Berburu Saffron si Red Gold Rempah Herbal Berjuta Manfaat

Mayoritas orang menilai kemakmuran seseorang dari sudut pandang harta, terutama dengan emas. Namun kini sebagian orang mulai meninggalkan penilaian tersebut. Faktanya ada salah satu bagian dari family rempah-rempahan yang lebih bernilai daripada emas. Saffron, yang berasal dari stigma bunga crocus sativus ternyata lebih berharga dari emas. Bahkan saffron mendapat julukan sebagai red gold atau emas merah.

Rempah-rempah yang satu ini tidak banyak ditanam di Indonesia. Bunga saffron banyak ditanam di wilayah Mediterania sampai ke timur wilayah Kashmir. Setiap bunga saffron hanya mempunyai 3-4 putik saja. Dalam sehari petani saffron membutuhkan waktu kurang lebih 6 jam untuk perawatannya. Pekerjaan pemetikannya pun dimulai dari subuh hingga sore hari.

Untuk mengumpulkan 450 gram saffron yang sudah kering dan siap didistribusikan membutuhkan kurang lebih 75000 tangkai bunga crocus sativus. Bisa dibayangkan betapa lelahnya hanya untuk mengumpulkan kurang dari 1 kg saffron. Belum juga perawatannya yang masih serba manual.

Melihat kerja keras para petani saffron yang sedemikian rupa, masih ada oknum tidak bertanggung jawab yang memalsukan produk saffron dengan bunga safflower demi meraup keuntungan. Walaupun bunga safflower yang dijadikan sebagai tiruan tersebut tidak mengandung unsur yang berbahaya, tapi tetap saja itu bukanlah saffron asli yang disebut red gold dengan banyak khasiat dikandungnya.

Saffron yang terbaik di dunia berasal dari Kashmir. 1 gram saffron Kashmir bernilai 650-800 ribu rupiah. Nilainya yang begitu tinggi tersebut hasil dari 150 tangkai bunga saffron yang dipetik manual tanpa adanya bantuan mesin. Dengan harga pasarannya yang hampir mencapai 1 juta rupiah, saffron Kashmir lebih banyak dicari orang daripada saffron yang lain. Tidak heran dengan produksinya yang terbatas, saffron Kashmir juga terkenal langka.

Namun, negara penghasil saffron terbesar di dunia adalah Iran. Dari 300 ton saffron yang diproduksi di seluruh dunia tiap tahunnya, 95 persennya berasal dari Iran. Saffron Iran pun memiliki banyak jenis dan kualitas. Jenis yang paling unggul adalah negin. Kemudian ada sarghol, jenis ini memiliki aroma yang kuat, sehingga cocok digunakan sebagai bumbu masakan. Di bawahnya ada jenis pushal. Pushal memiliki kualitas yang bagus juga, tapi tidak sebagus negin. Banyak orang terkecoh dengan warna dari saffron pushal. Warnanya sama dengan negin, merah tua, tapi kualitas tetap beda.

Akhir-akhir ini banyak orang yang mencari tempat jual saffron Kashmir dan Iran. Melihat khasiat yang dikandungnya begitu luar biasa, membuat banyak orang rela mengeluarkan uang untuk mendapatkannya. Terutama saffron Kashmir dan Iran yang super negin.

Manfaat dan Khasiat Saffron

Putik bunga crocus ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Saffron bersifat anti kanker, mengandung relaksan sebagai penenang alami yang dianjurkan untuk orang yang terkena depresi atau stress karena capek kerja, dan juga dikenal sebagai suplemen promil, karena dapat meningkatkan kesuburan baik pria ataupun wanita. Manfaat lainnya, saffron dapat digunakan untuk melancarkan haid, mengurangi nyeri saat datang bulan bagi wanita, engontrol gula darah, memperlancar peredaran darah dan pencernaan, serta masih banyak lagi khasiat saffron untuk kesehatan.

Saffron untuk kecantikan juga bisa didapatkan untuk para wanita. Saffron biasa digunakan untuk bahan kosmetik. Manfaat saffron untuk kecantikan dapat menunda penuaan dini, mengurangi kerutan garis lurus pada wajah, mengatasi jerawat dan mencegahnya untuk timbul kembali, menghaluskan kulit serta memutihkan kulit.

Di India sendiri, saffron sering digunakan sebagai bahan dasar masakan nasi biryani. Sedangkan di Eropa, khususnya di Spanyol, saffron digunakan untuk rempah masakan paella. Dua masakan ini memiliki cita rasa sendiri yang unik, harganya juga mahal karena bahan-bahan dasarnya berkualitas salah satunya saffron.

Dengan segudang manfaat yang dikandungnya, baik untuk kesehatan, kecantikan ataupun rempah-rempah, wajar harga saffron lumayan tinggi.

Bagaimana Cara Konsumsi Saffron yang Benar Untuk Kesehatan?

Untuk mendapat manfaat kesehatan dari saffron, Anda bisa mengonsumsinya dengan cara berikut: ambil 3-5 helai putik bunga saffron diseduh dengan 300 ml – 1 liter air hangat, bisa juga dengan air biasa kurang lebih selama 10-30 menit. Perhatikan jangan menggunakan air panas untuk menyeduh saffron, karena dapat menghilangkan khasiatnya. Begitu air sudah menguning, baiknya air saffron langsung diminum.

Air saffron tersebut diminum setiap hari dan cukup 3-5 helai saja selama full 1 bulan. Setelah 1 bulan berhenti konsumsi sementara selama 1 minggu, setelah itu bisa konsumsi lagi. Tapi kalau untuk pengobatan bisa terus dilanjutkan minumnya.

Kemana Saya Bisa Mendapatkan Saffron yang Original?

Anda bisa mendapatkan saffron asli dan original di Rumah Saffron, langsung saja kunjungi websitenya di www.rumahsaffron.com atau hubungi 0857-7546-7224.

Menarik ya info herbal dari bunga Saffron? Nah, artikel di atas ditulis oleh mas Haedar dari Surakarta. Beliau ini selain blogger aktif, juga sebagai pemilik website Rumah Saffron, jadi Anda bisa tanya-tanya soal saffron di web beliau.

Oya, Anda juga boleh lho berpartisipasi menjadi kontributor atau penulis lepas atau penulis tamu di blog ini. Tuangkan ide, gagasan, dan artikel original Anda disini, simak ketentuan pengirimannya di link berikut ini ya. Terima kasih.

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Subscribe For Latest Updates

Get Notified When We Publish The New Articles - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...