Tingkatkan Harapan Hidup Anda dengan Olahraga Jalan Cepat

Setiap negara memiliki angka harapan hidup yang berbeda-beda. Biasanya negara maju memiliki angka harapan hidup lebih tinggi daripada negara berkembang. Selain karena gaya hidup, kesadaran akan kesehatan juga menjadi alasannya.

Jika Anda ingin memperbaiki gaya hidup menjadi lebih sehat, atur waktu Anda untuk dapat berolahraga. Setidaknya siapkan waktu sekurang-kurang satu jam selama satu minggu untuk berolahraga. Biasakan hidup sehat mulai dari sekarang, jaga pola makan dan olahraga teratur.

Banyak program latihan yang dapat dipilih untuk tetap rutin berolahraga, mulai dari aerobik, yoga, angkat besi, panjat tebing hingga jalan cepat. Tinggal sesuaikan dengan minat dan bakat Anda, yang penting Anda tidak bosan melakukannya.

Salah satu program latihan yang paling efisien dilakukan adalah jalan cepat. Selain karena bisa berolahraga dimana saja, atribut yang digunakan juga dikatakan sedikit.  Selain itu, Anda dapat melakukannya dihari libur, yaitu hari sabtu dan minggu.

Jalan cepat merupakan olahraga yang baik untuk kesehatan. Beberapa manfaat yang didapatkan dari berjalan cepat adalah sebagai berikut.

 

Manfaat Olahraga Jalan Cepat

langsing dengan jalan cepat

  1.  Melancarkan pencernaan

Salah satu cara melancarkan pencernaan adalah dengan banyak bergerak. Jalan cepat merupakan olahraga yang memiliki intensitas pergerakan cukup tinggi dibandingkan olahraga lainnya. Semakin banyak bergerak, pergerakan makanan dalam usus akan semakin baik.

  1. Menurunkan berat badan

Olahraga ini juga menjadi salah satu program diet yang baik dilakukan . Karena berjalan kaki dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga kalori dalam tubuh dapat dibakar lebih cepat dan lebih banyak.

  1. Memperbaiki suasana hati

Olahraga merupakan cara yang dilakukan beberapa orang untuk menghilangkan stres. Bukan tanpa alasan, melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga dapat meningkatkan produksi zat endhorpin dalam otak. Zat endhorpin dalam otak dapat menghasilkan perasaan nyaman dan bahagia.

  1. Menurunkan risiko penyakit kronis

Olahraga rutin dapat meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular dalam tubuh. Kondisi peredaran daran menjadi lancar dan penyakit kolesterol tinggi serta gangguan pada jantung dapat teratasi.

Beberapa manfaat tersebut dikaitkan dengan harapan hidup seseorang, dimana kondisi-kondisi seperti menumpuknya lemak pada tubuh dan peredaran darah ke jantung tidak lancar menjadi penyebab menurunnya angka harapan hidup di banyak negara.

Sebuah studi dipublikasikan secara online di British Journal of Sports Medicine, beberapa aktivitas fisik tingkat rendah seperti berjalan, berkebun, dan menari dapat menurunkan risiko kematian hingga 18% dibandingkan yang tidak melakukannya. Menariknya, ternyata studi telah dilakukan selama 14 tahun kepada masyarakat Amerika Serikat yang berumur 40-85 tahun.

Tentu untuk merasakan manfaat dari berjalan cepat harus dilakukan secara bertahap dan konsisten. Berikut rekomendasi lamanya berjalan cepat untuk mendapatkan manfaat secara maksimal.

 

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk merasakan manfaat berjalan cepat?

Menurut American Heart Association, jalan cepat selama 2,5 jam dalam satu minggu tidak hanya meningkatkan energi dan stamina, tetapi juga meningkatkan kesehatan mental, memperbaiki suasan hati, dan meningkatkan kemampuan tidur.

Selain itu, penelitian lain menunjukan aktivitas seperti berjalan dapat meningkatkan kecerdasan.

Mengutip American Heart Association untuk menambah motivasi Anda dalam berolahraga adalah “untuk setiap satu jam berjalan cepat dapat meningkatkan harapan hidup seseorang hingga dua jam”.

Ingatlah bahwa setiap orang memiliki stamina yang berbeda-beda, untuk itu Anda juga harus paham batasan kemampuan Anda dalam berolahraga. Tak perlu berolahraga dalam intensitas yang tinggi. Lakukan secara konsisten adalah cara terbaik untuk merasakan manfaat berjalan cepat.

Artikel ini ditulis oleh Seroz Media – Rekomendasi Makanan Sehat. Anda pun dapat berkontribusi dengan mengirimkan tulisan Anda, simak ya ketentuannya di laman Guest Blogger berikut. Kami tunggu ya…

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

2 thoughts on “Tingkatkan Harapan Hidup Anda dengan Olahraga Jalan Cepat

  • 22 August 2019 at 17:18
    Permalink

    Sebenarnya banyak cara untuk membuat tubuh tetap sehat sehingga umur atau harapan hidup lebih panjang. Dalam Hadis Nabi Muhammad pun banyak anjuran seperti itu.

    Selain olahraga, diet juga bisa membuat Anda selalu sehat dan harapan hidup lebih baik/lama. Saya menderita darah tinggi 25 tahun. Tensi tertinggi pernah 190/110. Kini bisa normal setelah menjalani diet bertahun-tahun. Selain itu, suka jalan kaki.
    ::> Postingan terakhir Sudarto … Penyebab Sakit Gigi dan Cara Mengobati sampai TuntasMy Profile

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Subscribe For Latest Updates

Get Notified When We Publish The New Articles - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...