Tips Atasi Jerawat Yang Membandel

Jerawat adalah masalah yang cukup merepotkan dan menjadi salah satu musuh utama para remaja. Jerawat sebenarnya bukan masalah yang serius dan bisa dihilangkan dengan mudah asalkan prosedur yang dilakukan sesuai. Ada banyak cara menghilangkan jerawat yang bisa ditempuh misalnya dengan menggunakan bahan alami, obat jerawat, atau perawatan canggih seperti prosedur laser. Setiap metode memiliki tingkat keefektifan, manfaat, dan efek samping yang berbeda-beda. Contohnya menghilangkan jerawat dengan bahan alami memiliki efek samping yang ringan bahkan hampir tidak ada, tetapi prosesnya agak lama sehingga butuh kesabaran dan konsisten. Sedangkan menghilangkan jerawat dengan obat-obatan mungkin bisa memberikan efek yang langsung terlihat tetapi di sisi lain juga memberikan efek samping yang kadang cukup mengganggu.

Misalnya, jika obat yang kita pakai tidak cocok dengan kondisi kulit justru akan mengakibatkan masalah seperti bengkak, iritasi bahkan jerawat semakin parah, untuk itu selalu konsultasikan dulu ke dokter sebelum mengambil jenis obat jerawat yang hendak anda pakai.

Sedangkan Cara menghilangkan jerawat dengan prosedur laser diketahui memiliki tingkat keefektifan cukup tinggi tetapi biayanya cukup mahal, sekali perawatan anda mungkin akan mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah, itupun harus diulang beberapa kali. Belum lagi, menghilangkan jerawat dengan prosedur laser juga memberikan efek samping berupa kulit menjadi lebih sensitif sehingga anda harus menghindari sinar matahari secara langsung untuk beberapa hari.

Nah, jika anda tidak memiliki cukup uang untuk menghilangkan jerawat dengan laser dan tidak mau menggunakan obat kimia karena takut dengan efek sampingnya maka anda bisa menggunakan bahan alami. Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat, sebut saja putih telur, madu, minyak zaitun, tomat atau lemon.

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami

  1. Baking soda: Baking soda merupakan bahan yang paling sering digunakan untuk menghilangkan jerawat dan memiliki tingkat keefektifan cukup tinggi, meskipun bukan 100% bahan alami baking soda relatif aman selama anda tidak memiliki kulit sensitif. Caranya: Campur baking soda dengan air hingga memiliki tekstur seperti pasta. Jika sudah, balurkan ke kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10-15 menit, setelah itu bersihkan dengan air. Penggunaan baking soda mungkin akan membuat kulit anda terasa sedikit kurang nyaman untuk itu gunakan pelembab setelah melakukan cara ini.
  2. Lemon: Lemon bisa menjadi pilihan yang baik untuk menghilangkan jerawat karena mengandung banyak nutrisi yang bisa meringankan bahkan menghilangkan jerawat. Penerapan lemon secara rutin pada kulit wajah diketahui juga bisa menyamarkan flek hitam bekas jerawat. Caranya: Iris lemon menjadi dua bagian, Ambil airnya kemudian terapkan ke seleuruh kulit wajah anda terutama yang berjearwat. Diamkan hingga 15-20 menit setelah itu bersihkan dengan air.
  3. Madu: Bahan yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda, karena madu sudah sangat terkenal sebagai bahan perawatan kulit. Madu mengandung berbagai macam vitamin dan mineral penting yang dapat membantu menutrisi kulit dari luar. Sedangkan sifat anti bakteri dan antivirus yang dimiliki madu mungkin juga berperan besar dalam mengatasi jerawat. Cara pemakaiannya: Terapkan madu murni langsung ke kulit wajah anda secara merata, diamkan hingga 30 menit, setelah itu bersihkan dengan handuk yang dibasahi hingga benar-benar bersih. Untuk mendapatkan hasil maksimal anda juga bisa menambahkannya dengan kayu manis.
  4. Spirulina: Beberapa orang mungkin tidak asing dengan bahan spirulina ini. Spirulina adalah sejenis ganggang hijau yang memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Dengan kandungan gizi yang sangat tinggi dianggap mampu memberikan nutrisi pada tubuh tidak hanya diminum, juga untuk permukaan kulit. Saat akan melakukan masker wajah dengan spirulina, wajah dibasuh dulu dengan air hangat untuk membuka pori-pori dan mengeluarkan kotoran yang menempel, boleh juga ditambah dengan sabun muka. Kemudian spirulina yang sudah dalam bentuk kapsul dibuka dan dicampurkan dengan air hangat, lalu oleskan secara merata ke seluruh wajah, pertebal di bagian jerawat yang akan dibersihkan. Diamkan selama kurang lebih 10-15 menit, akan terasa kulit wajah Anda seperti ditarik, kemudian dibasuh dengan air dingin atau dibersihkan dengan lap basah. Terakhir oleskan es batu untuk menutup pori kulit. Lakukan proses masker ini secara rutin 2 kali sehari selama satu bulan. (ini tambahan dari admin, silakan tanya lebih lanjut lewat kolom konsultasi khusus, ada video cara masker spirulina yang benar).

Disamping mencari cara untuk menghilangkan jerawat ada baiknya juga anda melakukan pencegahan agar jerawat yang sudah hilang tidak meuncul kembali, beberapa tips berikut ini mungkin dapat membantu menghindarkan anda dari jerawat:

  1. Jangan sering gonta-ganti produk kecantikan: Mencari produk kecantikan yang cocok untuk kulit anda itu merupakan hal yang cukup baik karena dapat menyesuaikan dengan karakter kulit anda. Tidak semua produk kecantikan itu cocok untuk semua jenis kulit sehingga anda harus mengenali jenis kulit anda untuk memilih produk kecantikan yang sesuai dengan kulit anda.
  2. Jaga kebersihan kulit anda: Selain faktor hormon bakteri menjadi salah satu pemicu utama jerawat, untuk itu menjaga kebersihan kulit menjadi cara yang bagus untuk mencegah jerawat. Anda bisa menggunakan pembersih wajah, atau mencuci wajah dengan air bersih juga bisa membantu anda menghilangkan kotoran di permukaan kulit.
  3. Jaga kelembaban kulit: Anda bisa menggunakan bahan alami untuk menjaga kelembaban kulit anda, misalnya dengan menggunakan madu, masker pepaya, atau buah alpukat. Jika anda tidak mau repot, maka membeli pelembab bisa menjadi pilihan, sekali lagi pastikan produk yang akan anda terapkan di kulit wajah tersebut cocok dengan jenis kulit anda.

Demikian beberapa tips atasi jerawat yang membandel, semoga dapat membantu mengatasi masalah jerawat anda.

Tulisan diatas merupakan kiriman dari Mas Imam Fahrudin, seorang staf Tata Usaha di sebuah Madrasah Swasta di Tulungagung, yang juga pemilik blog manfaatcaramengatasi.com. Tulisan lain dari beliau bisa disimak di 10 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil. Anda juga bisa berpartisipasi menjadi penulis blog ini, simak ketentuannya disini.

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...