Cara Memilih Vitamin Nafsu Makan Yang Baik Buat Anak

Seorang anak mempunyai nafsu makan yang susah ditebak. Kadang tinggi, sehingga anak melahap semua makanan yang diberikan. Namun, terkadang menurun dan menolak semua jenis makan yang disediakan.

Sebenarnya ini bersifat normal. Sang ibu harus pandai membaca situasi dan memberikan reaksi yang tepat. Ibu harus tahu apa yang dilakukan saat anak mengalami penurunan nafsu makan. Salah satunya dengan pemberian vitamin penambah nafsu makan anak.

Penyebab Anak Susah Makan

Menurunnya nafsu makan anak merupakan hal yang normal, tetapi harus dipastikan hanya berlangsung sementara. Penyebab paling sering adalah dikarenakan anak sedang sakit. Keadaan seperti demam, pilek, nyeri tenggorokan, sakit perut, sakit kepala, dan sebagainya merupakan kondisi yang membuat anak tidak nafsu untuk makan.

Selain itu, penurunan nafsu makan anak juga dikarenakan anak sedang dalam keadaan marah, sedih, atau pun kesal. Contohnya, seorang anak bisa saja tidak mau makan karena permintaannya tidak dipenuhi atau sesuatu yang dijanjikan kepadanya tidak ditepati.

Butuhkah Anak Mengkonsumsi Vitamin?

Ibu harus tahu bahwa tidak semua anak memerlukan suplementasi vitamin, misalnya vitamin penambah nafsu makan. Seorang anak yang memiliki nafsu makan yang baik tentu saja tidak membutuhkan vitamin. Oleh karena, kebutuhan harian gizinya sudah tercukupi lewat makanan yang diberikan. Namun, ibu harus memastikan kecukupan gizi yang diberikan lewat menu makanannya.

Seringkali, seorang ibu latah dalam memberikan vitamin. Anak dengan nafsu makan baik tidak jarang juga diberikan vitamin. Biasanya ibu memberikan vitamin hanya karena khawatir dengan pertumbuhan dan perkembangan anaknya. Ibu harus memahami kondisi seperti apa yang perlu diberikan suplemen vitamin.

Berikut ini beberapa keadaan yang menjadi pertimbangan pemberian suplementasi vitamin, antara lain:

  • Anak tidak makan dengan teratur. Terkadang makan satu kali sehari, terkadang dua kali sehari.
  • Anak yang tidak memperoleh gizi seimbang dari menu makanan harian.
  • Anak sangat pemilih. Anak hanya memilih makanan yang dia sukai, misalnya tidak menyukai makanan yang agak pahit.
  • Anak dengan penyakit medis kronis, misalnya masalah pencernaan.
  • Anak yang sering mengonsumsi makanan cepat saji dan makanan olahan lainnya. Anak tersebut jarang mendapatkan makanan yang segar.

Bilamana anak sedang tidak nafsu makan, orang tua harus merayu anak secara perlahan agar mau makan. Jangan pernah memaksa anak. Pemaksaan akan membuat suasana hatinya menjadi buruk, akan tetapi jangan pula terlalu menuruti kehendaknya.

Sang ibu harus kreatif dalam membuat menu makanan harian. Cobalah membuat makanan yang disukainya, tetapi tetap memberikan kecukupan nilai gizi. Ibu juga dapat mengkombinasikan menu makanan yang disukainya dengan yang kurang disukainya.

Para orang tua juga harus membuat aturan dalam hal makanan. Contohnya, sang anak diberi pelajaran untuk tidak diberi snack sebelum makanan utama. Anak yang terlalu banyak mengkonsumsi snack akan membuatnya cepat kenyang sehingga tidak nafsu untuk memakan menu makanan utama. Banyak contoh peraturan lainnya yang bisa diterapkan untuk anak.

Bilamana cara-cara ini sudah dilakukan, akan tetapi nafsu makan anak tidak juga meningkat, maka mungkin orang tua dapat memberikan vitamin untuk merangsang nafsu makan anak.

Tips Memilih Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak

Sebelum memilih vitamin penambah nafsu makan anak terbaik untuk anak Anda, sebaiknya dikonsultasikan ke dokter keluarga terlebih dahulu. Bawalah anak ke dokter untuk dilakukan penilaian status gizi dan kesehatan. Tanyakan juga kepada dokter bilamana ingin memberi vitamin kepada anak yang sedang dalam pengobatan. Seringkali kandungan vitamin memberi hambatan kepada kinerja obat yang sedang diminum.

Di bawah ini adalah hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih vitamin penambah nafsu makan yang baik untuk anak, antara lain:

  • Pilihlah suplemen yang sesuai dengan umur dan kebutuhan anak. Pemilihan suplemen vitamin yang tidak sesuai dengan usia anak bisa saja menimbulkan efek samping, misalnya diare.
  • Perhatikan kandungan yang ada di dalam vitamin. Jangan memberikan vitamin yang menyediakan lebih dari 100% kebutuhan vitamin dan mineral harian anak. Ini daapt menyebabkan kelebihan dosis pada anak.
  • Hindari penggunaan suplemen vitamin yang berbentuk permen dengan kandungan gula yang tinggi. Tidak jarang anak menganggap suplemen vitamin itu sebagai permen sehingga terus-menerus mengonsumsinya, bahkan sampai berlebihan. Pahamkan kepada anak bahwa itu adalah vitamin yang memiliki aturan cara pemakaian.
  • Pilihlah jenis suplemen vitamin yang telah lulus dan terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Nah, itu tadi tulisan tips cara memilih vitamin untuk menambah nafsu makan anak yang paling bagus. Banyak tersedia vitamin penambah nafsu makan anak di apotik baik herbal, jamu, ataupun obat-obatan. Penting untuk diingat bahwa vitamin ini hanya bersifat sebagai suplemen. Itu artinya vitamin hanya sebagai tambahan. Orang tua harus paham bahwa makanan adalah sumber gizi dan nutrisi yang utama. Vitamin dan mineral alami yang terdapat dalam menu makanan harian tidak akan sebaik vitamin buatan pabrik.

 

Artikel ini ditulis dan dikirim oleh dr. Amrizal Zuhdy. Aktivitas sehari-sehari sebagai dokter fungsional di Puskesmas Padang Garugur Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara dan juga sebagai admin di Blog Kedokteran dan Kesehatan. Para pembaca dapat berkontribusi mengirimkan tulisan-tulisannya ke blog dokternasir.web.id, boleh mampir ke laman ini dulu untuk membaca ketentuannya. Kami tunggu ya.

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Subscribe For Latest Updates

Get Notified When We Publish The New Articles - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...