Merokok = Gaya Hidup ??

jejelin-rokokBagi sebagian orang, dengan merokok “katanya” sanggup mendatangkan efek relaksasi dan sugesti penambah percaya diri dalam kejiwaan seseorang. Salah satu pemicu persentase pecandu rokok di Indonesia terus bertambah adalah gaya hidup.

Bahkan sebuah sugestif gaya hidup menyesatkan disampaikan pada sebuah iklan rokok dengan nuansa penuh maskulin yang menambah kejantanan bagi yang mengkonsumsi rokoknya. Justru sebaliknya, zat nikotin yang terdapat pada semua jenis rokok menjadi penyebab disfungsi ereksi.

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk membuktikan pengaruh rokok terhadap disfungsi ereksi. Hirskowitz M, Karacan I, Howell JW, Arcasoy MO, Williams RL dalam Journal of Urology melaporkan hubungan antara merokok dengan fungsi ereksi pada 314 lelaki perokok yang mengalami disfungsi ereksi. Dari penelitian tersebut didapatkan adanya keterkaitan antara ketegangan penis (penile rigidity) selama ereksi malam (nocturnal tumescence) berkorelasi terbalik dengan jumlah rokok yang dikonsumsi per hari. Jadi makin banyak rokok yang dikonsumsi per hari penile rigidity semakin lemah.

Mekanisme medis korelasi rokok menjadi penyebab impotensi yakni adalah karena rokok yang mengandung zat nikotin, yaitu suatu zat yang berbahaya bagi tubuh manusia. Pajanan terhadap nikotin untuk jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan kerusakan pembuluh darah perifer (pembuluh darah tepi). Kerusakan ini dapat berupa penyempitan yang disebabkan oleh pengerasan dinding dan sumbatan pada pembuluh darah tersebut.

Semakin tinggi kadar nikotin dalam rokok, semakin parah kerusakan yang mungkin ditimbulkan. Kerusakan pembuluh darah ini tentu akan mengurangi aliran darah ke alat genital lelaki, yang akhirnya menyebabkan disfungsi ereksi. Kalau sudah begini, bagaimana lagi mau bergaya dalam hidup?

Namun penelitian-penelitian yang telah dilakukan juga membuktikan bahwa jika kerusakan pembuluh darah tidak parah, maka penghentian merokok dapat kembali memulihkan fungsi ereksi ke kondisi normal. Jadi masih ada harapan jika anda mulai mengambil tindakan berhenti merokok dari sekarang.

Siap berhenti merokok mulai sekarang?!

Bersambung…
Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

9 thoughts on “Merokok = Gaya Hidup ??

  • 10 August 2009 at 15:02
    Permalink

    Bagi pecandu rokok berubahlah cz hidup qt 2 mci pwannnjjaaaang kalekkkk 😈 :mrgreen:

    Reply
  • 8 December 2009 at 12:12
    Permalink

    😀 cocok bgt buat nyadarin suami-q….emang rokok ga ada manfaatnya kok….apalg kl dah nyangkut urusan ranjang….4get it lah!!!!!!

    Reply
  • 8 September 2011 at 19:57
    Permalink

    dgn ada,y situs web ini, saya sangat berterima kasih ..
    Krn sy dapat menyelesaikan tugas Laporan saya akan dampak dari merokok ..
    smoga Website ini Bisa bermanfaat dan dapat membuat pembaca,y terpukau akan kekayaan ilmu yg terkandung di dalam,y ..

    Reply
    • 9 September 2011 at 08:37
      Permalink

      Terima kasih dan sangat senang bisa bermanfaat buat banyak orang. Saran saya, tetap mengacu kepada referensi yang bisa dipertanggungjawabkan secara akademis.

      Reply
  • 17 December 2011 at 14:31
    Permalink

    Betul dok… bau mulut si perokok sangat-sangat mengganggu… baik kalau sering gosok gigi, tp kalau jarang. aduhhh…. thanks Dok…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...