Tips Cegah Sakit Saat Bepergian Ke Luar Negeri

Siapa yang sering bepergian ke luar negeri? Kamu udah pernah belum?

Yang belum pernah, berjuanglah agar bisa bepergian ke luar negeri…hehehe…semoga kita diberikan kemudahan untuk mengarungi dunia yang luas ini ya…

Nah, disini saya ingin sharing bagaimana kita melakukan persiapan-persiapan sebelum bepergian ke luar negeri.

Sering kita lihat orang-orang yang akan bepergian baik di dalam negeri maupun ke luar negeri, tampaknya repot, terkadang ada saja yang kelupaan. Kadang saya pun mengalami hal yang cukup merepotkan saat akan melakukan travelling atau bepergian.

Banyak yang harus dipersiapkan saat travelling ke luar negeri, baik untuk perjalanan bisnis/pekerjaan, liburan, ibadah, maupun urusan lain.

Biasanya yang menjadi poin penting saat akan bepergian ke luar negeri adalah visa, masa berlaku paspor, pemilihan pakaian sesuai musim, uang tunai sesuai mata uang negara tujuan juga SIM internasional. Sayangnya, seringkali ada satu hal penting yang sering terabaikan dalam persiapan ini, yaitu kondisi kesehatan tubuh dan ancaman serangan penyakit di perjalanan maupun di tempat tujuan.

MENCEGAH LEBIH BAIK DARIPADA MENGOBATI

Tagline di atas pasti kamu sudah sering mendengarnya bukan? Nah, untuk urusan persiapan bepergian pun harus mempersiapkan diri dari persoalan serangan penyakit. Di zaman now sudah saatnya kamu lebih perhatian tentang kesehatan risiko serangan penyakit saat travelling ke luar negeri. Kamu tentu tidak ingin terbaring tak berdaya di rumah sakit sebuah negara asing akibat terserang virus, bukan?

Saat ini, penyakit tak lagi mengenal batas wilayah negara, apalagi masyarakat modern yang semakin mobile sehingga secara tidak langsung ikut andil dalam penyebaran penyakit. Travelling dapat membuat kamu terpapar penyakit yang umum menyerang di tempat tujuan. Tak hanya menjadi penderita, kamu bahkan juga dapat menjadi carrier penyakit saat terserang virus dengan masa inkubasi yang panjang dan membawa virus tersebut pulang ke rumah. Soal penyakit apa saja, bisa kamu meluncur ke website resmi Kementerian Kesehatan yang membahas soal penyakit di negara lain, klik disini. Atau kalau kamu yang berbahasa Inggris, bisa meluncur ke website resmi CDC Amerika disini.

Nah, tips berikut ini bisa kamu lakukan untuk mencegah kamu tertular dari kemungkinan penyakit yang sedang muncul di negara yang akan kamu tuju:

  1. Mencari informasi tentang kesehatan dan penyakit di daerah-daerah tujuan yang kamu singgahi. Misalnya, wabah penyakit yang pernah terjadi dalam waktu dekat, penyakit yang umumnya muncul di wilayah tersebut pada musim tertentu, masalah sanitasi, kebersihan air serta udara, dan lain-lain.
  2. Melakukan vaksinasi sebelum berangkat ke daerah tujuan. Ada beberapa jenis vaksinasi yang umum diambil sebelum travelling, sisanya tergantung dari negara yang akan dikunjungi, durasi tinggal, aktivitas yang dilakukan, riwayat kesehatan kamu serta kondisi khusus kehamilan atau memiliki alergi.
  3. Meningkatkan kewaspadaan. Umumnya penyakit hinggap lewat makanan dan minuman yang terkontaminasi, gigitan serangga atau hewan lain, udara dan air kotor, infeksi luka, serta pertukaran cairan tubuh (lewat hubungan seksual atau transfusi darah). Hal-hal ini perlu kamu waspadai agar tidak terserang penyakit.
  4. Menerapkan personal hygiene jika selama ini kamu cenderung mengabaikan, sudah saatnya untuk menerapkannya secara rutin. Cucilah tangan sampai bersih terutama saat kotor, sebelum makan dan setelah bersentuhan dengan hewan. Menyikat gigi saat bangun tidur dan sebelum tidur. Mandi minimal sehari sekali untuk membersihkan tubuh dari kotoran. Memotong kuku untuk mencegah berkumpulnya kotoran dan bakteri.

Semoga tips singkat tersebut bermanfaat buat kamu yang mau bepergian ke luar negeri, jagalah kesehatan dan jangan sampai kamu sakit hanya gara-gara kamu mengabaikan tips tersebut.

Selamat menikmati jalan-jalan di luar negeri…

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

4 thoughts on “Tips Cegah Sakit Saat Bepergian Ke Luar Negeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Subscribe For Latest Updates

Get Notified When We Publish The New Articles - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...