Kenali dan Waspadai Penyakit Infeksi Emerging – Penyakit Infeksi Baru

Dalam 30 tahun terakhir ini telah muncul lebih dari 30 Penyakit Infeksi Baru atau Penyakit Infeksi Emerging (PIE) yang disebabkan munculnya organisme baru. Organisme baru ini bisa dipicu oleh mutasi genetika, akibat perubahan iklim, akibat riset ilmiah, dan sebagainya. Riset ilmiah terhadap 335 penyakit baru yang ditemukan antara tahun 1940 dan 2004 mengindikasikan bahwa negara-negara  yang berhubungan dengan Dataran Indo-Gangga dan DAS Mekong menjadi hotspot global kemunculan PIE. Virus Nipah, demam berdarah Crimean-Congo, dan avian influenza A (H5N1) merupakan contoh penyakit yang telah muncul baru-baru ini dan menyerang Kawasan Asia Tenggara. Dampak yang ditimbulkan dari sebuah penyakit baru sulit diprediksi namun diketahui bisa sangat bermakna, karena pada saat penyakit baru itu menyerang manusia, mungkin baru beberapa orang saja yang memiliki kekebalan atau bahkan tidak ada sama sekali.

Kawasan Asia Tenggara, salah satunya Indonesia, menurut WHO memiliki kondisi kondusif yang mengundang munculnya Penyakit Infeksi Emerging (PIE). Sebagai contoh, bersirkulasinya berbagai tipe virus influenza di daerah yang memiliki peternakan unggas besar sekaligus peternakan babi yang tidak dikelola sesuai standar kesehatan sehingga memungkinkan terjadinya percampuran/kontaminasi produk hewan, menjadi media (incubator) yang cocok untuk terjadinya percampuran beberapa virus influenza dan berpotensi memunculkan strain virus baru atau bahkan virus baru. Terdapat faktor yang mempercepat kemunculan penyakit baru, yaitu yang memungkinkan agen infeksi berkembang menjadi bentuk ekologis baru agar dapat menjangkau dan beradaptasi dengan inang yang baru, serta agar dapat menyebar lebih mudah di antara inang-inang baru. Faktor-faktor itu antara lain urbanisasi dan penghancuran habitat asli (memungkinkan manusia dan hewan hidup lebih dekat); perubahan iklim dan ekosistem; perubahan dalam populasi inang reservoir atau vektor serangga perantara; dan mutasi genetik mikroba.

Penyakit Infeksi Emerging adalah penyakit yang muncul dan menyerang suatu populasi untuk pertama kalinya atau telah ada sebelumnya namun meningkat dengan sangat cepat, baik dalam jumlah kasus baru di dalam satu populasi, ataupun penyebarannya ke daerah geografis yang baru (re-emerging infectious disease). Termasuk kelompok PIE adalah penyakit yang pernah terjadi di suatu daerah di masa lalu, kemudian menurun atau telah dikendalikan, namun kemudian dilaporkan lagi dalam jumlah yang meningkat. Bentuk lainnya lagi adalah penyakit lama yang muncul dalam bentuk klinis yang baru, yang bisa jadi lebih parah atau fatal.

Penyakit Infeksi Emerging mendapat perhatian khusus dan menjadi masalah kesehatan masyarakat serius. Kekhawatiran akan terjadinya PIE tidak hanya karena dapat menimbulkan kematian, tetapi juga karena dapat membawa dampak sosial dan ekonomi yang besar dalam era globalisasi, apalagi saat ini seluruh dunia seakan saling terhubung sangat eratnya. Sebagai contoh, perkiraan biaya langsung yang ditimbulkan saat muncul SARS di Kanada dan negara-negara Asia adalah sekitar 50 miliar dolar AS. Dampak PIE semakin besar bila terjadi di negara berkembang yang relatif memiliki sumber daya lebih terbatas dengan ketahanan sistem kesehatan masyarakat yang tidak sekuat negara maju.

Agar lebih memahami apa dan bagaimana penyakit infeksi emerging ini menyebar dengan cepat, mari simak video berikut ini:

 

Tentu sangat diperlukan informasi yang komprehensif mengenai penyakit infeksi emerging ini, agar kita sebagai komunitas, masyarakat dan warga negara dapat mengenali dan mewaspadai adanya penyakit-penyakit baru ini. Mungkin saat ini penyakit tersebut belum masuk ke Indonesia, namun tanpa pengetahuan dan kewaspadaan yang cukup, maka satu kali bersin saja sudah cukup membuat penyakit (yang ditularkan lewat udara) menyebar kemana-mana. Untuk itulah Kementerian Kesehatan RI melakukan terobosan untuk menjadi penyampai informasi tersebut, selain melalui laman resminya, informasi lebih komprehensif disertai bentuk-bentuk kewaspadaan yang sudah dilakukan sudah bisa dicari dan dibaca di laman infeksiemerging.kemkes.go.id. Salah satu contoh, penyakit yang saat ini muncul di Timur Tengah dan seringkali menghantui masyarakat yang akan berangkat ibadah haji dan umroh adalah penyakit MERS. Maka kita dapat mengaksesnya melalui info Penyakit Virus MERS ini. Bahkan kita juga bisa memantau situasi keberadaan penyakit-penyakit infeksi emerging di dunia dan Indonesia dengan berlangganan melalui email kita.

Semoga informasi yang disajikan dapat bermanfaat untuk masyarakat Indonesia dan menjadikan masyarakat kita lebih paham tentang penyakit baru yang berbahaya, paham cara mencegah dan mewaspadainya. Semuanya menuju Indonesia Sehat.

Salam Sehat Indonesia.

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Subscribe For Latest Updates

Get Notified When We Publish The New Articles - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...