16 Tips Persiapan Lahir Batin Untuk Puasa Sehat Berkualitas

Beberapa hari lagi kita insyaAllah akan dipertemukan kembali dengan bulan suci dan mulia, bulan yang di dalamnya penuh keberkahan dan malam kemuliaan, itulah Ramadhan 1438 Hijriyah. Tiada lagi karunia yang sebanding dengan kenikmatan yang dirasakan ketika kita beribadah di bulan penuh rahmat, penuh keampunan, dan penuh berkah. Karena di bulan ini semua amalan kebaikan dilipatgandakan hingga berpuluh-puluh kali lipat, bahkan hingga seribu kali bagi siapapun yang dapat meraihnya. Tentu saja kita sangat perlu mempersiapkan segala sesuatu baik lahir maupun batin untuk dapat melaksanakan segala ibadah di bulan suci Ramadhan ini dengan baik dan sukses. Gelar tertinggi di sisi Allah, yaitu TAQWA, akan kita sandang jika kita berhasil melalui bulan ini dengan penuh keimanan dan kesabaran.

Sudah siapkah lahir dan batin kita menyambut kedatangan bulan penuh rahmat tersebut? Jika belum, semoga postingan kali ini bisa menginspirasi kita semua untuk mempersiapkan diri menjelang kedatangan bulan Ramadhan tahun ini.

Persiapan batin selayaknya sudah kita lakukan sejak sebelum memasuki bulan Ramadhan, seperti mempersiapkan mental dan niat yang tulus, karena di bulan ini kita akan digembleng menjadi pribadi yang berbeda, yang unik dan lebih baik. Menjadi manusia yang lebih tahan banting dalam menghadapi situasi apapun. Bayangkan saja, pada saat perut kita kosong, semua stamina fisik menurun, kita dituntut harus tahan terhadap godaan, baik godaan yang bersifat fisik maupun psikis. Godaan fisik adalah godaan yang langsung terlihat misalnya makanan, minuman, dan sejenisnya. Sementara godaan psikis adalah godaan yang bersifat kejiwaan seperti amarah, syahwat, sulit bersabar, dan sebagainya. Unutuk itulah Nabi selalu melakukan persiapan mental ini sejak bulan Rajab dan Sya’ban, persiapan yang meliputi latihan puasa dan ibadah yang lebih banyak dibanding bulan lainnya. Kerjasama yang harmonis antara keimanan dan kesabaran adalah inti persiapan batin menghadapi bulan Ramadhan. Lakukan semua perbuatan baik di bulan Ramadhan dimulai dengan niat yang tulus dan penuh keimanan, selain agar diberikan kekuatan, keberkahan dan pahala yang berlipat pasti kita dapatkan. Insya Allah.

Selanjutnya persiapan lahir. Setidaknya ada 8 tips yang bisa dilakukan oleh kita semua, agar kesehatan kita tetap terjaga pada saat berpuasa. Karena kesehatan yang terjaga sepanjang waktu adalah bekal utama agar kita dapat melaksanakan rangkaian kegiatan selama bulan Ramadhan, yang mungkin oleh sebagian orang dikatakan cukup berat. Ingat, berpuasa di bulan Ramadhan bukan alasan kita untuk bermalas-malasan sehingga produktivitas menurun, justru sebaliknya produktivitas di bulan Ramadhan harus ditingkatkan sejalan dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah kita.

Berikut 8 tips agar puasa kita lebih sehat dan berkualitas yang dapat kita lakukan selama bulan Ramadhan :

  1. Makanan yang bergizi, harus mempunyai komposisi 50% karbohidrat, 10-15% protein, 25% lemak serta vitamin dan mineral yang proporsional. Pada umumnya pria membutuhkan sekitar 2100 kalori sedangkan perempuan hanya sekitar 1900 kalori. Kalori sebanyak ini bisa terpenuhi dari makanan dan minuman yang disantap saat berbuka puasa, makan malam dan sahur. Untuk makanan sebaiknya pilih makanan yang alami. Misalnya karbohidrat diperoleh dari nasi, kentang, jagung atau mie. Protein diperoleh dari daging, ikan, tahu, tempe, dan lain-lain. Lemak dapat diperoleh dari kelapa, lemak hewan, dan lain-lain. Vitamin dan mineral bersumber dari sayuran dan buah-buahan seperti bayam, kangkung, pepaya, wortel, pisang, apel, jeruk dan lain-lain.
  2. Minum yang cukup, sekitar 2000-2500 ml air sehari (kurang lebih 10 gelas), minum air putih terutama malam hari dan saat sahur. Agar bisa berfungsi sebagai terapi, silahkan baca artikel Terapi Air dan Terapi Air Ala Rasulullah. Pada usia lanjut sering merasa tidak haus, namun demi menjaga agar tidak terjadi dehidrasi (kekurangan cairan) seyogyanya tetap minum yang cukup. Pada penderita gagal ginjal, minum air memang harus disesuaikan dengan kebutuhan. Pengertian minum air tidak selalu berarti minum air putih saja, tetapi minum teh, susu, jus buah bahkan kuah sayur juga termasuk air yang kita konsumsi.
  3. Saat sahur, meski kurang bernafsu untuk makan karena masih mengantuk, sebaiknya makan secukupnya, jangan terlalu kenyang. Rasulullah menganjurkan kita makan sahur karena didalamnya ada berkah, yaitu bisa memperkuat badan kita saat beraktivitas di siang hari dan keberkahan lain pada saat sahur. Rasulullah juga menganjurkan agar mengakhirkan waktu sahur atau makan sahur selambat mungkin , kira-kira setengah jam sebelum waktu imsak atau waktu subuh. Perbanyaklah makan makanan berserat yang banyak terdapat dalam sayuran dan buah, karena makanan ini mampu menahan rasa lapar cukup lama.
  4. Saat berbuka puasa, hendaknya dimulai dengan menikmati minuman hangat dan makanan ringan yang manis, seperti buah kurma atau kolak. Rasulullah menganjurkan berbuka dengan kurma karena kandungan gula alami dalam kurma sangat baik untuk kesehatan bahkan untuk penderita diabetes (kencing manis) sekalipun, selain untuk energi, kurma juga kaya kalium, magnesium dan serat (Baca Tips Memilih Kurma disini). Hindari minuman yang dingin atau es dan makanan pedas karena mulut, kerongkongan dan lambung sudah tidak dilalui makanan selama sekitar 16 jam, karena hal ini dapat menyebabkan peningkatan asam lambung yang akan mudah “terangsang” bila mengonsumsi makanan dan minuman sejenis itu. (Baca juga: Makan Gorengan saat Berbuka, Sehatkah?)
  5. Untuk mencegah sembelit sebaiknya sayur dan buah dikonsumsi setiap hari. Dengan mengonsumsi makanan yang berserat dan minum air atau jus buah, akan menghindari timbulnya sembelit atau susah buang air besar yang tentu bisa sangat menyebalkan. Selain itu, sayur dan buah dapat mengurangi bau mulut yang sering menjadi masalah utama saat berpuasa. (Baca Tips Kurangi Bau Mulut Saat Puasa)
  6. Paket Suplemen Kesehatan Herbal Nutrisi PuasaKalau perlu, boleh memakan suplemen/multivitamin, yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Saya juga menyediakan suplemen makanan alami berkualitas untuk menjaga daya tahan tubuh Anda selama bulan Ramadhan, silakan tanya-tanya atau order via WA 08122572265.
  7. Istirahatlah di waktu siang hari. Ingat, aktivitas di siang hari akan menyebabkan banyak keringat keluar sehingga tubuh dapat kehilangan cairan dan elektrolit. Tapi bukan berarti tidur sepanjang hari ya, apalagi menyebut tidurnya orang puasa itu ibadah.
  8. Lakukan olahraga ringan, seperti yoga, angkat beban ringan, bersepeda, jalan santai atau jogging secara teratur selama 15 – 30 menit setiap hari agar tubuh tetap fit. Pastikan Anda melakukan pemanasan sebelum olahraga agar otot tidak mudah cedera seperti kram. Jika terjadi kram, silakan baca penanganannya disini.

Selain 8 tips di atas, kita juga bisa melakukan 8 tips lainnya dari Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) yang sangat cocok untuk semua kalangan usia termasuk yang memiliki masalah kesehatan berikut ini:

  1. Saat sahur usahakan untuk membatasi asupan teh dan kopi. Pasalnya, dua asupan tsb membuat metabolisme berjalan cepat. Sehingga cepat mendatangkan rasa haus meski tak terdehidrasi.
  2. Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang lambat dicerna dan memiliki serat yang tinggi. Contohnya gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian, nasi merah.
  3. Saat berbuka puasa dianjurkan untuk mengonsumsi kurma karena mengandung gula serat, karbohidrat, kalium dan magnesium. Dengan kurma, kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama puasa perlahan dipenuhi.
  4. Mengonsumsi pisang saat berbuka sangat baik bagi tubuh Anda, sebab pisang merupakan sumber kalium, magnesium dan karbohidrat.
  5. Batasi makanan yang digoreng saat berbuka, karena dapat meningkatkan sel-sel lemak dalam tubuh. Hal ini karena seorang yang sudah di usia lanjut cenderung memiliki keluhan penyakit yang disebabkan lemak, seperti penyakit jantung koroner dan hipertensi.
  6. Batasi makanan yang lebih cepat dicerna, seperti gula. Hal ini bisa cepat mendatangkan rasa haus ditengah Anda menjalani puasa nantinya.
  7. Konsumsi air atau jus buah antara berbuka puasa dan sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk menyediakan kebutuhan cairan dalam tubuh untuk Anda lancar beraktivitas esok harinya.
  8. Hindari terlalu banyak makanan es, karena memudahkan Anda kenyang. Dimana asupan makanan gizi yang lengkap akan menurun karena tak bisa masuk dalam tubuh.

Lingkungan yang tercemar, pola makan yang rendah serat, tinggi lemak, kebiasaan merokok, alkohol, bahkan narkoba, serta rendahnya aktivitas fisik mengakibatkan mudahnya terpapar berbagai penyakit dan menurunnya kualitas hidup. Sedangkan berpuasa merupakan upaya memperbaki diri secara fisik, psikis dan spiritual yang akan berdampak meningkatkan derajat kesehatan. Dengan berpuasa kualitas hidup akan meningkat, sekaligus bisa meningkatkan kualitas ibadah kita, yang berujung kepada diampuninya dosa-dosa kita oleh Allah SWT.

Demikian 16 Tips Persiapan Lahir Batin Untuk Puasa Sehat Berkualitas, semoga bermanfaat. Selamat melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan 1438 Hijriyah. Semoga amalan kita tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Aamiin…

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

2 thoughts on “16 Tips Persiapan Lahir Batin Untuk Puasa Sehat Berkualitas

  • 19 May 2017 at 10:29
    Permalink

    Dok.. Mau tanya??
    Saat berbuka puasa di anjurkan minum minuman yang hangat,, Sedangkan jus buah sangat bagus untuk pencernaan.
    Apa bisa dok.. Jus di konsumasi saat berbuka puasa.

    Dan minuman gang baik dikonsumsi saat sahur itu apa dok..

    Terima kasih

    Reply
    • 19 May 2017 at 11:09
      Permalink

      Jus buah atau es buah bagus saja untuk dikonsumsi saat berbuka, namun disarankan tidak langsung dikonsumsi saat perut masih kosong atau pas awal berbuka. Pas awal berbuka sebaiknya minuman hangat dulu, lalu kurma, setelah itu shalat maghrib dulu, baru konsumsi es buah atau jus buah. Ini dimaksudkan agar perut tidak kaget menerima makanan karena seharian kosong.
      Yang baik diminum saat sahur yaitu perbanyak air putih, jika perlu boleh ditambah susu.
      Terima kasih, semoga membantu.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...