Mengapa Peregangan Tubuh di Sela-sela Waktu Kerja itu Penting?

Peregangan atau stretching di tengah padatnya jam kerja dianggap mampu menjaga fleksibilitas otot. Apalagi kalau pekerjaan Anda menuntut untuk duduk di depan komputer selama berjam-jam. Coba deh baca artikel Sindrom Kursi: Penyakit Baru Pekerja Kantoran yang pernah tayang di blog ini.

Gerakan-gerakan sederhana yang diajarkan dari stretching memang mudah dipraktikan. Lantas, mengapa stretching saat bekerja dianggap mampu menyehatkan tubuh para pegawai kantoran?

  • Peregangan yang dilakukan dengan tepat mampu melancarkan aliran darah. Terlalu lama bekerja dalam posisi sama akan membuat sirkulasi darah Anda agak terhambat dan berpotensi memicu tekanan darah tinggi, paling sedikit setiap dua jam sebaiknya melakukan peregangan;
  • Keseimbangan dan koordinasi tubuh juga mudah bermasalah kalau Anda jarang menggerakkan tubuh di sela-sela pekerjaan. Jadi, luangkan waktu Anda untuk meregangkan otot tubuh supaya tidak kelelahan atau pegal;
  • Banyaknya tanggung jawab kerja secara perlahan akan mengurangi performa tubuh Anda kalau tidak diimbangi olahraga. Stretching dianggap membantu menjaga hingga meningkatkan kinerja dan kebugaran tubuh Anda selama mengerjakan tumpukan tugas;
  • Kekakuan otot di sekitar pinggul dan punggung bagian bawah pastinya akan mengganggu Anda sepanjang beraktivitas. Untuk menurunkan sensasi nyeri tersebut, Anda dapat melakukan latihan fisik ringan seperti peregangan secara teratur;
  • Tekanan kerja yang tinggi tak hanya memberi dampak buruk terhadap fisik, tetapi juga mental seperti stres berkepanjangan. Stretching akan menurunkan gangguan tersebut berkat lancarnya sirkulasi darah yang mendistribusikan oksigen dan nutrisi ke otak Anda.

Bagaimana cara mempraktikkan stretching saat bekerja?

Keterbatasan ruang di kantor kadang dijadikan alasan pegawai kantor yang ingin berolahraga, padahal stretching bisa diterapkan lewat gerakan-gerakan simpel. Anda dapat memulainya dengan melenturkan leher ke depan-belakang, kanan-kiri, serta menoleh pelan-pelan. Selanjutnya, putar bahu ke depan dan belakang beberapa kali. Kemudian, putar pergelangan tangan dan kaki secara bergantian dan arahnya berlawanan arah.

Selain itu, jaga postur tubuh Anda selama duduk di depan komputer. Pasalnya, posisi badan yang kurang tepat berpotensi mengganggu kinerja otot hingga tubuh. Jika memungkinkan, gunakan tangga alih-alih lift agar Anda lebih banyak bergerak. Jalan kaki akan menjaga stamina tubuh Anda lebih stabil di tengah kesibukan.

Adakah standar senam peregangan di tempat bekerja?

Kementerian Kesehatan sudah merilis video panduan peregangan di tempat kerja. Saat ini, Kemenkes sedang menggalakkan melakukan peregangan sebagai bagian dari gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS). Lebih bagus lagi jika disosialisasikan ke rekan-rekan sekantor, sehingga dapat melakukan senam peregangan tersebut bersama-sama. Berikut senam peregangan tersebut. Selamat mencoba. Salam Sehat!

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

2 thoughts on “Mengapa Peregangan Tubuh di Sela-sela Waktu Kerja itu Penting?

  • 27 May 2019 at 09:01
    Permalink

    Apa yang dijelaskan dalam artikel di atas sangat bermanfaat untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh. Saya telah melakukan itu beberapa tahun belakangan. Mulanya untuk menjaga kesehatan tulang belakang biar selalu sehat. Tiap dua jam bangkit dari tempat duduk dan jalan di sekitar tempat kerja.

    Bahkan, saya pernah sakit di tengkuk yang sulit sembuh. Meskipun saya dua kali periksa dokter. Khawatir kena kolesterol tinggi, saya pun cek di laboratorium kesehatan. Eh, dari hasil berselancar di internet, dikatakan terapinya dengan menggerakkan kepala hingga leher.

    Hasilnya, sakit tengkuk saya hilang. Sejak itu saya tak pernah lagi sakit tengkuk. Sudah dua tahun ini. Penyebabnya karena terlalu lama memandangi komputer saat bekerja. Seharusnya, dalam beberapa jam bangkit dari tempat duduk biar bergerak dan tidak terus-menerus memandangi komputer.
    ::> Postingan terakhir Sudarto … 11 Makanan Terbaik untuk Penderita Infeksi LambungMy Profile

    Reply
    • 4 June 2019 at 06:51
      Permalink

      Alhamdulillah, terima kasih atas sharingnya pak. Semoga sehat selalu

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Subscribe For Latest Updates

Get Notified When We Publish The New Articles - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...