8 Tips Mencegah Mata Lelah

Mata lelah? Memangnya mata bisa lelah, cape, letih, lesu ya? Hehehe…Iya lah, kan di dalam mata itu ada otot-otot mata, dan setiap otot pasti bisa merasakan kelelahan. Nah, seperti halnya melepas kelelahan pada otot tubuh yang lain, karena kita ingin melepas penat dari aktivitas keseharian, maka mata pun punya cara untuk dapat melepas dirinya dari kelelahan dan mencegahnya agar lelahnya berkurang. Setidaknya ada 8 tips yang akan dibagikan untuk mencegah kelelahan pada mata. Kali ini mas Aldi Pratama, seorang mahasiswa pengasuh website https://www.dhikly.com/ ingin membagikan pengetahuannya mengenai 8 tips mencegah mata lelah berikut ini. Buat teman-teman yang ingin berbagi pengetahuan dan pengalaman kesehatannya di blog ini, bisa cari tahu caranya di link berikut ini ya.

OK, tak perlu menunggu lama, berikut ulasan mas Aldi tentang 8 tips mencegah mata lelah.

Mata Anda mungkin merasa lelah setelah intens fokus pada aktivitas yang memaksa mata untuk tetap terbuka, seperti melihat layar komputer, bermain media sosial di hp dalam waktu yang lama, membaca buku, atau mengendarai mobil dalam jangka waktu yang lama.

Mata lelah adalah kondisi yang umum terjadi. Hal ini menjadi lebih sering terjadi di era digital ini. Kelelahan mata yang disebabkan karena menggunakan perangkat digital seperti komputer, smartphone, dan tablet lebih dikenal dengan istilah computer vision syndome atau digital eyestrain.

Secara umum, kelelahan mata dapat diobati dengan metode sederhana dan non-invasif. Mata lelah yang lama atau iritasi mata mungkin tanda dari sesuatu yang lebih serius dan harus segera dikonsultasikan dengan dokter.

Penyebab

Kelelahan mata dapat terjadi setelah anda berfokus pada satu kegiatan tertentu untuk periode waktu yang lama. Beberapa gejala kelelahan mata, seperti:

  • Sakit kepala atau pusing
  • Penglihatan kabur
  • Iritasi mata atau mata menjadi merah
  • Nyeri atau pegal pada bagian leher, pundak atau punggung

Salah satu penyebab kelelahan mata terbesar adalah penggunaan layar digital setiap hari selama beberapa jam pada satu waktu.

Penyebab umum lainnya yang dapat dikaitkan dengan kelelahan mata adalah

  • Fokus pada satu tugas untuk waktu yang lama, seperti mengemudi atau membaca
  • Berada di lingkungan yang tidak cukup terang, terlalu redup atau terlalu terang
  • Merasa stres atau lelah
  • Mengalami penglihatan yang buruk atau masalah mata seperti mata kering

Beberapa penyebab khusus untuk kelelahan mata digital adalah

  • Postur tubuh yang buruk saat melihat perangkat digital
  • Mata kedip lebih jarang dari biasanya
  • Memegang perangkat digital terlalu jauh atau terlalu dekat dengan mata
  • Terkena cahaya biru dalam jumlah banyak, biasanya merupakan cahaya yang dipancarkan pada perangkat digital
  • Melihat layar yang tidak memiliki pencahayaan yang disesuaikan dengan benar

— Baca juga tips mencegah mata lelah dan solusi lainnya disini

8 Tips Pencegahan

Terdapat beberapa hal sederhana yang dapat anda lakukan untuk membantu mencegah kelelahan mata. Beberapa diantaranya bahkan dapat anda mulai dari hari ini.

  1. Sering berpaling, dengan aturan 20-20-20

Seringkali kelelahan mata terjadi ketika anda melakukan aktivitas tunggal terlalu lama tanpa istirahat. Anda harus mengalihkan fokus anda pada sesuatu selain aktivitas setiap 20 menit. Apa yang anda fokuskan harus lebih dari 20 kaki (6 meter) jauhnya dan anda harus melihatnya setidaknya selama 20 detik. Hal tersebut lah yang dikenal dengan aturan 20-20-20.

Anda harusnya tidak hanya berpaling selama 20 menit, tetapi juga memastikan untuk berpaling dari aktivitas yang instens selama beberapa jam disiang hari. Jika anda harus bekerja dilayar atau mengemudi jarak jauh selama beberapa jam, pastikan untuk menyeimbangkan aktivitas tersebut dengan aktivitas lainnya, seperti berjalan jalan diluar dibawah cahaya alami.

  1. Posisikan layar anda

Pastikan anda melihat perangkat digital anda pada jarak yang benar dan diposisi yang tepat. Layar harus berada beberapa meter dari mata anda atau sekitar panjang lengan anda. Hal ini berlaku untuk pengguna perangkat digital genggam.

Tips praktis lainnya untuk perangkat digital adalah memperbesar ukuran teks layar agar sesuai dengan tingkat kenyamanan anda. Anda mungkin dapat menyesuaikan ukuran teks dalam pengaturan perangkat.

  1. Pencahayaan

Pencahayaan yang tidak tepat dapat menyebabkan kelelahan pada mata, seperti terlalu redup atau terlalu terang. Cahaya seharusnya datang dari belakang anda jika anda berfokus pada sesuatu seperti membaca. Penggunaan cahaya yang tidak terlalu redup dan tidak terlalu terang dapat membantu anda dalam menghindari kelelahan mata.

Pastikan layar  yang anda gunakan juga cukup dalam pencahayaannya. Sesuaikan kecerahan sesuai kebutuhan.

Tambahan lain, hindari membaca sambil tiduran, seperti halnya layar hp, posisi buku yang menghalangi pencahayaan membuat mata mudah lelah. Silakan baca tipsnya di artikel Baca Sambil Tiduran Bikin Mata Rusak ?

  1. Gerakan tubuh

Pada umumnya seseorang yang melakukan satu aktivitas secara intens akan mengalami gerak tubuh yang minimal. Anda harus melakukan gerakan pada mata, leher dan kepala sesering mungkin.

  1. Gunakan tetes mata

Fokus yang intens, terutama saat melihat layar, dapat mengurangi intensitas mata untuk kedip setiap menitnya. Saat anda kurang berkedip, mata bisa menjadi kering dan teriritasi. Anda dapat mengatasi hal ini dengan menggunakan tetes mata.

Anda juga dapat berkedip lebih sering saat menggunakan layar, yang dapat mencegah terjadinya gejala mata lelah.

  1. Kualitas udara

Anda mungkin menghabiskan waktu ditempat yang memiliki udara yang buruk. Lingkungan dan tempat yang kering atau ruangan dengan kipas angin atau unit pemanas atau pendingin dapat menyebabkan kelelahan pada mata. Hal tersebut dapat diatasi dengan cara:

    • Tingkatkan kualitas udara, hindari ruangan yang lembab
    • Matikan sistem pendingin
    • Pindah ke tempat yang tidak memiliki masalah udara yang sama
  1. Gunakan kacamata yang tepat

Anda mungkin memerlukan lensa khusus, alat atau terapi mata untuk aktivitas yang menyebabkan ketegangan pada mata. Pelapis atau warna tertentu untuk lensa dapat membantu mata anda.

  1. Kurangi waktu

Cara sederhana untuk menghindari kelelahan mata adalah dengan membatasi mata anda terpapar pada satu aktivitas yang membutuhkan fokus intens. Cobalah untuk menghabiskan lebih sedikit waktu di perangkat digital.

Pengobatan

Dalam banyak kasus, perubahan seperti yang disebutkan sebelumnya, pengobatan diperlukan untuk mengatasinya. Jika anda mengalami kelelahan mata yang parah atau berlangsung lama, segera konsultasikan dengan dokter. Atau anda mungkin memerlukan lensa atau bisa menjadi gejala kondisi yang lebih serius.

Komplikasi

Saat anda menggunakan perangkat digital untuk waktu yang lama, ada kemungkinan berdampak buruk untuk mata dalam jangka panjang. Cahaya biru atau cahaya pada alat digital dapat menyebabkan:

  • Masalah pada retina
  • Katarak
  • Degenerasi makula terkait usia
  • Gangguan tidur

Lensa khusus dapat mengurangi paparan anda terhadap cahaya biru.

Penutup

Menjaga kesehatan mata adalah kunci untuk mengurangi masalah penglihatan lebih serius di masa mendatang. Anda harus memeriksakan diri anda ke dokter setiap tahun untuk memeriksa mata anda, terutama jika anda sering mengalami kelelahan mata.

Jika anda memiliki gejala kelelahan mata, lakukan beberapa metode untuk mengurangi kelelahan mata atau mencegahnya.

Jika hal tersebut tidak membantu anda, segera hubungi dokter dan minta rekomendasinya terkait masalah yang anda alami.

(Sumber Gambar: Amanda Dalbjörn)

Demikian 8 tips cegah mata lelah yang bisa Anda terapkan. Atau Anda punya tips tambahan lainnya? Share di kolom komentar ya…

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

2 thoughts on “8 Tips Mencegah Mata Lelah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Subscribe For Latest Updates

Get Notified When We Publish The New Articles - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...