Perbesar Trafik dari Referring Sites

Loading

referring sitesJika banyak orang membahas bagaimana meningkatkan trafik blog dari Search Engine, dengan berbagai cara optimasi baik SEO on-page maupun off-page, bahkan sampai banyak sekali ebook bertebaran baik yang gratis hingga resep rahasia yang dibanderol dengan harga yang tidak murah, berikut berbagai kontesnya. Tetapi kali ini saya cuma pengen sharing, ternyata ada cara lain yang bisa kita maksimalkan untuk meningkatkan kunjungan ke blog kita. Cara ini ternyata cukup efektif untuk mendatangkan banyak visitor, selain juga kita melakukan blogwalking sebagai upaya meningkatkan SEO off-page.

Jika kunjungan antar blog mungkin bisa disebut blogwalking, tapi yang ini disebut kunjungan dari referring-sites. Biasanya pengunjung yang datang dari referring-site ini tertarik dengan ulasan kita saat berkunjung ke situs tersebut, sedangkan kita meninggalkan jejak pesan berupa alamat blog kita. Bedanya dengan blogwalking, pengunjung dari referring-sites biasanya lebih spesifik sesuai peminatan dirinya untuk mengetahui lebih jauh tentang jejak pesan yang kita tinggalkan. Bener ga ya? Hehehe…ngasal, saya kurang faham definisi lengkapnya, mungkin ada teman-teman yang bisa ikut sharing disini, silahkan?!

Sebenarnya referring-sites ada banyak sekali, karena referring-sites ini juga berhubungan dengan minat dan kategori dari blog kita juga. Beberapa contoh saja yang bisa saya utarakan disini, seperti yang saya ambil skrinsut-nya dari Google Analytics blog ini berikut ini.

referring-sites

Hehehe…masih cupu sih, tapi pede aja lagi.

Ternyata partisipasi aktif kita di forum publik seperti Yahoo Answer, berbagai direktori yang berkaitan dengan kategori blog, dan jejak yang kita tinggalkan di Social Network semacam Facebook ataupun Twitter, bisa membantu mendongkrak angka kunjungan ke blog kita. Dengan demikian, parameter yang sering Anda gunakan seperti Alexa bisa meramping dan Google PR bisa menanjak.

Soal gambar di atas memang tidak bisa menjadi rujukan buat Anda, tapi setidaknya apa yang sering saya lakukan di awal berdirinya blog ini, yaitu sering berinteraktif menjawab dan membantu memberi solusi di forum seperti Yahoo Answer, tanpa lupa meninggalkan jejak alamat blog kita, membuat orang cukup penasaran dan akhirnya berkunjung ke blog kita.

Akhir kata, siapa tahu tips ini juga berguna buat Anda, tapi saya yakin Anda pasti punya trik lain yang lebih jitu. Karena jelas saya bukan ahlinya buat ini, jadi saya undang Anda untuk bagi-bagi tips apa saja disini.

Monggo…

16 thoughts on “Perbesar Trafik dari Referring Sites

  1. Nice Posting. Trim’s atas sharingnya
    .-= ::> Read Lukito´s last blog … Membongkar Gurita Cikeas =-.

    pada Selasa, 23 Feb 2010 14:40:13

    Sama-sama mas. Oya, tukeran link ya, linknya mas udah saya taruh di sidebar dan di halaman backlinks…

  2. mmmm, menarik pak …. 🙂
    kegiatan offline dimana pun kita berada juga bisa menjadi bagian untuk promosi lho pak 🙂
    .-= ::> Read afwan auliyar´s last blog … Google Buzz, untuk wordpress =-.

    pada Rabu, 24 Feb 2010 12:56:49

    Setuju banget mas, bahkan sarana tukar menukar kartu nama yang disitu ada alamat blog kita, bisa jadi sarana open traffic promotion yang cukup optimal lho…

  3. menurut saya memang haus seperti itu langkah awal sebagai blogger yang masih pemula,dengan sering blogwalking ninggalin komentar yang tentunya baik untuk semua orang (sopan)
    tidak asal komentar dengan hanya “mampir bozzz……”

    pada Minggu, 28 Feb 2010 00:13:52

    Setuju banget pak…makasih udah mampir, dan ga sekedar “mampir bozzzz…” hehehe 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to TOP