7 Plan Step : Cara Cepat Hamil Segera Setelah Menikah

Tidak semua pasangan siap untuk hamil dan memiliki anak pasca mereka menikah. Ada yang ingin menunda dulu dengan alasan kesibukan atau pekerjaan, ada pula yang menundanya dengan alasan ingin puas bersenang-senang. Tapi tidak sedikit pula yang ingin sesegera mungkin menimang buah hati, pasca menikah. Apalagi jika orang tua / mertua ingin segera menimang cucu.

Bisa jadi salah satu alasan terkuat, untuk segera hamil setelah menikah =)

Nah, kali ini saya share 7 langkah yang HARUS anda lakukan bila anda ingin segera hamil setelah menikah.

Tapi tips ini tidak hanya bagi mereka  yang baru saja menikah. Anda yang sudah lama promil tapi belum mendapatkan hasil PUN, dapat melakukan tips ini untuk meningkatkan peluang keberhasilan promil anda =)

Baik, kita mulai dari tips yang pertama;

TIPS 1. HENTIKAN PENGGUNAAN SEGALA JENIS KB SESEGERA MUNGKIN

Semua alat KB, didesain untuk mencegah dan mempersulit terjadinya kehamilan.

Jika anda ingin segera hamil dan mendapatkan hasil dari promilnya, direkomendasikan untuk MENGHENTIKAN semua pemakaian jenis KB, setidaknya 6 bulan sebelum anda melakukan promil. Setahun sebelumnya akan jauh lebih baik.

Ini karena, hormon pada KB mempengaruhi keseimbangan hormon anda. Tubuh anda akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengembalikan siklus kesuburan anda, pasca lepas dari KB. Meski lamanya berbeda pada setiap orang, ada yang 3 bulan, 6 bulan, bahkan satu tahun belum normal juga.

Inilah alasan, mengapa menghentikan pemakaian pil KB setahun sebelumnya agar tubuh punya waktu untuk menyeimbangkan kembali hormon anda. Keseimbangan hormon  dan siklus haid yang teratur, adalah kunci utama promil yang berkualitas dari pihak wanita.

TIPS 2. KETAHUI KAPAN WAKTU TERSUBUR ANDA

Bagi pria ini mudah, karena kesuburan pria tidak ditentukan oleh waktu. Tapi hal ini sangat penting dan krusial bagi wanita, karena kesuburan wanita akan naik dan turun seiring dengan masa pada siklus kesuburannya. Jadi meski anda rajin berhubungan badan, tapi tidak dilakukan di masa subur, maka kecil kemungkinan anda akan hamil.

Kesalahan yang paling umum dilakukan oleh pasangan yang ingin hamil adalah, tidak mengetahui dan memahami siklus kesuburannya sendiri.

Siklus kesuburan dapat diketahui dengan berbagai cara, beberapa diantaranya bisa dibaca Bagaimana menghitung dan menentukan masa subur. Sistem kalender adalah yang paling umum. Namun, sistem ini HANYA akan efektif dan akurat, jika siklus haidnya teratur atau tidak bergeser terlalu jauh setiap bulan. Jika siklusnya tidak teratur, maka cara ini sangat tidak efektif.

Cara lain yang lebih efektif, adalah dengan menggunakan alat bantu test masa subur yang dapat anda beli di apotek.

Ada banyak merek yang bisa anda pilih mulai dari yang sekali pakai atau yang berkali-kali pakai. Alat test masa subur ini sama seperti test pack, dapat mendeteksi masa subur anda dengan akurat.

TIPS 3. LAKUKAN HUBUNGAN BADAN SEBELUM ANDA BEROVULASI

Sperma suami dapat hidup dan bertahan didalam rahim dan saluran tuba selama 2-3 hari.

TETAPI sel telur hanya akan bertahan paling tidak 24 jam saja setelah dilepaskan.

Karenanya, sangat penting untuk melakukan hubungan badan beberapa hari sebelum jadwal ovulasi, untuk meningkatkan peluang sel sperma dan sel telur bertemu. Untuk anda yang siklusnya teratur, sangat mudah menentukan kapan anda harus melakukan hubungan.

Tapi untuk anda yang siklusnya tidak teratur, akan suluit menentukannya. Karenanya, saya sarankan untuk fokus menyeimbangkan hormon dulu agar siklus haidnya kembali, agar masa subur bisa diketahui dengan mudah.

Untuk anda yang siklus haidnya kacau atau bahkan lama tidak haid, saya buatkan panduan untuk mengembalikan hormon anda di sini :

“Cara Melancarkan Haid Secara Alami Dengan Menggunakan Jus”

Silakan baca untuk membantu mengembalikan keseimbangan hormon anda.

TIPS 4. KETAHUI POSISI TERBAIK SAAT BERHUBUNGAN

Untuk anda yang sehat dan tidak memiliki masalah, sebenarnya semua posisi dapat memberikan peluang untuk terjadinya kehamilan. Dengan catatan kualitas sperma dan kualitas sel telurnya bagus, dan anda melakuka hubungan di masa subur. Tapi bagi mereka yang memiliki masalah lain seperti misalnya rahimnya retro, atau yang lain, membutuhkan posisi yang optimal sesuai dengan masalah yang dihadapi. Seperti misalnya wanita dengan rahim retro, direkomendasikan dengan melakukan hubungan dengan posisi gaya anjing.

TIPS 5. YANG JANGAN DILAKUKAN SELAMA BERHUBUNGAN

JIka anda memang serius ingin melakukan promil dan ingin segera hamil, anda juga harus PROAKTIF melakukan hal hal yang mendukung program hamil anda.

Ada beberapa hal yang dapat menghambat dan merusak program hamil anda, dan berikut ini beberapa hal yang JANGAN anda lakukan saat anda sedang promil.

*Menggunakan Lubrikasi Tambahan

Bagi wanita yang kurang terangsang, akan membuat suami kesulitan melakukan penetrasi, lalu berinisiatif menggunakan pelumas tambahan. Meski hal ini dapat mendukung kenikmatan dalam proses hubungan badan, tapi dari sisi promil ini sangat tidak baik. Cairan lubrikasi justru membuat sperma tidak bisa berenang dengan baik, dan mengganggu PH alami Miss V dan menghambat kehamilan.

*Khawatir Tidak Bisa Orgasme

Orgasme bagi suami memang VITAL dan HARUS jika ingin terjadi kehamilan, namun hal ini TIDAK HARUS terjadi pada wanita.

Orgasme atau tidak, wanita tetap dapat hamil selama suami orgasme dan kualitas sel telur istri masih bagus. Orgasme memang dapat membantu promil, tapi jangan terlalu stress, jika pihak wanita tidak orgasme saat sedang melakukan hubungan badan, karena tidak menentukan kegagalan promil.

*Menghindari Celana Boxer

Memang penggunaan celana ketat yang terlalu lama dapat memanaskan testis dan menggangu produksi sperma. Tapi ini bukan berarti suami tidak boleh menggunakannya lagi atau harus menghindarinya sama sekali.

Yang menentukan apakah celana boxer baik atau tidak adalah LAMA penggunaannya. Jika digunakan selama seharian penuh, selama 24 jam, 7 hari seminggu, maka wajar akan mengganggu. Tapi jika dipakai hanya saat berolah raga atau saat kegiatan tertentu, hal ini tidak menjadi masalah.

Menghindari celana boxer, juga tidak akan meningkatkan atau mempercepat keberhasilan promil anda.

TIPS 6. PERSIAPKAN TEST KEHAMILAN ANDA

Begitu anda mengetahui anda hamil, secepat itu pula anda dapat menemui dokter anda untuk memberikan yang terbaik bagi buah hati.

Anda dapat melakukan test kehamilan sesegera mungkin dengan melakukan test darah. Sementara untuk tes kehamilan dengan test pack, dianjurkan untuk melakukan test setelah anda telat haid setidaknya 7 – 10 hari. Ini untuk mengantisipasi bila anda mengalami telat haid.

Test pack didesain untuk mendeteksi hormon hCG yang dihasilkan oleh plasenta yang akan terus naik selama awal kehamilan.

Melakukan test terlalu dini sebelum telat menggunakan test pack dapat memberikan hasil “False Negative”, dimana anda sebenarnya hamil, tapi test pack menunjukkan negatif.

Ini disebabkan tubuh belum memproduksi hormon hCG yang banyak sehingga belum terdeteksi oleh test pack.

Kasus lain, dapat pula terjadi dimana test pack akan terlihat samar untuk alasan yang sama. Namun meski samar, ada kemungkinan anda tetap hamil karena ada hormon hCG yang terdeteksi, karena hormon ini hanya akan diproduksi selama terjadi kehamilan.

Namun tentu saja, ada kemungkinan lain yang perlu anda ketahui bila anda mendapati hasil test pack anda samar.

Kemungkinan lain ini, saya bahas lengkap disini.

TIPS 7. JIKA HASILNYA NEGATIF

Jangan kecewa jika percobaan pertama ini belum berhasil. Kebanyakan orang tidak berhasil hamil pada percobaan pertama, meski ada sedikit pasangan yang langsung hamil juga.

Tapi, jangan membandingkan hasil promil anda dengan orang lain, karena hasil promil ditentukan oleh kesuburan masing-masing. Dan kesuburan setiap orang berbeda-beda.

Bisa juga karena anda salah menghitung masa subur sehingga sperma tidak pernah bertemu sel telur.

50% pasangan akan hamil di setengah tahun pertama program hamilnya, sementara 85% lainnya setahun kemudian baru prmilnya membuahkan hasil.

JIka dalam 1 tahun anda melakukan program hamil secara alami tidak mendapatkan hasil juga, direkomendasikan untuk melakukan cek kesuburan ke dokter.

Ini untuk mengetahui apakah ada masalah kesuburan baik pada suami atau istri yang mengganggu program hamilnya.

Dari pengalaman saya, umumnya masalah yang dihadapi wanita adalah haid yang tidak teratur tetapi dipaksakan terus promil,

Sementara pada suami, mengalami masalah dengan kualitas sperma, tapi tidak pernah diketahui karena tidak pernah diperiksakan, dengan alasan suami pernah punya anak sebelumnya.

Yang perlu dicatat adalah, kesuburan setiap orang, baik pria atau wanita akan menurun seiring usia dan gaya hidup.

Jadi pemikiran seperti ini sebaiknya dihilangkan, demi kesuksesan promil anda =)

Nah, adakah tips diatas yang BELUM atau TIDAK anda lakukan saat ini ?

Segera perbaiki, dan tingkatkan peluang keberhasilan promil anda, dengan fokus ke akar masalah yang menjadi penghalang bagi keberhasilan promil anda.

Bila ada masalah, silakan hubungi dr A Muchtar Nasir disini, untuk membantu mengarahkan promil anda kearah yang benar =)

Penulis : Yunita Septiana 
Praktisi dan Pengamat Kesehatan, kesuburan dan program hamil Wanita. Blogger kesehatan dan  program kehamilan dari www.smartpromil.com
Anda juga dapat berpartisipasi mengirimkan tulisan menarik Anda di blog ini, yuk baca ketentuannya disini.

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

Series Navigation<< [Panduan Lengkap] Cara Menggunakan dan Membaca Test Pack Dengan Benar

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

2 thoughts on “7 Plan Step : Cara Cepat Hamil Segera Setelah Menikah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...