Cara Menghilangkan Jerawat dengan Perawatan Laser

Lagi-lagi kita akan membahas tentang jerawat, suatu noktah di wajah yang seringkali membuat kesal makhluk yang memiliki wajah berjerawat. Setelah sebelumnya menuliskan tentang Tips Atasi Jerawat Membandel, mas Imam Fahrudin (pemilik blog manfaatcaramengatasi.com) kembali mensharingkan informasi seputar perawatan wajah berjerawat berupa Cara Menghilangkan Jerawat dengan Perawatan Laser berikut ini. Oya, Anda juga bisa ikut mensharingkan informasi dan tips yang Anda miliki dengan menjadi penulis tamu di blog ini, silakan baca ketentuannya disini ya.


Jerawat tak jarang meninggalkan bekas yang sulit hilang di kulit wajah seperti flek hitam. Jerawat ataupun bekas jerawat sama-sama bisa mengganggu penampilan serta dapat menurunkan rasa percaya diri. Memang ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat yang bisa kita coba. Salah satunya adalah dengan menggunakan teknologi laser fractional. Laser ini mampu merangsang pembentukan zat kolagen kulit sehingga kulit yang tadinya ditumbuhi jerawat atau bekasnya akan tergantikan dengan kulit baru. Permukaan kulit pun akan terlihat lebih rata. Menarik, bukan?

Terdapat dua jenis perawatan kulit berjerawat dengan menggunakan laser, yaitu ablatif dan non-ablatif. Perawatan laser ablatif yaitu perawatan kulit wajah yang berjerawat dengan cara menembakan laser pada jerawat dan bekas jerawat sehingga kulit wajah kembali halus dan rata. Sedangkan perawatan kulit wajah berjerawat dengan menggunakan metode laser non-ablatif. Nah, untuk jenis perawatan dengan laser yang satu ini, laser akan membantu pengaktifan produksi kolagen pada sel-sel kulit.

Selain 2 jenis perawatan dengan laser di atas, ada juga jenis perawatan dengan laser lainnya yang juga efektif hilangkan jerawat dan bekas-bekasnya. Perawatan yang dimaksud dinamakan PDT (Photo Dynamic Theraphy). PDT ini adalah teknik laser jerawat yang mampu mengurangi jumlah mikroorganisme penyebab jerawat. Selain itu, PDT ini juga ampuh kurangi produksi minyak oleh kelenjar minyak yang terdapat pada kulit.  Cara menghilangkan jerawat dengan laser ini cukup mudah dan cepat prosesnya. Hanya saja harus dilakukan oleh dokter. Caranya, sinar laser didekatkan dengan bagian wajah yang ditumbuhi jerawat atau bekas jerawat. Tembakan laser ini nantinya akan langsung mengenai bakteri penyebab jerawat. Seketika bakteri tersebut akan mati dan jerawat pun berangsur hilang. Meski metode ini diklaim sebagai metode pengobatan yang efektif untuk hilangkan jerawat, sebagian besar dokter tetap menyarankan untuk menggunakan obat-obat lainnya untuk menghilangkan jerawat dan bekas-bekasnya (Baca khasiat Spirulina dalam Tips Atasi Jerawat Membandel). Artinya, tidak semata dengan metode tembak laser saja. Laser yang telah dikombinasikan dengan antibiotik dapat bekerja secara optimal untuk menghilangkan jerawat.

Pengobatan jerawat dengan menggunakan laser ini sebenarnya hanya tambahan saja, bukan terapi utama. Meski telah mendapatkan perawatan dengan laser, jerawat tidak dapat langsung hilang. Biasanya dokter akan menyertakan obat antibiotik yang dibuat dalam bentuk krim oles sebagai terapi utamanya. Nah, untuk jerawat yang telah mengalami peradangan berat, dokter biasanya akan menambahkan jenis obat kepada pasiennya, termasuk obat minum.

Tambahan informasi, tidak semua orang boleh mendapatkan terapi atau treatmen laser ini. Dokter harus melakukan analisa terlebih dahulu terhadap kulit wajah pasien yang akan mendapatkan terapi laser. Selain itu, dokter juga akan melihat kondisi jerawat pasien. Metode penghilangan jerawat dari kulit wajah juga tidak boleh dilakukan terlalu sering. Biasanya frekuensi yang dianjurkan yaitu dua minggu sekali dan frekuensi sebaiknya disesuaikan dengan berat-ringannya kasus. Baca juga Cara menghilangkan komedo dengan bahan alami.

Pada dasarnya perawatan kulit wajah yang berjerawat dengan menggunakan laser memiliki cara kerja sebagai berikut. Laser yang ditembakan akan menghancurkan lapisan kulit terluar (epidermis). Penghancuran lapisan kulit terluar dilakukan dengan cara memanaskan lapisan kulit yang ada di bawah lapisan epidermis. Metode ini tidak hanya efektif untuk hilangkan jerawat dan bekas-bekasnya saja, melainkan juga menetralisir kulit wajah. Nah, untuk cara treatmen laser lainnya yang berbeda, mungkin saja karena memang metode yang dilakukan berbeda. Selain cukup efektif untuk menghilangkan jerawat anda juga bisa menggunakan laser sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba metode perawatan kulit yang berjerawat yang satu ini? Pastikan Anda memilih klinik yang tepat dan terpercaya agar hasilnya juga memuaskan dan yang pasti aman untuk kulit wajah Anda.

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...