dokter ini mkn wkt sekitar 9 jam (di kota sy blm ada dr spesialis jntng).. jd saya ingin sekali punya bahan utk diperiksakan k dokter. Terima kasih banyak atas bantuan dan informasinya dok..

    pada Senin, 04 Mei 2009 10:49:32

    Wah berat juga penderitaan mas Nasrul ya…
    sebenarnya indikasi aspilet dalam kasus ini lebih mengarah kepada anti trombotik atau anti penggumpalan darah, yang diduga terjadi pada pembuluh darah jantung mas Nasrul. Sebenarnya tidak perlu seumur hidup dan terus menerus karena bisa membahayakan lambung dan hati mas Nasrul, cukup diminum hanya jika terasa nyeri dada lagi. Namun itu berarti tidak menyembuhkan penyebabnya, yaitu penggumpalan darah tersebut. Artinya mas Nasrul harus berpikir kenapa terjadi penggumpalan darah, bukan sekedar dijejelin aspilet seumur hidup saja.
    Saran saya, mas Nasrul segera mengonsumsi NUtrient High Calsium sebagai kalsium alami untuk memperkuat otot jantung beserta pembuluh darahnya yang sangat kecil tersebut. Ditambah dengan Grape Extract yang berasal dari ekstrak anggur merah yang berfungsi memperbaiki fungsi jantung dan menghancurkan plak darah/penggumpalan darah serta memperkuat dinding pembuluh darah agar tidak terjadi lagi penggumpalan disana. Dan Muncord capsules untuk memperbaiki fungsi jantung secara keseluruhan dan meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah terkena penyakit, serta menjaga kondisi tubuh tetap fit. Semuanya sudah teruji dan banyak digunakan dokter spesialis di Singapura untuk kasus yang sama.
    Jika masih penasaran dengan periksa ke dokter spesialis ya silahkan, paling hasilnya tidak akan jauh berbeda dengan dokter yang pertama, selain ongkos yang dikeluarkan menjadi lebih besar dan lebih banyak obat yang diberikan tanpa diberikan jaminan untuk sembuhnya kapan.
    Sekali lagi saran saya, lebih baik mas pertimbangkan kembali untuk ke dokter spesialis yang jaraknya jauh tersebut. Saya bisa bantu mas menyediakan produk diatas dengan pengiriman ke alamat mas, setelah mas setuju untuk berobat dari saya. Semoga bermanfaat.

    Reply
  • 5 May 2009 at 10:55
    Permalink

    Oya dokter.. saya pada februari 2007 sudah pernah melakukan pemeriksaan Echocardiography hasilnya tidak ada masalah dgn jantung saya.. terima kasih atas informasinya dokter,

    pada Rabu, 06 Mei 2009 11:14:18

    Syukurlah kalo begitu… 🙂

    Reply
  • 5 May 2009 at 19:43
    Permalink

    Malam dok… terima kasih banyak atas penjelasan n bantuan dokter, saya tertarik dan ingin melanjutkan pengobatan ini sama pak dokter, Mohon informasinya selanjutnya dan gimana prosedurnya untuk memperoleh produk2 tersebut dok?

    pada Rabu, 06 Mei 2009 11:22:27

    saya minta no telp pak Nasrul yang bisa dihubungi, atau silahkan hubungi saya di 08122572265 untuk informasi lebih lanjut. Terimakasih.

    Reply
  • 22 May 2009 at 14:41
    Permalink

    sore dok. ni dewi mo nanya sudah 3 minggu lebih saya terkena biduran dan sudah minum dexamethamin dan CTM tapi masih tetap.
    dada kiri saya sering sakit sampai nafas saya menjadi sesak, & tulang belakang saya juga bareng ikutan sakit.
    kira-kira kenapa yach dok.
    sebelumnya terimakasih byk

    pada Kamis, 28 Mei 2009 13:38:22

    sore bu Dewi,
    mengenai biduran, mungkin obatnya ga cocok buat ibu, coba ganti yang lain. Atau mungkin pncetus biduran itu belum ibu hindari, makanya belum sembuh juga.
    Obat biduran yang ibu konsumsi memang bisa berpengaruh kepada lambung (meningkatkan asam lambung). Pengaruh sakit lambung tersebut bisa dijalarkan ke daerah dada sehingga sering merasa sesak dan juga dijalarkan ke daerah punggung.
    Jika nyeri dada yang ibu alami itu semakin berat dirasakan setelah beraktivitas, bisa jadi ada kaitannya dengan jantung.
    Namun ibu perlu sembuhkan dulu penyakit yang simultan yaitu biduran, lambung, dan mungkin jantungnya (bila gejalanya memenuhi). Coba ibu konsumsi obat biduran semacam Incidal/Loratadine, obat lambung semacam Sukralfat sirup dan Ranitidine. Jika nyeri dada belum hilang, silahkan ibu berkonsultasi ke dokter internist terdekat untuk diperiksa lebih detil apakah ada kelainan pada jantung atau tidak.
    Demikian bu Dewi, semoga bermanfaat.

    Reply
  • 16 June 2009 at 12:34
    Permalink

    Siang dok,,,dok ku mau tanya akhir”ini jantung ku sering x berdetak kencang gelisah tanpa tau sebabnya,terus tangan kanan ku sering kali bergetar,kadang perut ku mual,dada ku sering sakit,punggung kun pun sering kali sakit seolah”kaya di tusuk,kata orang tua ku itu hanya masuk angin biasa sebenarnya kenapa dok??????????
    Thx y dok

    pada Selasa, 16 Jun 2009 13:49:15

    Itu kan kata orang tua, sudah periksa ke dokter belum? kalo ngebaca gejalanya, beberapa kemungkinan bisa terjadi:

    1. Saat gejala itu terjadi, kamu lagi dalam keadaan lapar, sehingga semua otot halus organ merespon sbagai rasa nyeri yang tidak bisa dilokalisir atau tidak jelas.
    2. Bisa juga merupakan gejala sakit maag atau gastritis atau radang lambung, biasanya nyeri dijalarkan ke dada dan punggung seprti ditusuk-tusuk atau rasa terbakar. Perut juga mual dan perih, serta nyeri ulu hati. Jantung biasanya ikut brdebar kencang tidak jelas, sehingga muncul keringat dingin dan badan bergetar.
    3. Yang terakhir, bisa juga serangan jantung ringan, yang merupakan gejala awal terjadinya sumbatan pembuluh darah jantung. Gejala sakitnya bisa dijalarkan kemana-mana, terutama dada, punggung, lengan kiri.

    Kalo ngeliat yang ketiga, sebaiknya kamu waspada dengan yang trakhir, oleh karena itu segera kamu priksakan ke dokter dan minta lakukan pemeriksaan EKG/rekam jantung untuk meminimalisir kemungkinan. Silahkan periksa dulu, nanti kita diskusikan hasilnya disini. OK 🙂

    Reply
  • 28 June 2009 at 02:36
    Permalink

    Dada saya sering kali terasa sakit. tertama dibagian hulu hati. pada saat sakit ,terasa ingin muntah dan itu berlansung antara 15 menit sampai 30 menit. pada malam hari ,sering terbangun karena dada terasa sakit sekali.beberapa kali saya tes detak jantung hasilnya selalu baik grafiknya. saya jadi bingung apa benar jantung saya pada kondisi yang baik. mohon penjelasannya pak Dokter.

    pada Senin, 29 Jun 2009 10:29:35

    Saya sarankan bapak melakukan pemeriksaan secara menyeluruh (medical check up) untuk mengetahui fungsi tubuh secara utuh, sekaligus dilakukan treadmill test dan EKG. Bisa jadi di satu pemeriksaan kelainan tersebut lolos, jadi perlu dilengkapi dengan pemeriksaan lain yang lebih akurat. Terima kasih.

    Reply
  • 3 July 2009 at 21:34
    Permalink

    slmt malam dok…mau tanya, beberapa kali akhir2 ini di jantung saya terasa nyeri dan kaya ketusuk2 dan sakit dok, itu apakah jantung bermasalah atau kenapa?sy sdh ke dokter tp katanya tdk apa2 dan bagus hsl EKG, hnya disuruh cek darah, gula dan beberapa bgn.

    pada Senin, 06 Jul 2009 11:41:48

    Bisa saja keluhan2 yang dirasakan pak Erick adalah salah satu dari sekian banyak gejala penyakit jantung koroner, dimana terjadi beberapa sumbatan kecil di pembuluh darah kecil yang mendarahi jantung, sehingga beberapa bagian jantung kurang mnedapat nutrisi sehingga muncul keluhan seperti demikian. Cek darah lanjutan seperti kadar gula, kolesterol dan lain2 diperlukan untuk mendapatkan informasi apa yang menyebabkan keluhan tersebut.
    Untuk pengobatannya, anda bisa mengonsumsi Kalsium 1, Cordyseps, Vigor atau Antilipemic Tea. Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi saya kembali. Trims.

    Reply
  • 17 July 2009 at 22:18
    Permalink

    mlm, Dok,,,,
    dok, sebenernya kalo nyeri di dada, pada bagian tengah, kanan n kiri, kan ciri2 penyakit jantung tp yang aku rasain kok kadang sampe mata aku yg sebelah kanan ikut sakit(nyeri), apa itu ada hubunganya dok,, antara nyeri di dada n nyeri di mata kanan?,..

    pada Sabtu, 18 Jul 2009 23:50:46

    sebenarnya nyeri dada juga belum tentu pasti penyakit jantung, namun waspada saja. Bisa jadi penyakit lain seperti paru-paru, lambung (maag), atau yang lainnya. Hubungannya dengan nyeri di mata kanan? mungkin waktu Anda nyeri mata kanan karena terlalu lama liat cewe cakep sambil melirik terlalu lama, trus jantung Anda berdegup terlalu kencang…ha ha ha…(maaf bercanda)…
    Sebaiknya, Anda coba periksakan irama dan kondisi jantung Anda dengan EKG melalui klinik atau dokter terdekat, lalu ceritakan juga kondisi mata kanan Anda, siapa tahu saat itu Anda hanya kelilipan…

    Reply
  • 4 August 2009 at 14:09
    Permalink

    haloo dok…mau nanya, ini gejala jantung ato bukan, soalnya jantungku sering berdebar lebih cepat dr biasanya dan sering kedinginan, sy dpt semenjak sy sakit diwajah sebelah yg ngak bisa goyang, kt dokter kena saraf ke 7. pernah ngak tdr sehari semenjak itu sering jantung berdebar dr biasanya dan sering kedinginan…

    pada Rabu, 5 Agt 2009 16:20:25

    Mbak Irma yang baik, perubahan siklus biologis tubuh secara mendadak terkadang membuat organ tubuh perlu beradaptasi secara maksimal, untuk waktu yang tidak dapat diperkirakan berapa lamanya. Sementara itu, mbak juga sempat terkena gangguan saraf seperti yang mbak keluhkan. Hanya saja saya kurang mendapat informasi penting dari mbak, apakah mbak sempat memeriksakan diri ke dokter terkait gangguan irama jantung, apakah pernah dilakukan EKG atau sejenisnya? Walaupun ada kemungkinan hal tersebut akibat pengaruh gangguan fungsi saraf ke 7, namun bisa saja malah akibat pengaruh jiwa mbak yang terlalu cemas karena munculnya gangguan saraf tadi, artinya bisa saja tidak berhubungan secara langsung. Jadi saran saya, silahkan periksakan dulu irama jantungnya dengan EKG untuk memastikan bahwa tidak ada gangguan pada jantung. Demikian. Semoga membantu. Terimakasih

    Reply
  • 5 August 2009 at 20:15
    Permalink

    Hai Dok…

    Mau nanya neh, Saya asma alergi, baru satu minggu yang lalu terkena serangan asma lagi, dan dampak ikutan nya adalah nyeri di bagian tengah dada, lebih terasa lagi kalau sedang makan/minum… solusina apa. Terima kasih

    pada Rabu, 5 Agt 2009 22:53:25

    Hai juga pak Najib,
    Saat asma dengan manifestasi sesak, semua otot2 pernafasan ikut terlibat termasuk diafragma. Bisa saja di saat tertentu diafragma merasa lelah dan sedikit tegang/kram sehingga menekan saluran kerongkongan yang memang berada di tengah dada. Solusi ringannya Anda cukup istirahat yang cukup dan tenangkan pikiran hingga semua otot2 polos berelaksasi. Jika perlu menggunakan obat (namun jika asmanya sudah reda, solusi ini kurang efektif). Sebenarnya terapi yang paling pokok yang menyembuhkan penyebabnya yaitu alerginya, yang kebetulan Anda hipersensitif pada pernafasan sehingga mudah terserang asma jika kontak dengan pemicunya. Terapi yang paling baik dan aman serta sudah dibuktikan pada anaknya rekan saya yang juga asma, yaitu mengonsumsi Nutrient High Calsium, Renuves Capsules, dan Muncord Capsules. Info lebih lanjut silahkan lanjutkan obrolan ini. trims semoga membantu.

    Reply
  • 12 August 2009 at 08:03
    Permalink

    Selamat pagi dok, saya mau tanya kalau nyeri dibagian dada (kadang pindah posisi) dengan sesak napas, apa yg hrs saya lakukan saat ini saya minum obat seloken (25mgx2 tiap hari)setelah didiagnosa arithmia, saya juga sdh EKG dan treadmill test, mohon advis Dokter dan terimakasih banyak

    pada Kamis, 13 Agt 2009 21:50:25

    Lalu gimana hasil EKG dan Treadmill test-nya pak?
    Kalo dari segi medis, tindakan bapak sudah benar, tetap konsultasi dengan dokter ahli jantung. Bila ingin ditambahkan dengan terapi dari herbal, bapak bisa konsumsi Nutrient High Calsium, Grape Extract Capsule, dan Muncord Capsules. Info lebih lanjut silahkan hubungi saya via email ya pak.
    Trims semoga bermanfaat.

    Reply
  • 29 August 2009 at 10:51
    Permalink

    😳 anda bilang gejalanya sama dengan masuk angin, apa cara membedakannya?

    pada Minggu, 30 Agt 2009 06:31:27

    Kayaknya saya tidak bilang gejalanya sama dengan masuk angin, tapi di kalangan awam memang keluhan nyeri dada ini hanya dianggap sekedar masuk angin saja, tanpa berupaya dipikirkan lebih serius apakah ada penyakit yang mengarah ke tanda penyakit jantung di balik keluhan tersebut. Jika baru sekali dua kali mungkin masih wajar, tapi jika keluhan nyeri dada seperti yang digambarkan di atas itu berulang kali terjadi, maka waspadalah jika itu merupakan gejala penyakit jantung. Gimana?

    Reply
  • 24 September 2009 at 22:04
    Permalink

    Dok, saya sering merasa nyeri dada bagian tengah kadang dibawah iga. saya sdh 3 kali periksa ke spesialis jantung, tp diagnosanya selalu kearah lambung dan diberi obat utk lambung saja. saya pernah EKG dan kedapatan old inferior infarct. mohon penjelasan adakah hubungan keluhan saya ini dgn gastritis? soalnya kondisi lambung saya juga sering nyeri spt ditusuk jarum dari perut bagian atas sampai ke sebelah kiri pinggang.

    pada Kamis, 24 Sept 2009 23:49:40

    Saya sarankan Anda untuk melakukan komparasi dengan pemeriksaan Endoskopi, agar diketahui pula apakah memang juga ditemukan kerusakan pada lambung sebagai penyebab nyeri pada perut bagian atas hingga pinggang kiri. Jika memang ditemukan kerusakan pada kedua organ baik jantung maupun lambung, maka pengobatannya tentu untuk kedua organ tersebut. Terkadang keluhan nyeri dada bisa bermanifestasi sebagai penyakit jantung, paru, maupun saluran pencernaan bagian atas termasuk lambung, jadi memang diperlukan pemeriksaan lanjutan untuk perbandingan.
    Demikian, semoga bermanfaat. 🙂

    Reply
  • 9 October 2009 at 09:41
    Permalink

    konnichiwa,dokter.saya sering mengalami sesak nafas dan hal ini membuat dada nyeri sampai saya tidak kuat bernapas.dalam sehari saya bisa mengalami sampai 5 kali.selain itu kepala bagian belakang kanan saya sering sakit secara bergantian dengan sakit di dada kiri.sebenarnya saya sudah periksa ke dokter namun,itu hanya mengurangi tidak membuat saya lebih baik,sebenarya ini gejala apa?

    pada Jum’at, 9 Okt 2009 11:10:23

    Konnichiwa juga… 🙂
    Lalu kata dokter apa waktu itu? apa yang sudah diperiksa saat itu? bagaimana hasilnya?
    Boleh disharingkan kembali ?
    Makasih.

    Reply
  • 12 October 2009 at 13:17
    Permalink

    dok,,mamah saya kalau nangis sering sekali sesak didadanya..terus kemaren dadanya terasa panas dan sesak sekali..kira2 apa ya penyakitnya??

    pada Senin, 12 Okt 2009 14:20:23

    Sebenarnya kalo nangis terus dada terasa sesak masih dalam batas wajar ya, tapi jika sesaknya berkelanjutan hingga nangis sudah reda pun masih terasa sesak, maka mungkin ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Apakah sesak tersebut disebabkan oleh guncangan emosi yang mempengaruhi persyarafan di sekitar dada, atau karena memang ada penyakit di dalamnya. Untuk hal ini yang bisa ditanyakan, bagaimana frekuensi munculnya sesak, apakah disertai juga dengan batuk, pilek, demam? apakah sesak dipengaruhi juga oleh aktivitas? Silahkan Anda diskusikan…saya tunggu diskusi dari Anda.
    Terima kasih.

    Reply
  • 12 October 2009 at 19:17
    Permalink

    dok, saya sering ngerasa nyeri dada mulai dari sternum ke arah kiri tapi gak sampek ke lengan, leher ataupun rahang melainkan justru dari garis tulang belakang atas ke wilayah kiri. trus saya gak bisa jalan terlalu lama dan gak istirahat karena tiba-tiba saya ngerasa sesak dan harus duduk supaya saya bisa bernafas lagi. tangan saya juga kadang-kadang sering basah karena keringat dingin dan banyak orang yang mengindikasikan itu sebagai tanda-tanda jantung lemah. tangan dan kaki saya juga sering ngerasa dingin padahal yang lainnya gak. apakah hal itu mengindikasikan kalo saya terkena penyakit jantung atau hanya maag biasa dan kurang olahraga?

    pada Selasa, 13 Okt 2009 09:50:23

    Mbak Dita yang baik,
    Bisa saja mrupakan gejala penyakit jantung, jika dengan aktivitas apapun sedikit saja, mudah merasa lelah. Namun jika keluhan tersebut dirasakan ada hubungannya dengan pola makan, misalnya pas telat makan, bisa jadi itu gejala penyakit maag. Jadi sebaiknya mbak Dita bisa cek ke dokter terdekat untuk memastikan dengan pemeriksaan fisik bahwa itu bukan penyakit jantung.
    Lalu, kalo kurang olahraga, saya kira keluhannya tidak sampai begitu ya…:)

    Reply
  • 24 November 2009 at 18:53
    Permalink

    dok saya sekarang sedang sakit dada, bagian kanan belakang payudara, rasanya agak nyeri ilang nyeri ilang gt. saya juga sering sakit perut kalau lagi stress, saya minta solusi dok. trimakasih

    pada Rabu, 25 Nov 2009 00:55:03

    rasa nyeri hilang timbulnya apakah ada hubungannya dengan pola makan tidak teratur atau stres? adakah riwayat sakit maag?

    Reply
  • 29 November 2009 at 07:44
    Permalink

    Ass.wr.wb dok..
    Googling ‘sakit di tulang dada’, sy nyasar k sini. Salam kenal dok..

    Sy jg kadang sakit/nyeri di tulang dada. Sudah 4 hr, bareng dg pendengaran yg rasanya spt tersumbat dan bikin kepala pusing. Saya pikir ini masuk angin biasa. Tp sdh 4-5 hr gak ilang2.
    Knp ya dok?

    Trm ksh pencerahannya. 😉
    Wassalaam..

    pada Senin, 30 Nov 2009 20:46:10

    Salam kenal kembali, makasih udah nyasar, semoga ga lebih tersesat… 🙂
    Tulang dada sebelah mana nih? kanan atau kiri? terasa seperti ditusuk atau ditimpa beban berat? apa Anda juga sedang flu atau pilek?

    Reply
  • 3 December 2009 at 17:22
    Permalink

    Dokter yang baik, 🙂 🙂

    Dok, 6 th yang lalu saya suka nyeri dada kiri dan sesak nafas, cepat lelah. setelah diperiksa EKG bahkan Echo katanya otot jantung saya lemah. sekarang gejala itu timbul lagi terutama mudah terpicu kalo emosi saya naik, atau tidak beraktifitas beratpun suka terasa. kira-kira solusinya bagaimana, olah raga apa yang paling cocok ?
    terima kasih….. 😀

    pada Jum’at, 4 Des 2009 09:34:10

    Olahraga yang paling cocok ya yang bisa menguatkan otot jantung kembali, atau meringankan kinerja otot jantung. Anda bisa bergabung dengan klub jantung sehat untung mendapat tutorial lengkap dan kompeten tentang hal ini. Atau Anda juga bisa melakukan jalan kaki ringan mengelilingi kompleks, atau jogging. Demikian kira-kira.

    Reply
  • 4 January 2010 at 14:31
    Permalink

    Halo dok,
    Minta pendapatnya dong.
    Saya berumur 26thn, perokok (selama 5thn).
    Sudah lebih dari 2 minggu merasakan sakit di dada bagian kanan sampai ke bahu kanan bagian belakang. Nyerinya itu makin terasa saat bernapas. Saya belum sempat memeriksakan diri, dok.
    Mohon pendapatnya.
    Terima kasih dokter!

    pada Senin, 04 Jan 2010 18:15:20

    Halo juga, sayang sekali data Anda kurang lengkap. Apakah Anda pernah terkena trauma di lokasi nyeri, atau ada luka di sekitar situ? Apakah Anda juga merasa sesak? Sering berdebar2? Apakah Anda berolahraga atau beraktivitas yang banyak melibatkan bahu kanan? Apakah nyerinya terlokalisir dan bisa ditunjuk secara tepat? Bagaimana bentuk nyerinya, seperti ditusuk benda tajam atau dipukul benda tumpul?
    Saya tunggu tanggapan Anda.

    Reply
  • 4 January 2010 at 19:52
    Permalink

    Wah, cepat sekali respon dari dokter..terima kasih!

    Saya tidak pernah trauma di lokasi nyeri yang sekarang (dada sampai bahu kanan), tapi memang kira-kira 5 bulan yang lalu Saya pernah operasi tumor di bagian bawah leher kiri (dekat tulang belikat). Tumor itu disebabkan karena TBC. Apa mungkin ada hubungannya?
    Saya sesekali merasa sesak. Sering berdebar2, olahraga sesekali billiard, tapi tidak sering. Kegiatan sehari2 yang melibatkan tangan kanan paling sering di depan komputer saat kerja seharian.
    Lokasinya tepat di balik payudara kanan sampai tembus ke belakangnya yaitu bagian bawah bahu kanan. Rasa nyeri seperti dipukul benda tumpul, dan terasa makin sakit saat menarik napas dalam2.

    Saya sangat mohon pendapat dari dokter, sekali lagi terima kasih banyak ya dok!

    pada Senin, 04 Jan 2010 21:35:20

    Ok, terima kasih kembali. Membaca riwayatnya, saya menduga adanya luka fibrosis di jaringan paru atau selaput pembungkusnya (pleura). Apakah Anda juga masih sering batuk? batuk keluar darah?
    Saran saya segera periksakan ke dokter radiologi untuk mengecek kondisi paru2 Anda dan mendapat penanganan lebih detil dan serius.
    Semoga bermanfaat.

    Reply
  • 22 February 2010 at 12:38
    Permalink

    Nyeri di bawah dada kanan ketika olah raga. Sy sring masuk angin.

    pada Senin, 22 Feb 2010 13:01:43

    Segera periksakan ke dokter mas, siapa tau itu bukan nyeri dada biasa.

    Reply
  • 1 March 2010 at 17:35
    Permalink

    saya juga merasakan nyeri ketika bernapas di dada saya sebelah kanan dok. saat akan tidur juga terasa nyeri tetapi beberapa sat itu lumayan hilang dan biasanya ketika akan bangun tidur perut saya bagian kanan juga ikut terasa nyeri itu kenapa ya dok??
    makasih.

    pada Selasa, 2 Maret 2010 22:13:52

    Mual ga mas? kalo ada mual mungkin ada gangguan di sekitar ulu hati. Silahkan periksakan ke dokter terdekat ya

    Reply
  • 7 April 2010 at 10:53
    Permalink

    Dok saya pernah sakit nyeri di dada di dalam umur saya baru 20, sakit’a itu kadang muncul kadang ilang tetapi setelah seminggu hilang sampai sekarang, ada resiko jantung g dok? memang saya ada keturunan jantung

    pada Rabu, 7 April 2010 23:34:53

    Faktor keturunan merupakan salah satu faktor resiko munculnya kelainan atau penyakit jantung pada seseorang. Jadi sebaiknya Anda melakukan medical check-up agar lebih meyakinkan dugaan dan mengurangi resiko.

    Reply
  • 9 April 2010 at 20:34
    Permalink

    Dada tengah dan sblh kanan saya nyeri dok,apalagi klo buat glegeken rasanya nyeri sama panas.apa itu gejala penyakit jantung ya Dok?saya tunggubalasanya sebelumnya trimakasih.

    pada Jum’at, 9 April 2010 23:01:42

    Asalkan sesuai dengan gejala di atas, bisa saja gejala penyakit jantung. Kalo glegekan nyeri kayaknya bukan mengarah ke sana, mungkin ada radang di daerah tenggorok. Coba periksakan juga ke dokter THT. Trims

    Reply
  • 19 April 2010 at 23:44
    Permalink

    hallo,, usia saya baru 18 tahun,
    tetapi dada saya sering terasa nyeri,,
    apakah itu juga termasuk ciri-ciri penderita sakit jantung?
    dan kedua telapak tangan saya juga sering basah/keringetan..
    tolong konfirmasinya dok..

    pada Senin, 19 April 2010 23:52:24

    Bisa jadi mas, sebaiknya segera dikonfirmasikan langsung ke dokter terdekat untuk dilakukan pemeriksaan lebih detil, lebih cepat diperiksa akan lebih cepat pula terdeteksi bila ada gangguan. Trims

    Reply
  • 2 May 2010 at 12:13
    Permalink

    hy, dokter!
    sy 44 th, sebulan lalu sy cek up kesehatan, hslnya semua normal2 saja kecuali LDL Cholesterol 174 (norm <150mg/dl) dan SGPT nya 67 (L.<40 P.<31 U/L).
    Akhir2 ini saya sering tratap2 (berdebar) sesaat 6 detik. saya akui akhir2 ini jg suka begadang, yang saya tanyakan apakah dari hasil cek up tsb, dan gejala yg sy alami menunjukkan sy jantungan/ cuma kurang tidur?
    mohon suggest dokter terkait hal diatas.
    Thank's a lot

    pada Senin, 03 Mei 2010 22:38:38

    Kalo dari hasil lab memang menunjukkan kolesterol dan fungsi hati yang meningkat, penyebabnya bisa beragam diantaranya kurang istirahat. Namun jika sudah mulai timbul gejala sering berdebar dan itu terjadi berulang2, bapak perlu segera memeriksakan kondisi jantung bapak ke dokter terdekat, sebelum terlambat tentunya.

    Reply
  • 14 May 2010 at 12:33
    Permalink

    dokTer,saya yuli umur saya baru 18th. Saya sering ngerasakan nyeri di dada & sering jantung saya berdetak kuat. Kalau saya banyak pikiran jg sering pingsan & kejang2. Saya pernah periksa ke dokter. Saya di fonis ada kelainan jantung. TApi saya tidak percaya. Dok,tolong ya,pecahkan masalah saya ini. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak

    pada Jum’at, 14 Mei 2010 23:35:02

    Sebenarnya kuncinya adalah…kamu percaya sama siapa? Kan dokter yang udah meriksa kamu itu lah yang lebih faham masalah yang ada di diri kamu daripada saya, bener ga? Kalo kamu berharap saya tidak bilang kamu sakit jantung, wah…saya alih profesi jadi paranormal dong…hehehe…

    Reply
  • 18 May 2010 at 19:10
    Permalink

    Saya 48 th, Seminggu yg lalu saya merasa sakit dada spt ditusk jarum dan menjalar ke perut seb.kiri, saya periksakan ke dokter jantung dan di EKG, lalu divonis Koroner ( tensi saya waktu itu 100/60 ). Saya diberi obat CRESTOR rosuvastatin, CEDOCARD 5 dan CARDIO ASPIRIN.
    Saya minum obat Cedocard dan Cardio Aspirin bersamaan tp selang 2 jam kemudian saya merasa tidak nyaman, jantung berdebar keras, berkeringat dingin, dan napas tersengal. yg saya tanyakan apakah obat tersebut sesuai dengan kondisi saya? sebetulnya fungsi dari obat2 tsb untuk apa sih Dok? Tks. Salam hormat saya.

    Reply
  • 29 May 2010 at 10:01
    Permalink

    dok kok tiba2 dada saya berdebar2 dan badan saya lemas setelah saya minum obat darah tinggi nifeditine dan obat radang serta vitamin. sebelum minum obat saya hanya minum jus apel saja, ada pengaruhnya ga ? makasih ya dok

    pada Minggu, 30 Mei 2010 19:07:21

    Sebaiknya beri jarak minum antara jus apel dan obat darah tinggi semacam nifedipine, karena dalam jus apel pun terdapat kandungan resveratrol yang baik untuk jantung. Bisa jadi zat tersebut berinteraksi positif dengan nifedipine. Agar tidak timbul hal semacam ini, sebaiknya tidak diminum bersamaan atau jarak terlalu dekat. Perbanyak minum air putih saja agar segera dinetralisir. Trims. Semoga lekas sembuh.

    Reply
  • 29 May 2010 at 21:49
    Permalink

    dok umur sy 22 thn sudah lama sy sering mengalami sesak dada tiba2, dan lebih sering terjadi dimalam hari tpi tidak begitu lama, tulang2 disekitar dada sy juga kadang terasa sakit, akhir2 ini leher&pundak juga terasa sakit dan tiap malam menjelang pagi sy suka mengeluarkan dahak, dok apa itu gejala penyakit jantung? pemeriksaan apa yg harus dilakukan pertama kali untuk mengetahui kondisi jantung kita?
    sangat ditunggu jawabannya dok, terima kasih banyak…

    pada Minggu, 30 Mei 2010 19:10:02

    Dilihat dari gejalanya, bisa saja bapak menderita sakit jantung koroner. Saran saya, segera bapak periksakan diri ke dokter ahli penyakit dalam untuk pendeteksian lebih lanjut. Semoga bermanfaat. 🙂

    Reply
  • 3 June 2010 at 16:48
    Permalink

    Hello dok……..sy berumur 26th.jantung sy sering tiba2
    berdebar2 baik dlm keadaan istirahat dan krj.dada jg kadang terasa sdkit nyeri.namun alhamdullah biasa2 aja ga smpai pusing pingsan n mual ataupun muntah.hanya saja saya sering merasa cemas bila hal itu kambuh.mohon penjelasan n saranx ya dok.

    pada Kamis, 3 Juni 2010 22:18:08

    Trus bagaimana Anda mengobatinya, apakah sembuh sendiri atau Anda harus minum semacam obat agar keluhan Anda mereda? Bagaimana bentuk nyerinya? Apakah seperti ditusuk-tusuk, atau seperti dipukul benda keras, atau seperti ditindih benda berat? Berapa menit lamanya setiap kali Anda mengalami nyeri tersebut? Bisa Anda reply kembali?

    Reply
  • 11 June 2010 at 15:13
    Permalink

    kalau pas napas kaya ditusuk2 itu juga termasuk salah satu ciri2 penyakit jantung bukan?

    pada Sabtu, 12 Juni 2010 21:23:42

    Belum tentu ibu, jika ciri dan gejalanya sesuai dengan penjelasan di atas, bisa jadi itu penyakit jantung. Tapi jika saat bernafasnya sakit, bisa jadi itu ada gangguan pada selaput parunya. Silahkan segera periksakan ke dokter terdekat ya.

    Reply
  • 16 July 2010 at 10:23
    Permalink

    pagi dokter.. saya wanita usia 25 tahun. sudah 3 hari ini dada saya terasa sesak bgt bwat bernafas, terutama saat malam lebih terasa sesaknya sampai ga bisa tidur, trs dada tengah bila di tekan sakit, apakah karena badan saya terlalu gemuk, jdi susah bernafas,BB saya 68kg.. gmana dok saya takut terkena gejala penyakit jantung

    pada Jum’at, 16 Juli 2010 11:37:42

    Kegemukan memang salah satu faktor resiko penyakit jantung dan pembuluh darah mbak, jadi jika memang sudah mulai merasakan keluhan seperti yang mbak rasakan, sebaiknya sudah mulai memperhatikan pola makan, pola hidup dan pola pikir. Selain itu, sebaiknya segera periksakan ke dokter terdekat untuk mendapat pemeriksaan lebih detil, apakah sudah mulai ada tanda-tanda menuju penyakit jantung. Saya harap sih, mabk Eva sehat-sehat saja, dengan tetap memperhatikan 3P itu tadi. Semoga bermanfaat ya mbak.

    Reply
  • 27 October 2010 at 11:51
    Permalink

    saya juga kadang merasa sakit dan sesak di dada saya, apalagi kl lagi tidur. tp kadang-kadang rasa itu seakan2 hilang dok.. apa itu ciri2ny juga??
    ::> Postingan terakhir erni … medan magnetik matahariMy Profile

    Reply
    • 27 October 2010 at 12:14
      Permalink

      Tentu bisa ya bisa juga tidak, hingga dibuktikan dengan pemeriksaan jantung yang akurat. Gejala yang mirip juga dialami pada orang yang mengalami kecemasan/gangguan kecemasan.

      Reply
  • 19 December 2010 at 21:36
    Permalink

    dok ibu saya sering merasa nyeri pada ulu hati, dan panas pada bagian belakang, ia juga punya penyakit hipertensi, BB sekitar 70 kg,,, apakah ini juga tanda-tanda penyakit jantung? terima kasih

    Reply
    • 20 December 2010 at 11:55
      Permalink

      Dengan riwayat hipertensi dan BB segitu, bisa merupakan faktor risiko penyakit jantung. Usia berapa? rutinkan cek kesehatan secara berkala.

      Reply
  • 28 January 2011 at 14:12
    Permalink

    Saya K.Basjaruddin sudah 11 tahun punya keluhan jantung koroner selama itu saya terus makan obat resep dokter. Keluhan saya biasanya angina dada terasa tusukan dan tertekan sepereti masuk angin, dengan taruh tablet isdn dibawah lidah nyeri hilang, dalam 1 bulan bisa 5 kali. Bulan AGUSTUS 2010 saya mempergunakan alat terapi kesehatan BIODISC, Menggunakannya taruh dikantong baju sebelah kiri dekat jantung, minum air se hari2 dari air yang dialirkan melalui Biodisc tsb, juga disinar melalui senter yang menggunakan kristal Biodisc tsb. Alhamdulillah 3 bulan belakangan ini angina tidak terasa lagi, obat dokter terus saya makan. Makan saya tidak berlebihan dan badan saya sedang2 saja tidak gemuk. Sekian info dari saya K.Basjaruddin umur 72 tahun hp no 081514094699

    Reply
    • 28 January 2011 at 15:55
      Permalink

      Terima kasih infonya pak, semoga bapak tetap semangat ya…tetap jaga pola makan, pola hidup dan pola pikirnya pak, supaya tidak sering kambuh…

      Reply
  • 6 February 2011 at 08:00
    Permalink

    Saya Andhi Saputro 53Th, saya sering sakit didada tengan setlah beractivitas, misalnya lari, naik tangga ,dada terasa sakit ditusuk2 jarum, saya periksa kedokter jantung dan sdah menjalani ekag, bagus, echo, bagus, namun treatmiel saya belum sampai 3 mnt sudah sakit dada sya, kemudian saya di cateter hasilnay pembuluh darah saya ada bebearap penyempitan dan ada penyumbatan total. anjuran dokter saya harus di pasang ring atau di by pass,kata dokter kalau di psg ring mungkin hanya 80 % kalau di by pass bisa 90%, sya takut kalau di by pass, tolong adakah jalan selain 2 hal itu yaitu psg ring atau by pass, kreana saya takut dioperasi, terima kasih atas perhatianya .

    Reply
    • 15 August 2011 at 16:42
      Permalink

      artikel nya bagus. trimakasih…

      Reply
  • 6 June 2011 at 10:00
    Permalink

    saya sering mersa nyeri di bagian dada kiri, dak terlalu parah sih, tp lumayan menggangu. itu gimana ya? apakah saya berkemungkinan memiliki jantung tdk sehat?

    Reply
  • 9 June 2011 at 21:23
    Permalink

    nenek saya dulu sering sekali terkena serangan jantung, yg membuat kami sekeluarga merasa ketakutan, hingga suatu hari kami disarankan untuk mencoba ramuan herbal, dan hanya dikonsumsi pada seperti meminum teh, hingga saat ini sudah 2 tahun lebih nenek saya tidak pernah terkena serangan jantung lagi…
    harganya pun murah…
    jika ada yg berminat dapat sms ke 081914467722

    Reply
    • 15 August 2011 at 16:43
      Permalink

      mungkin yang dimaksud minum teh hijau asli. yang bener2 dari dau teh pilihan

      Reply
  • 10 June 2011 at 10:09
    Permalink

    sebulan terakhir dada kiri saya kalo saya tekan sedikit rasanya nyeri, bila nyeri dada sebelah kiri selalu diikuti sesak napas , tolong dok apa ini termasuk gjala sakit jantung, dan gimana langkah sebaiknya?

    Reply
  • 24 July 2011 at 08:46
    Permalink

    pernah dengar ramuan orang sumatra plus resep obatnya cuma ini agak aneh hanya diperbolehkan makan ubi saja dan minum air, berendam air hangat saja dan berjemur dipagihari secara rutin

    Reply
  • 15 August 2011 at 20:02
    Permalink

    cara mengatasinya gimana kalo nyeri dada ???

    Reply
  • 21 September 2011 at 09:47
    Permalink

    beberapa bln ini sy sring merasakan kluhan nyeri bagian dada serta bahu bag. kanan dan kiri,nyeri di uluhati serta muntah sehingga naik ke kepala…tp sy belum priksa ke dokter.sy minta pendapatx tentag keluhan saya!!!!!!!

    Reply
    • 6 April 2012 at 20:34
      Permalink

      sya juga mersakan apa yg anda rsakan skrng, sya jga blum ke dkter krna tkut

      Reply
  • 23 September 2011 at 13:27
    Permalink

    Kami ada ramuan alam yg dapat menyembuhkan segala macam penyakit seperti gagal ginjal,JANTUNG,AUTIS,EPILEPSI,ASAM URAT,kolesterol,stroke,kista,keputihan,ASMA,maag,kanker rahim,serviks,penyakit menular seksual,kanker otak,KANKER PAYUDARA,diabetes,hiper/hipo tensi,,TBC,radang paru,dsb secara alami tanpa operasi,tanpa bahan pengawet dan biaya yang menyesuaikan kemampuan,info lebih lanjut 08128448627 Kunjungi Page kami di http://www.facebook.com/pengobatantradisionalalami

    Reply
  • 15 February 2012 at 01:45
    Permalink

    sering nyeri dada panas. sesak tapi ga begitu parah . mudah-mudahan tidak bahaya 🙂

    Reply
  • 28 January 2016 at 20:51
    Permalink

    dok umur sya 20thn punya anak stu,sya sering merasa sakit dibagian dada sebelah kiri seperti di tusuk tusuk dan sya juga mudh lelah,apakh itu ada kemungkinan sakit jantung

    Reply
    • 4 February 2016 at 12:45
      Permalink

      Bisa jadi mbak, apakah sudah pernah diperiksa ke dokter? Jika berkenan bisa konsultasi lebih intensif di konsultasi khusus…terima kasih

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge


Warning: mysqli_query(): (HY000/1030): Got error 28 from storage engine in /home/zreqowvs/public_html/wp-includes/wp-db.php on line 1877

Warning: mysqli_query(): (HY000/1030): Got error 28 from storage engine in /home/zreqowvs/public_html/wp-includes/wp-db.php on line 1877
Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...



Warning: Unknown: write failed: No space left on device (28) in Unknown on line 0

Warning: Unknown: Failed to write session data (files). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/var/cpanel/php/sessions/ea-php56) in Unknown on line 0