Waspadai 5 Gejala Penyakit Kelamin Pada Wanita Ini

Penyakit kelamin merupakan penyakit yang menyerang bagian reproduksi yang dapat menimbulkan gangguan tertentu. Penyakit kelamin dapat terjadi karena beberapa faktor antara lain pola hidup dan juga perilaku seksual. Dengan adanya gangguan pada alat kelamin, akan mempengaruhi hubungan seksual, kondisi kesehatan dan juga tingkat kesuburan anda. Untuk para wanita, penting bagi mereka untuk mengetahui gejala penyakit kelamin pada wanita agar nantinya dapat memprediksi kemungkinan mengalami penyakit kelamin tersebut dan dapat segera mengobatinya.

Berikut 5 gejala penyakit kelamin pada wanita yang perlu diwaspadai:

  1. Bartholinitis

Gejala penyakit kelamin pada wanita yang pertama yaitu Bartholinitis. Penyakit kelamin yang menyerang pada kelenjar Bartholin ini terjadi karena infeksi gonokokus dan juga bakteri. Kelenjar ini berada di lubang awal vagina yang berukuran kira-kira 1 cm yang berfungsi untuk pelumas saat anda berhubungan seksual. Walaupun penyakit kelamin ini tidak menular, namun gejala penyakit kelamin pada wanita ini menyebabkan vagina mengalami pembengkakan dan juga nyeri saat di raba. Jika tidak segera ditindaklanjuti, Bartholinitis ini dapat berujung kista yang dapat memperparah kesehatan organ vagina.

  1. Kandidiasis

Kandidiasis yaitu penyakit infeksi yang di sebabkan oleh jamur Candida. Gejala penyakit kelamin pada wanita yang satu ini diakibatkan oleh penggunaan pil KB dan kebiasaan menggunakan antibiotic. Kandungan  yang terdapat pada obat-obatan tersebut dapat mengubah suhu daerah di sekitar vagina sehingga jamur candida dapat berkembang secara cepat. Gejala lain yang ditimbulkan adanya jamur Candida ini antara lain, rasa gatal yang begitu hebat, keluarnya cairan putih yang kental, dan juga dapat menyebabkan infeksi saluran kemih.

  1. Kanker Serviks

Penyakit mematikan yang satu ini memang paling di takuti oleh kaum wanita. Gejala penyakit kelamin pada wanita yang di sebabkan oleh virus Human Pappiloma Virus (HPV) ini menyerang bagian leher rahim wanita.  Penyebab utama penyakit serviks antara lain, kurangnya menjaga kebersihan vagina, kebiasaan merokok, dan juga suka berganti-ganti pasangan. Ciri-ciri penderita kanker serviks yaitu, keputihan yang berlebihan yang juga disertai darah, merasakan sakit saat buang air kecil, nyeri saat berhubungan intim, dan juga mengeluarkan darah yang banyak saat siklus menstruasi.

  1. Trikomoniasis

Trikomoniasis merupakan penyakit kelamin wanita yang dapat menular melalui hubungan seksual yang di sebabkan oleh protozoa parasite. Jenis penyakit ini juga banyak di jumpai di berbagai dunia dan juga merupakan penyakit kelamin yang paling umum di alami oleh kaum wanita. Gejala penyakit kelamin pada wanita yang satu ini antara lain pada dinding vagina mengalami perubahan warna menjadi kuning kehijauan, berbusa dan berbau tidak sedap. Faktor pemicu adanya penyakit Trikomoniasis ini adalah menggunakan obat injeksi, sering berganti pasangan dan juga berhubungan intim dengan laki-laki yang sudah terinfeksi penyakit kelamin. Untuk mencegahnya, anda bisa menggunakan kondom saat berhubungan seksual.

  1. Sipilis

Sipilis atau raja singa merupakan penyakit kuno yang hingga saat ini masih ada masih ditemukan di banyak negara. Penyebabnya adalah bakteri Treponema pallidum. Penularan penyakit ini paling sering lewat hubungan seks, baik oral vaginal maupun anal, selain itu bisa juga lewat ibu hamil kepada bayi dalam kandungannya, penggunaan jarum suntik narkoba serta transfusi darah. Gejala sipilis yang paling sering adalah timbulnya luka pada area genital, mulut atau anus, luka ini timbul akibat dari kontak langsung dengan penderita sebelumnya. Gejala lain adalah munculnya ruam pada telapak tangan atau telapak kaki, suhu badan naik, demam, berat badan turun, kelelahan dan lain sebagainya. Sipilis merupakan penyakit kronis yang sangat berbahaya karena bisa menyerang banyak organ dalam tubuh manusia, cara yang paling mudah untuk menghindarinya adalah dengan setia kepada pasangan, penggunaan kondom bisa juga meminimalisir resiko tertular penyakit ini.

Itulah beberapa gejala penyakit kelamin pada wanita. Menjaga kesehatan organ vagina memang hal yang paling penting. Jagalah selalu kebersihan organ intim anda agar penyakit kelamin tidak selalu mengintai. Termasuk jika menggunakan pembalut, gunakan pembalut yang sudah direkomendasikan kesehatannya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari Saudara Lulu Sofi, seorang Founder Denature Indonesia Herbal dari Majenang Cilacap. Anda juga bisa berpartisipasi menjadi penulis blog ini, simak ketentuannya disini.

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...