Masih Jerawatan Aja? Inilah Cara Hapus Jerawat yang Jarang Diketahui Orang

Jerawat, lagi-lagi masalah kulit yang banyak dialami, terutama kalangan remaja. Jerawat memang bukan penyakit menular, bukan juga penyakit yang mengerikan dan mematikan. Cara hapus hapus jerawat dan bekasnya dalam hitungan hari, mungkin ini yang kamu butuhkan saat ini. Benar kan?

Tapi, kamu harus tahu bahwa jerawat dan bekasnya bisa menyebabkan kamu mati percaya diri. Jika wajah mulus kamu tiba-tiba berubah menjadi wajah berjerawat, tentu kamu menjadi kurang percaya diri. Karena itu, kamu bisa memilih cara menghilangkan jerawat dan bekasnya yang tepat.

(Boleh dibaca juga: Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Perawatan Laser)

Jerawat merupakan masalah pada kulit yang disebabkan oleh bakteri P. acne. Bakteri ini merupakan mikroba dengan ukuran yang sangat kecil dan berada di pori-pori kulit. Ketika kulitmu berkeringat, bakteri ini lebih mudah berkembang biak dan menyebabkan bengkak kecil dan kemerahan. Jadi, sebelum kamu tahu bagaimana cara menghilangkan jerawat dan bekasnya, kamu harus tahu dulu mengapa jerawat bisa terjadi.

Ketika kamu berjerawat, pasti timbul benjolan dengan warna kemerahan. Ini adalah gejala awal timbulnya jerawat. Dan sebenarnya, hampir semua orang memiliki bakteri P. acne pada kulitnya. Namun, perbedaan tingkat produksi minyak di kulit inilah yang membedakannya. Semakin banyak keringat di kulit kamu, semakin besar peluang jerawat muncul.

Beberapa penyebab jerawat yang wajib kamu tau biar proses penyembuhannya lebih mudah dan cepat

Tidak adil rasanya jika kamu tidak tau mengapa jerawat kamu bisa muncul. Sekalipun kamu tahu bahwa yang menimbulkan jerawat itu adalah bakteri P. acne, tapi ada beberapa faktor lain yang memicu pertumbuhan bakteri itu. Jika kamu mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan jerawat, maka kamu akan lebih mudah untuk mengatasinya. Selain itu, kamu juga bisa memilih cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan mudah jika paham penyebabnya. Dibawah ini adalah beberapa penyebab jerawat yang harus kamu ketahui.

  • Debu dan polusi adalah faktor yang sering bikin wajah bermasalah, salah satunya jerawat

Debu dan polusi bisa menimbulkan masalah kesehatan dan kulit. Debu maupun polusi yang mengenai kulitmu setiap hari bisa memicu pertumbuhan jerawat. Jika keringat bercampur dengan debu ataupun polusi, maka kondisi ini membuat bakteri P. acne lebih cepat berkembang.

  • Kosmetik memang bisa mengubah wajahmu lebih cantik, tapi bisa juga menyebabkan kamu berjerawat.

Kosmetik memiliki berbagai bahan kimia yang kadang tidak cocok buat kulit kamu. Jika kamu sering gonta-ganti kosmetik, hal ini bisa menyebabkan reaksi kulit. Ada kalanya kosmetik menimbulkan efek positif dan membuat penampilanmu semakin cantik. Namun, ada kalanya penggunaan kosmetik berlebihan justru membuat kulitmu makin rusak seperti halnya menimbulkan jerawat.

  • Jerawat juga bisa disebabkan oleh hormon, terutama pada wanita hamil dan sedang datang bulan

Biasanya, jerawat lebih mudah muncul ketika kamu akan atau sedang datang bulan. Kehamilan dan menjelang menstruasi membuat hormon menjadi tidak stabil. Kondisi ini sering menimbulkan jerawat.

  • Stress, salah satu penyebab jerawat yang bisa di alami siapa saja dan kapan saja

Stress memiliki dampak besar bagi kesehatan tubuh, tapi juga bisa menimbulkan masalah di wajah kamu. Salah satu penyebab jerawat adalah stres karena saat stres, metabolisme tubuh menjadi terganggu dan kondisi inilah yang menyebabkan kamu gampang berjerawat.

  • Konsumsi obat-obatan secara berlebih bisa menyebabkan jerawat, terutama dengan kandungan vitamin B.

Beberapa jenis obat bisa menyebabkan efek samping seperti halnya jerawat. Biasanya obat atau suplemen yang memiliki kandungan vitamin B komplek cenderung menimbulkan jerawat.

  • Terlalu banyak konsumsi makanan manis, tidak hanya menggangu kesehatan, tapi juga menjadi penyebab jerawat yang umum terjadi.

Hati-hati jika kamu adalah salah satu pecinta makanan manis. Makanan ini memang membuat lidah bergoyang terus, tapi hati-hati dengan efeknya. Berlebihan mengkonsumsi makanan manis bisa menyebabkan peningkatan hormon yang bisa memicu munculnya jerawat.

Sumber: https://pixabay.com/photos/acne-pores-skin-pimple-female-1606765/

Selain jerawat, kamu juga bisa mengalami masalah lain akibat jerawat. Bekas jerawat adalah masalah lain yang timbul saat kamu berjerawat. Tentu saja kedua masalah ini harus kamu atasi dengan cepat dan tepat. Tidak ada istilah nanti-nanti jika kamu tidak ingin jerawat semakin merajalela di wajah cantik kamu. Karena itu, kamu bisa memilih salah satu cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat dibawah ini.

  1. Perbanyak asupan makanan sehat, baik dari sayuran maupun buah-buahan.

Makanan sehat bisa kamu dapatkan dari berbagai sumber makanan diantaranya adalah sayuran dan buah-buahan. Kedua sumber makanan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Sayuran dan buah adalah sumber vitamin C dan vitamin E yang baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya di pipi adalah dengan mengkonsumsi sayur dan buah yang kaya vitamin C dan vitamin E setiap hari. Dengan begitu, kamu bisa mencegah sekaligus mengatasi jerawat dan bekasnya dengan mudah.

  1. Bawang putih kaya sulfur yang efektif untuk menghilangkan jerawat

Bawang putih, siapa sangka bumbu dapur ini ternyata sangat efektif untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Bawang putih mengandung zat sulfur yang bisa mempercepat penyembuhan jerawat kamu. Selain itu, bumbu dapur ini juga mengandung antioksidan tinggi untuk merawat kesehatan kulit. Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan bawang putih sangat mudah yaitu :

    • Ambil 2 siung bawang putih kemudian haluskan
    • Bersihkan wajah kamu, setelah itu tempelkan bawang putih pada jerawat
    • Diamkan selama 15 menit
    • Setelah itu bersihkan wajah kamu dan lakukan cara ini setiap hari untuk hasil terbaik
  1. Air perasan lemon

Air lemon, meskipun menimbulkan rasa pedih di kulit, tapi efektif mengatasi jerawat. Lemon merupakan salah satu sumber vitamin C sebagai antioksidan yang mudah didapatkan. Kandungan alami antioksidan pada buah ini sangat efektif untuk menghilangkan jerawat dan bekas. Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan lemon adalah sebagai berikut:

    • Siapkan satu buah lemon berukuran sedang, ambil airnya saja
    • Uapi wajah kamu selama beberapa menit di atas baki yang di isi air panas untuk membuka pori-pori kulit
    • Oleskan air lemon pada jerawat dan bekasnya, diamkan selama 15 menit
    • Setelah itu, bilas wajah dengan air
    • Untuk hasil terbaik, lakukan cara ini 3 kali dalam seminggu
  1. Air daun sirih

Daun sirih memiliki kandungan antibakteri dan antiinflamasi. Sekalipun kamu tidak begitu suka dengan bau daun ini, tapi jangan remehkan khasiatnya. Air daun sirih bisa mengurangi jerawat kamu. Bahkan, bekas jerawat juga bisa di atasi dengan air daun sirih. Biar kamu tidak penasaran, dibawah ini adalah cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan air daun sirih.

    • Siapkan beberapa lembar daun sirih
    • Siapkan 3 gelas air pada panci, masukkan daun sirih
    • Didihkan daun sirih hingga air di dalam panci berubah warna
    • Uapi bagian wajah yang berjerawat dengan air daun sirih panas tadi
    • Biarkan kulit wajah terkena uap selama 10 menit
    • Setelah itu, gunakan air daun sirih untuk membasuh wajah
    • Lakukan cara ini 2 hari sekali
  1. Kamu tidak bakalan mengalami jerawat jika rutin mengkonsumsi jamu tradisional

Jamu tradisional, rasanya memang tidak enak dan banyak yang tidak suka mengkonsumsinya. Tapi, jamu juga bisa membantu wajah kamu semakin kinclong. Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan jamu tradisional menjadi pilihan para wanita sejak zaman dulu. Jadi, kenapa kamu tidak mencobanya juga? Jamu dibuat dari bahan alami yang aman dikonsumsi.

Jamu bisa memperlancar peredaran darah dan membersihkan darah kotor. Salah satu penyebab jerawat adalah darah kotor yang ada di tubuh kamu. Dengan konsumsi jamu, peredaran darah menjadi lancar dan kamu bisa mendapatkan kulit sehat bebas jerawat.

Lima cara di atas sangat mudah kamu coba. Jerawat dan bekasnya memang harus diatasi secepatnya. Kamu tidak harus pergi ke salon untuk menghilangkan jerawat ataupun bekasnya. Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan bahan alami di atas bisa menjadi pilihan terbaik buat kamu. Selain dari bahan alami, kamu juga bisa menghemat biaya perawatan wajah. Cantik itu tidak harus mahal karena yang alami juga bisa buat kamu semakin cantik, bekas jerawat dan bekasnya.

Kalau masih bandel, bisa juga baca Tips Atasi Jerawat Yang Membandel.

Penulis:

Mas Fahmi S, tinggal di Sukoharjo. Sehari-hari aktif sebagai Blogger, Writer, Digital Marketer (tau kan dunia apa ini? hehe…). Beliau juga sebagai owner blog www.channelbunda.com. Channel Bunda merupakan situs yang membahas segala topik yang berhubungan dengan dunia wanita seperti kecantikan, fashion, keluarga, resep, kesehatan, hobi, pengembangan diri, mompreneurship, pernikahan, dan teknologi. dengan target pembaca wanita umur 18-45 tahun. Yang mau berkenalan silakan meluncur ke situs Mas Fahmi ya…

Dan yang mau berpartisipasi mengirimkan artikel dan opini Anda, silakan kirim tulisan Anda dengan menjadi penulis tamu di blog ini, silakan baca ketentuannya disini.

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Subscribe For Latest Updates

Get Notified When We Publish The New Articles - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...