10 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan, Serbu Yuk!!!

Mendengar kata pisang mungkin tidak asing lagi ditelinga orang indonesia, karena buah ini merupakan primadona yang banyak ditemukan di Indonesia tentunya dengan harga yang terjangkau, bahkan tinggal petik saja dari kebun di belakang rumah. Orang Indonesia sering menyebut buah ini sebagai buah pencuci mulut setelah makan makanan utama.

Buah berwarna kuning mencolok ini rata rata tumbuh di pelosok negeri. Hampir semua ladang di daerah pedesaan mempunyai satu atau dua tanaman buah ini. Selain banyak digemari masyarakat pedesaan, buah ini juga diyakini menyimpan segudang manfaat dan apabila dikonsumsi secara rutin akan berdampak sangat baik untuk kesehatan karena kandungan nurtisi yang ada didalamnya akan membantu tubuh saat menyimpan cadangan nitrogen, kalsium dan juga fosfor.

Seiring dengan banyaknya penggemar buah pisang ini, pisang menempati posisi keempat makanan buah favorit di dunia pangan, artinya banyak masyarakat yang memiliki antusias untuk mengkonsumsi dan membudidayakan buah menggemaskan ini. Kandungan gizi yang ada pada buah ini dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung, asma, dan juga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Satu buah pisang diketahui memiliki 30 gr karbohidrat, 1 gr protein, dan 110 kalori. Wahhh, tentu banyak sekali kan manfaatnya bagi tubuh kita? Tidak kalah dengan manfaat ubi ungu.

Nahh, jika ingin mengetahui lebih lanjut kandungan gizi dan vitamin yang ada didalamnya, yuk kita simak vitamin dan mineral apa saja yang ada dalam buah pisang.

Kandungan gizi pada buah pisang

  • Vitamin B6 – 0,5 miligram
  • Mangan – 0,3 miligram
  • Vitamin C – 9 miligram
  • Kalium – 450 miligram
  • Serat – 3 gram
  • Protein – 1 gram
  • Magnesium – 34 miligram
  • Folat – 25 mcg
  • Riboflavin – 0,1 miligram
  • Niacin – 0,8 miligram
  • Vitamin A – 81 IU
  • Besi – 0,3 miligram

Setelah sahabat mengetahui berbagai jenis vitamin yang terkandung pada buah pisang diatas, pastinya Anda penasaran apa yaa manfaat pisang untuk tubuh kita? Jika Anda penasaran langsung saja kita simak ulasan manfaat mengkonsumsi pisang bagi kesehatan berikut ini.

Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

  • Sebagai Sumber Energi

Pisang mengandung karbohidrat yang baik bagi tubuh, apalagi jika dioptimalkan dengan mengkonsumsi minimal dua buah sehari maka akan menambah kekebalan tubuh serta energi untuk mengerjakan aktivitas harian kita. Tentu sangat bermanfaat untuk menambah kekebalan tubuh di saat pandemi COVID-19 ini.

  • Sebagai Sarana Untuk Diet

Jika Anda terganggu dengan masalah berat badan yang berlebihan, tidak usah berkecil hati ataupun minder coba saja konsumsi buah pisang secara rutin, Sebab kalori yang ada pada buah pisang sangat kecil sekali. jadi anda tidak usah khawatir kegemukan lagi.

  • Untuk Meningkatkan Kesehatan Otak

Jika anda ingin fresh dalam berfikir dan beraktivitas, coba saja konsumsi buah pisang setelah anda makan makanan berat seperti nasi. Itung-itung buah ini sebagai pencuci mulut, yah minimal konsumsi tiga kali sehari maka otak kita akan terasa lebih fresh dan sehat, Tidak ada lagi kata jenuh untuk melakukan aktivitas.

  • Untuk Mengobati Diabetes

Satu buah pisang minimal menyimpan 3 gram serat , jadi cocok sekali bagi anda penderita diabetes yang tidak boleh terlalu banyak makan makanan yang manis -manis. Buah ini tidak harus Anda konsumsi secara langsung bisa juga diolah dan dicampur sebagai resep masakan sehingga tidak terlalu bosan untuk mengkonsumsinya.

  • Alternatif Untuk Mengobati Maag

Zat penangkal asam yang ada pada buah ini menyebabkan buah ini menjadi alternatif untuk Anda penderita penyakit maag.

  • Untuk Mengobati Jerawat

Jerawat pasti sangat mengganggu aktivitas kita, terkadang juga membuat kita tidak percaya diri untuk bertatap muka antar sesama. Kita memiliki sedikit cara mengobati jerawat menggunakan buah pisang, pertama-tama ambil buah pisang yang sudah matang lalu hancurkan, kemudian oleskan pada wajah yang berjerawat lalu diamkan beberapa menit lakukan cara ini secara berulang ulang hingga jerawat hilang dan muka kita menjadi tampak bersih kembali.

  • Untuk Menghaluskan Wajah

Wajah kering dan kasar tentunya menjadi masalah yang banyak dialami sebagian orang, tetapi sekarang ini tidak usah khawatir kita dapat memanfaatkan pisang sebagai solusi tepatnya. Caranya sama seperti kita mengobati jerawat, hanya saja tinggal menambahkan satu sendok madu pada hancuran buah pisang tadi.

  • Sebagai Sarana Untuk Menyembuhkan Luka Bakar

Tidak hanya buah pisang yang dapat dimanfaatkan, daunnya pun juga bisa dimanfaatkan. Selain pembungkus makanan ia juga bisa dipakai untuk menyembuhkan luka bakar. Caranya mudah bakar daun pisang hingga menjadi abu, lalu ambil abu tersebut dan tambahkan minyak kelapa pada komposisinya, setelah selesai tinggal oleskan pada luka bakar yang kita derita.

  • Untuk Melancarkan System Pencernaan

Nutrisi yang kita peroleh dari makanan sehari hari akan diserap secara baik oleh tubuh. Apalagi jika kita mengkonsumsi buah ini secara rutin maka nutrisi yang diserap tubuh akan lebih maksimal.

  • Mengurangi Rasa Gatal Akibat Gigitan Nyamuk

Ternyata hampir semua komponen buah pisang bisa dimanfaatkan. Tentunya tidak jarang kita merasakan gatal yang mengganggu akibat gigitan nyamuk , Alternatifnya dengan cara ambil kulit buah tersebut yang sering kali diabaikan oleh semua orang lalu usapkan di bagian yang gatal secara perlahan.

Itulah tadi teman teman mengenai manfaat mengkonsumsi pisang bagi kesehatan. Tidak ragu lagi kan untuk lebih meningkatkan konsumsi buah yang melengkung kuning ini dalam kehidupan sehari hari Anda. Eiitss jangan salah juga buah pisang juga berdampak sangat baik untuk Anda yang tidak bisa minum obat lhoo, kita bisa dengan mudah menyelipkan obat kedalam pisang yang telah dihaluskan. Mungkin teman teman juga memiliki pengetahuan lain mengenai manfaat buah ini, silakan berbagi di kolom komentar ya…

Semoga bermanfaat.

——

Tulisan di atas merupakan kiriman mas Guntur Satya Pramudya. Beliau adalah seorang mahasiswa yang tinggal di Purwokerto, sekaligus penulis aktif dan pemilik web Teknosia.net dan Annafardiana.com. Terima kasih sudah berkenan meluangkan waktu untuk berbagi  informasi di blog dokternasir.web.id.

Nah, Anda punya artikel bagus, opini terkait kesehatan? Bisa ikut berbagi informasi di blog ini. Baca ketentuannya di laman ini ya.

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: