Cara Terbaik Mengatur Keuangan Gaji Bulanan Anda

Tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan gaji bulanan yang mereka terima, bahkan sering terjadi kehabisan uang sebelum masuk pertengahan bulan. Ini semua bisa terjadi jika anda tidak mengelola keuangan anda dengan baik dan benar, tidak ada salahnya jika anda mencoba mengikuti cara yang akan saya bahas di bawah ini, siapa tahu bisa menjadi cara terbaik mengatur keuangan gaji bulanan anda:

  1. Membuat anggaran bulanan

Awali dengan membuat perencanaan pengeluaran bulanan anda, anda bisa membaginya menjadi dua perencanaan yaitu kebutuhan primer dan kebutuhan Tersier.

Contoh kebutuhan primer : Makan dan minum, tagihan listrik rumah, cicilan motor dan lainnya.

Contoh kebutuhan tersier : Traveling, Uang untuk shopping, dan lainnya.

  1. Melunasi tagihan sesegera mungkin

Jika anda sudah mendapatkan gaji, usahakan untuk melunasi semua tagihan anda sesegera mungkin, ini penting supaya nantinya tidak mengganggu biaya untuk kebutuhan primer anda. Dengan membayarnya di awal, tentu bisa membuat anda lebih tenang untuk mengatur pengeluaran lainnya.

  1. Menyisihkan sisa uang gaji untuk ditabung

Jika uang gaji bulanan anda memiliki sisa, maka tidak ada salahnya untuk mulai ditabung. Karena bukan tidak tidak mungkin anda membutuhkan biaya lebih di suatu hari nanti seperti biaya operasi, biaya persalinan atau lainnya. Dan bukan hanya itu saja dengan menyisihkan uang gaji, maka anda bisa menekan biaya pengeluaran-pengeluaran yang tidak begitu penting.

  1. Membuat laporan keuangan harian

Jangan lupa untuk menyimpan struk belanja yang anda lakukan, catatlah semua pengeluaran yang anda lakukan setiap harinya. Cara ini cukup efektif untuk membantu anda mengetahui kemana saja uang yang anda belanjakan selama ini. Anda juga bisa nantinya menganalisa keperluan apa saja yang harus atau tidak untuk di beli bulan depan.

  1. Membuat dua atau lebih rekening bank

Anda bisa membuat dua atau lebih rekening bank yang berbeda, dengan adanya 2 rekening anda nanti bisa untuk mengatur keuangan anda lebih mudah dan tidak campur aduk.

Gunakan rekening pertama untuk menerima gaji bulanan, belanja dan bayar tagihan.

Gunakan rekening kedua untuk menyisihkan sisa gaji bulanan anda.

  1. Berinvestasi

Jika anda sudah menyisihkan dana untuk menabung, namun masih memiliki kelebihan dana dari gaji bulanan anda maka tidak ada salahnya untuk menginvestasikan dana tersebut seperti : membeli emas saat nilai jual sedang tinggi, mengikuti asuransi, reksadana, dan lainnya. Dengan berinvestasi, maka bisa dipastikan anda mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang.

Itulah tips yang dibagikan oleh mas Efan, seorang blogger dari Tanjung Pandan Kabupaten Belitung. Beliau meniti karir menulis dan berbisnis online sebagai ladang usaha untuk mencukupi kebutuhannya sehari-hari. Pemilik blog tulisanku.co.id ini menyadur tulisan di atas dari cermati.com. Anda juga boleh lho berpartisipasi menjadi kontributor atau penulis lepas atau penulis tamu di blog ini. Tuangkan ide, gagasan, dan artikel original Anda disini, simak ketentuan pengirimannya di link berikut ini ya.

Sedikit saya tambahkan cara terbaik mengatur keuangan gaji bulanan anda selain 6 poin di atas, yaitu Jangan lupakan Bersedekah. Sedekah merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan bagi siapapun. Di kala senang maupun susah dianjurkan untuk tetap bersedekah, sedikit ataupun banyak, karena sedekah membuka pintu keberkahan untuk harta dan jiwa raga kita. Anjurannya sudah sangat jelas di dalam kitab suci mana pun terutama di dalam Al Quran dan Hadits. Dengan sedekah, kita berarti berbagi kebaikan dan kebahagiaan dengan sesama kita, apalagi jika bersedekah pada orang yang benar-benar membutuhkan, kebahagiaan mereka pasti akan membuat jiwa kita semakin tenteram, dan keberkahannya membuat rezeki kita dipermudah dan ditambah lagi. Perbanyaklah sedekah, niscaya gaji bulanan sebagai salah satu pemasukan keuangan kita, akan jauh lebih berkah dan lebih bermakna dalam kehidupan kita. Sudah banyak yang merasakan kenikmatan bersedekah saat sedekah dijadikan bagian dari cara terbaik mengatur keuangan gaji bulanan anda.
Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

whatsapp
WhatsApp Kami Ada yang bisa saya bantu? Chat disini yuk!
Click to Share by Whatsapp whatsapp