Penting Bagi Calon Ayah-Ibu: Begini Tahapan Perkembangan Bayi Usia 0 Sampai 12 Bulan

Selama periode kehamilan, perkembangan bayi di dalam rahim telah bisa dirasakan oleh si ibu. Perkembangan ini akan berlanjut setelah bayi dilahirkan. Bayi normal akan mengalami perkembangan yang meningkat dari hari ke hari.

Pasangan yang dikaruniai anak khususnya bagi pasangan yang baru menikah pasti akan merasa senang. Perasaan senang tersebut lantaran bayi akan menambah kelengkapan keluarga. Pertumbuhan dan perkembangan bayi akan memberikan momen-momen yang memang sangat dinanti dan akan dirindukan.

Namun, tidak jarang kehadiran bayi juga menimbulkan rasa was-was dan cemas. Setiap pasangan khususnya yang baru menikah kebanyakan tidak mengetahui teori perkembangan sang buah hati. Keadaan ini akan menimbulkan kekhawatiran dimana takut sang buah hati tidak tumbuh dan berkembang sesuai harapan.

Perkembangan Bayi Pada Tahun Pertama

Berikut ini kami akan menjelaskan secara singkat tentang bagaimana ciri-ciri bayi yang memiliki perkembangan normal pada tahun pertamanya. Silahkan disimak, semoga bermanfaat terutama bagi ibu-ibu muda yang belum memiliki pengalaman tentang pertumbuhan dan perkembangan bayi.

 

Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan

Perkembangan bayi usia 1 bulan ini bayi telah menggerakkan kepala dari sisi yang satu kesisi yang lain. Kemampuan ini dapat terlihat nyata saat dalam keadaan tengkurap. Tangan kecilnya telah dapat membuat cengkraman dengan kuat yang dapat dilihat saat memegang jari tangan ibunya. Mata si kecil telah mulai bisa mengikuti gerakan yang dibuat di depan matanya.

 

Perkembangan Bayi Umur 2 Bulan

Bayi normal akan mampu menahan kepala dan lehernya dalam tempo singkat dalam posisi terlungkup. Pada usia ini tangannya tidak hanya mencengkram, akan tetapi sudah dapat membuka dan menutup. Beberapa pukulan tanpa arah sudah bisa ia lakukan. Permainan jari juga mampu dilakukan. Pada sebagian bayi, respon tersenyum sponta sudah mampu dilakukan pada umur ini.

 

Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan

Pada usia ini bayi mampu menegakkan kepala sewaktu digendong. Gumaman dan pekikan juga telah mampu dilakukan. Juluran lidah ibu juga dapat ia tiru. Pada beberapa bayi, tertawa juga sudah dapat dilakukan.

 

Perkembangan Bayi Umur 4 Bulan

Bayi telah mampu mendorong badannya memakai tangannya ke arah atas. Posisi duduk juga dapat ia kuasai dengan bertumpu pada lengan. Tangannya mulai aktif untuk meraih berbagai benda di sekitarnya. Mata nya akan aktif untuk memperhatikan keadaan di sekitarnya. Tertawa yang dibuatnya pun mulai semakin keras.

 

Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan

Pada umur ini, bayi telah mampu berguling ke sisi tubunya. Benda yang sedang dikepalnya pun telah mampu ia pindahkan ke tangan yang satunya. Kadang-kadang mulutnya mulai meniup ditandai dengan mengelurkan busa. Tangannya sudah mulai meraba-raba ibu atau ayahnya karena sistem penglihatannya sudah semakin jelas.

 

Perkembangan Bayi Umur 6 Bulan

Jika sebelumnya buah hati Anda hanya mampu berguling kesalah satu sisi, maka untuk perkembangan bayi umur 6 bulan, dia telah mulai melakukan gulingan ke kanan dan ke kiri. Pada umur ini bayi juga mulai memahami wajah orang yang dekat dengan nya dan sesekali ia akan mulai melakukan celotehan. Bayi mulai mampu mengemil makan MPASI (makanan pendamping air susu ibu) yang diberikan padanya.

 

Perkembangan Bayi Usia 7 Bulan

Perkembangan bayi umur 7 bulan telah mulaj melakukan aktif bergerak. Bayi akan mulai belajar merangkak. Buah hati Anda akan mampu duduk dengan topangan atau tidak ditopang pada sebagian bayi. Celotehan yang dihasilkan juga akan semakin kompleks. Bayi akan memberikan respon dengn ekspresi dan emosi pada orang-rang yang ada di sekitar nya.

 

Perkembangan Bayi Umur 8 Bulan

Pada usia ini bayi akan mampu duduk tanpa bantuan orang lain. Tepukan tangan dan adegan cilukba sudah dapat ia lakukan. Bayi akan memberikan respon dan melihat orang yang memanggil atau memberi isyarat kepadanya. Celotehannya sudah semakin akrab saat kita ajak berbicara.

 

Perkembangan Bayi Umur 9 Bulan

Bagaimana perkembangan bayi usia 9 bulan ini? Bayi yang berumur 9 bulan akan takut bila bertemu dengan orang yang tidak dia kenali. Bayi pada usia ini akan semakin aktif merangkak ke atas atau naik. Gerak rangkaknya mulai semakin cepat. Benda-benda di sekitarnya akan menjadi objek penarik perhatian bagi nya sehingga aktif merangkak untuk meraihnya.

 

Perkembangan Bayi Umur 10 Bulan

Bayi pada usia ini akan mulai untuk berdiri. Bayi akan menarik objek di sekitarnya untuk membantunya berdiri. Mainan yang ada di depannya juga mulai mampu ia susun walaupun masih sembarangan letakknya.

 

Perkembangan Bayi Umur 11 Bulan

Tangan buah hati Anda akan mulai melakukan penjelajahan ke beberapa perabotan. Mulutnya akan mampu menghasilkan kata-kata seperti mama dan papa. Pada beberapa bayi kata-kata ini mash belum jelas. Bayi juga akan membalik-balikkan halaman buku saat diajak membaca.

 

Perkembangan Bayi Usia 12 Bulan

Bayi di usia 12 bulan atau 1 tahun mampu belajar berdiri, bahkan dalam beberapa pengalaman seorang ibu bayi telah dapat berdiri tanpa bantuan. Langkah pertama untuk berjalan mulai dilakukan. Saat dipakaikan baju, bayi akan memberi respon dengan memberikan tangannya untuk dimasukkan ke lengan baju.

 

Nah, itu tadi beberapa perkembangan bayi yang dapat kita nilai secara sederhana. Silahkan dinilai pada bayi Anda. Bila ada pertanyaan silahkan ditanyakan di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

 

Penulis:

Dokter Amrizal Zuhdy. Domisili di Medan. Aktivitas sehari-sehari sebagai dokter fungsional di Puskesmas Padang Garugur Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara dan juga sebagai admin di https://kedokteran-kesehatan.blogspot.com/

Anda juga dapat berkontribusi mengirimkan artikel dan opini Anda dengan menjadi penulis tamu di blog ini, silakan baca ketentuannya disini.

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Subscribe For Latest Updates

Get Notified When We Publish The New Articles - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...