4 Efek Samping Penggunaan AC Bagi Kesehatan

Siapa diantara teman-teman yang tidak pernah menggunakan AC atau Air Conditioner atau Penyejuk Udara atau Pendingin Ruangan? Ya kalau tidak di rumah, mungkin di kantor, di mall, atau mungkin pas naik mobil, atau bisa saja pas di kendaraan umum…tampaknya hampir semua tempat menggunakan AC ya. Namun tahukah Anda jika AC ada efek samping juga lo…mau tahu apa?

Seorang blogger muda dari Jakarta Utara bernama Rant Guswandi, mencoba berbagi ilmu yang didapatnya dari hobinya membaca dan menulis, tentang efek samping penggunaan AC bagi kesehatan. Anda bisa simak informasinya di bawah ini. Oya, Anda juga bisa lo berbagi informasi yang Anda punya seputar kesehatan atau gaya hidup yang dikaitkan dengan kesehatan, sekalian melatih keahlian menulis Anda…baca ketentuannya disini ya…


Setiap aktivitas sehari-hari yang kita lakukan entah itu bekerja di dalam suatu ruangan, berbelanja di mall sampai tidur di dalam kamar, tak bisa lepas dari Pendingin ruangan atau AC. Benda tersebut dibuat memang untuk menambah kenyamanan untuk kita, apalagi jika kita tinggal di daerah tropis seperti Indonesia ini yang terkadang  panas matahari yang menyengat membuat kita tidak nyaman.

Namun sadar kah kita? Bahwa selain menambah kenyamanan, ternyata penggunaan AC secara berlebihan dapat mengganggu kesehatan kita. Lalu apa saja kah efek samping dari penggunaan AC yang akan kita rasakan?

  1. Flu dan Pilek

Penyakit yang diakibatkan oleh virus ini memang sangat mengganggu. Menurut sumber yang diambil dari Detik, berdasarkan penelitian dari Cardiff University di Wales mengatakan kemungkinan ada kontribusi dari AC terhadap infeksi pernafasan.

Akibat dinginnya udara yang dihasilkan AC, maka akan berpotensi terhadap pengeringan selaput lendir di hidung dan mulut seseorang.

  1.  Mata Kering

Efek samping yang berdampak pada terlalu seringnya kita berada di ruangan ber-AC, dapat juga dirasakan oleh salah satu dari ke lima indera pada manusia ini, yaitu mata. Gejalanya dapat berupa gatal-gatal, mengeluarkan lendir, mudah iritasi dan mata terasa lelah. Dan biasanya, gangguan tersebut terjadi karena turunnya produksi cairan pada kelenjar mata yang pada akhirnya, mata menjadi kering.

  1. Mudah Lelah

Hal ini pun sering terjadi bagi anda yang bekerja di dalam ruangan yang ber-AC, apalagi jika  AC disetel dengan suhu yang rendah. Sel-sel imun yang ada di dalam tubuh kita akan menurun, sehingga menyebabkan penurunan kekebalan tubuh. Maka tak jarang, jika sebagian orang akan merasa mual disertai sakit kepala dan gangguan syaraf, hingga merasakan depresi jika berlama-lama di tempat yang ber-AC.

  1. Sesak Nafas

Kandungan zat kimia yang dihasilkan oleh AC memicu terjadinya gangguan pernapasan seperti rasa sesak di dada atau asma. Selain sesak nafas atau asma, gangguan pernapasan lainnya juga bisa saja timbul dari udara dingin AC seperti Rhinitis,  yaitu peradangan pada dinding lapisan hidung.

Dengan banyaknya penyakit yang bersumber karena pemakaian AC secara berlebihan, maka sudah seharusnya kita mencegahnya dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan cara merombak atau mendekorasi ulang tempat tinggal atau kantor tempat kita bekerja sehingga membuat kita nyaman dan sehat.

Seperti yang dikatakan oleh salah satu ahli arsitektur landskap lulusan University of Melbourne yang juga salah satu petinggi dari perusahaan penjualan atap pvc, Avantguard bahwa dengan memberikan ruang untuk membuat taman kecil dan memberikan ventilasi serta exhaust pada ruang-ruang tertentu, maka ruangan anda akan terasa sejuk tanpa menggunakan AC yang berkontribusi besar pada pemanasan global.

Siap mengurangi penggunaan AC pada tubuh kita?

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

4 thoughts on “4 Efek Samping Penggunaan AC Bagi Kesehatan

  • 9 February 2017 at 21:18
    Permalink

    Sepertinya memang perlu diminimalisir ya dok, lagipula, saat ini di jogjakarta cuaca nya agak sering hujan 🙂

    Reply
    • 10 February 2017 at 07:38
      Permalink

      Betul pak, seperlunya saja. Saya juga sekarang sudah betul-betul jarang menyalakan AC kecuali panas sekali hawanya. Ya sekalian ngirit listrik juga…hehehe

      Reply
    • 12 March 2017 at 06:41
      Permalink

      ya bolehlah masih pakai aircond, tapi secukupnya dan sewajarnya saja Mama…

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...