Sekilas Tentang Pengobatan Cina

Keunggulan pengobatan Cina sudah tidak diragukan lagi. Banyaknya jenis pengobatan Cina, seperti akupuntur, shinsei, herbal, bahkan pengobatan yang dipadukan dengan ilmu bela diri seperti Taichi, sudah sangat terkenal di seantero dunia ini. Ada beberapa alasan mengapa pengobatan tradisional ini unggul. Diantaranya :

Sejarah 5000 tahun

Teknik pengobatan Cina dimulai sejak 5000 tahun lalu. Artinya, pengobatan Cina telah diuji dari generasi ke generasi, khasiatnya telah dirasakan dari masa ke masa, dan segala kesalahan sudah diperbaiki kasus per kasus. Sehingga tidak berlebihan jika dikatakan bahwa penobatan Cina, khasiatnya sudah terbukti dan keamanannya lebih terjamin, karena sudah teruji selama ribuan tahun.

Standar Pengobatan Ke Kaisar dan Diujicoba Ke Manusia

Sejarah pengobatan Cina dikembangkan untuk kesembuhan kaisar dan keluarganya. Jika kaisar sakit, para tabib akan mengumpulkan penduduk yang sakit dengan gejala yang sama lalu mengujicobakan secara langsung berbagai alternatif obat hasil racikan tabib tersebut. Obat yang manjur kemudian diberikan kepada kaisar, dan selanjutnya dicatat dan dibukukan. Artinya kesembuhan menjadi prioritas, sehingga otomatis kualitas menjadi pertimbangan utama, dan bukan keuntungan semata.

Prinsip Keseimbangan, Keharmonisan dan Alam

Pada pengobatan Cina, tubuh manusia yang dilihat sebagai bagian dari alam. Tubuh dan alam saling berinteraksi baik dan keseimbangan antara manusia, dan lingkungannya menjadi sangat penting. Bila terjadi harmoni dalam interaksi itu maka terdapat kesehatan, sebaliknya ketidakharmonisan akan mendatangkan penyakit. Pengobatan Cina meyakini semua penyakit tersedia obanya di alam, hanya saja masih banyak misteri alam yang belum terungkap. Dan bukankah dalam agama juga, terutama dalam Islam, Allah jelas-jelas sudah berfirman bahwa segala penyakit ada obatnya dan sekian banyak ayat dalam Al Quran menyatakan bahwa alam di sekitar manusia terdapat banyak sekali sumber obat yang sangat baik untuk manusia. Karena Allah tahu bahwa manusia tidak dapat terlepas dari alam, maka sistem keseimbangan dan keharmonisan dengan alam harus dijaga agar tubuh sehat.

Mengatasi dari Akar Penyakit bukan Akibat (Gejala dan Tanda) Penyakit

Pada pengobatan modern, setiap penyakit diberikan obat untuk melawan kuman penyebab penyakit, sementara pengobatan Cina lebih mengutamakan membangun keseimbangan tubuh sehingga tubuh mampu untuk melawan penyakit. Ketika ada virus atau kuman, obat-obatan modern diminum untuk membunuh virus atau kuman tersebut, yang terkadang secara tidak sengaja juga membunuh sel tubuh (ini merupakan efek samping obat), karena sifat obat yang radikal dan tidak bisa mengontrol dirinya saat di dalam tubuh. Sementara pada pengobatan Cina, tubuh diberdayakan untuk mampu melawan virus/kuman tersebut, karena sebenarnya tubuh manusia sudah diberikan kemampuan secara alami untuk bisa bertahan dan menyerang sumber penyakit, adanya penyakit berarti adanya ketidakseimbangan dalam tubuh dalam mengontrol sistem pertahanan sehingga penyusup/agen penyakit mudah masuk. Dengan tubuh yang diberdayakan kembali, maka sistem pertahanan dan penyerangan kembali dibangun dan agen penyakit pun akan ditumpas secara alami.

Ibarat dalam sebuah perkelahian, nutrisi Cina mengajarkan tubuh kita bela diri sehingga pada akhirnya bisa menjaga diri sendiri jika suatu saat ada penyusup atau penyerang (agen penyakit). tetapi pada pengobatan modern, obatlah yang mengalahkan musuh sedangkan tubuh kita tetap dalam posisi lemah dan tidak berdaya jika suatu saat ada agen penyakit kembali, sehingga jelas kita akan selalu tergantung pada obat.

Selanjutnya mari kita bandingkan antara pengobatan Cina dengan pengobatan Umum atau Modern :

Pengobatan Cina

Pengobatan Modern

Sejak ribuan tahun lalu

Baru dikembangkan

Mana yang lebih beresiko ?

Untuk kesehatan kaisar

Untuk kepentingan bisnis/cari keuntungan

Mana yang lebih berkualitas ?

Uji coba langsung ke manusia

Uji coba ke hewan seperti tikus, dll

Mana yang lebih akurat ?

Bahan alami dari alam

Bahan sintetis atau buatan atau kimiawi

Mana yang lebih aman dan lebih mudah teradaptasi tubuh ?

Mengatasi secara integral dan komprehensif

Mengatasi secara parsial atau separuh-separuh

Mana yang lebih tuntas menumpas penyakit ?

Nah, silahkan tinggal Anda mau pilih pengobatan yang mana bila Anda sakit ?

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

6 thoughts on “Sekilas Tentang Pengobatan Cina

  • 30 December 2008 at 12:23
    Permalink

    Ykh. TS
    Salam kenal bagi yg belum kenal,
    Salam hangat bagi yg sudah kenal..

    Permisi numpang promosi & numpang launcing;

    DAFTAR NAMA GENERIK OBAT INDONESIA (NGOI)

    adalah e-book memuat daftar nama obat generik berdasarkan Informasi Obat/ IMS/ ISO obat-obatan yang didistribusikan di wilayah Indonesia.

    Keunggulan:
    1. GRATIS
    2. Tidak perlu lagi membawa informasi obat dalam bentuk cetak.
    3. File PDF yang flexible untuk kabanyakan Sistem Operasi:
    – Komputer/ laptop: Windows, Linux, Mac OS X
    – PDA: Windows mobile, Symbian
    4. Akses yang sangat mudah dan cepat; Jadi pengguna hanya cukup meng-klik link yang ada.
    5. Pilihan Daftar Isi atau Index. Daftar isi berdasarkan system, sedangkan Index berdasarkan urutan abjad nama generik.

    Silahkan unduh di:
    Genghiskhun.com

    Saran & kritik sangat ditunggu. BTK

    Genghiskhun.com

    Reply
    • 30 December 2008 at 14:55
      Permalink

      @Genghis Khun, Trims informasinya, sangat berharga sekali. Buta para pembaca, silahkan kunjungi website Om Khun ini ya…dijamin bisa menambah pengetahuan dan wawasan lho…

      Reply
  • 17 January 2009 at 12:49
    Permalink

    pantesan obatan cina banyak yang bagus
    takut ntar diapa apain ama kaisar

    Reply
    • 19 January 2009 at 11:07
      Permalink

      @hidup bijak, Bukan karena takut diapa-apain Bro, tapi emang kualitasnya bagus dan lebih alami sehingga mudah dicerna tubuh untuk melawan penyakit. Kalo takut sama kaisar, bisa-bisa tabib dulu memanipulasi percobaannya supaya lolos dari amukan kaisar, tapi ternyata terbukti bahwa kaisar pun sembuh dari sakitnya kan?!

      Reply
  • 19 June 2010 at 12:05
    Permalink

    yeah…, itulah salah satu dari world wisdom. sebetulnya bukan cuma cina, setiap budaya punya sistim mirip itu. misalnya india dengan ayurveda, indonesia (jawa, madura, kalimantam papua dll) dengan jamunya , arab dengan tibun nabawi-nya dll. untuk indonesia sayangnya ga ada yang mempertahankan/mengembangkan, bahkan sibuk dengan impor macam2 produk kesehatan/suplemen. andai kita bisa jadi tuan di rumah sendiri asik ya…? padahal kita bangsa dengan terkaya kedua dalam keragaman hayati setelah brazil

    pada Sabtu, 19 Juni 2010 22:35:47

    Kalo yang ini saya sepakat pak. Semua negara pasti punya potensi uniknya, tinggal dikembangkan dan mau dipublikasikan, tidak akan kalah dengan negara yang sudah menghasilkan terlebih dahulu.

    Reply
  • 23 April 2011 at 19:09
    Permalink

    pengobatan cina is the best

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...