Bolehkah Ibu Hamil Makan Buah Durian?

Posting bagian 12 dari 14 bagian dalam seri Kehamilan dan Problematikanya

King Of Fruit adalah julukan yang paling tepat terhadap buah yang satu ini yaitu buah durian. Sering kali ketika tiba musimnya buah durian menjadi incaran setiap orang, meski harganya yang lumayan mahal tetapi dengan rasanya yang lezat tentu hal tersebut tidak akan dipermasalahkan. Apalagi jika pada seorang ibu hamil yang ngidam ingin makan buah durian. Tentu akan ada kekawatiran terhadap perkembangan janin ibu hamil. Banyak ibu hamil yang sebenarnya masih takut untuk mengonsumsi buah yang satu ini. Alasannya yang paling umum adalah takut si jabang bayi dalam kandungan akan kepanasan atau pun mengganggu proses perkembangan janin. Benarkah demikian?

(Baca juga Serial Artikel Tentang Kehamilan dan Problematikanya)

Mungkin mitos tersebut masih beredar pada saat ini, namun tidak ada penelitian yang memastikan bahwa jika seorang ibu yang sedang mengandung dilarang mengonsumsi durian, tetapi tentu ada aturan-aturan yang perlu diperhatikan. Berikut ini artikel dari blogger tamu dokternasir.web.id, Rigaini Afgan (pemilik blog kesehatanzuzula.com) mensharingkan informasinya untuk Anda. Anda juga bisa ikut menyumbangkan pengetahuan Anda disini, simak ketentuannya di laman Nulis Yuk.

Durian atau dalam bahasa latinnya adalah Durio zibethinus ini memiliki banyak kandungan baik terhadap kesehatan. Namun jika terlalu berlebihan maka akan berdampak buruk terhadap tubuh. Lalu apa saja kandungan dalam buah durian ini, mari kita simak:

Kandungan Buah Durian:

  1. Karbohidrat; Karbohidrat adalah salah satu kandungan yang terdapat dalam buah durian. Ketika kebutuhan karbohidrat bagi tubuh telah tercukupi, maka akan bermanfaat sebagai pelancar metabolissme tubuh dan juga mampu melindungi jaringan sel.
  2. Magnesium; Magnesium merupakan salah satu zat yang dapat membantu mengatur kadar gula atau glukosa dalam darah sehingga meminimalisir terjadinya diabetes.
  3. Fosfor; Kandungan fosfor yang terdapat dalam buah durian juga sangat baik terhadap system organ tubuh salah satunya mampu menjaga fungsi syaraf.
  4. Potassium; Kandungan potassium ini dipercaya mampu mengatur keasaman dalam tubuh agar selalu seimbang dan memperbaiki kembaliĀ  fungsi ginjal.
  5. Lemak; Buah durian juga memiliki kandungan lemak yang dapat difungsikan menjadi pengganti sumber energy tubuh ketika seseorang dalam keadaan dehidrasi.
  6. Asam Amino; Asam amino yang terdapat dalam buah durian ini menjadi salah satu zat asam yang membantu mengatasi masalah insomnia dan juga menjadikan syaraf lebih sehat.
  7. Serat; Serat berfungsi sebagai pelancar system pencernaan dan mampu menghambat pembentukan batu ginjal ataupun batu empedu.
  8. Zat Besi; Tentu kita semua tahu bahwa tubuh seharusnya memerlukan zat besi yang cukup agar melindungi fungsi otot dan secara cepat zat besi akan membantu pembentukan hemoglobin dalam tubuh.
  9. Asam folat; Selain kandungan asam amino terdapat juga kandungan zat asam folat pada buah durian yang mana memiliki fungsi sebagai pengolah sel-sel baru yang telah mengalami kerusakan pada darah.
  10. Flavonoid; Flavonoid adalah zat yang dapat mengatasi radikal bebas dan berfungsi sebagai antioksidan.
  11. Kalsium; Kalsium merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tulang agar menambah kepadatan, kekuatan tulang dan juga persendian. Selain itu juga menambah ion kalsium di seluruh aliran darah. Baca juga: Sembilan Cara Cegah Osteoarthritis
  12. Protein; Beberapa fungsi protein diantaranya ialah menjaga daya tahan pada kulit, mengangkut oksigen dalam otot dan sebagainya.

Manfaat yang didapat sebetulnya cukup banyak ya, namun apakah durian boleh dikonsumsi oleh ibu hamil? Ternyata perlu di ingat bahwa ada beberapa kandungan dalam buah durian yang jika dikonsumsi terlalu banyak akan berbahaya bagi janin ibu hamil. Apa saja kandungan itu?

  1. Alkohol; Durian memiliki kandungan alcohol yang jika terlalu banyak di konsumsi khawatir akan menyebabkan perkembangan janin akan terganggu, berakibat kelahiran prematur sehingga bayi yang lahir memiliki bobot yang kecil.
  2. Asam Arachidonat; Zat ini merupakan senyawa prostaglandin dimana jika terlalu banyak di konsumsi memicu kontraksi sehingga berakibat keguguran kandungan, kelahiran prematur di trimester akhir.

Jadi kesimpulannya, seorang ibu hamil yang mengonsumsi buah durian masih diperbolehkan asal masih dalam batas wajar. Namun jika sudah dalam jumlah yang banyak itu akan menjadi bahaya bagi janin ibu hamil. Yang paling aman ya baca aja 10 makanan sehat untuk ibu hamil disini.

Sekian informasi kesehatan tentang bolehkah ibu hamil makan buah durian kali ini semoga bermanfaat, terimakasih.

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

Series Navigation<< 10 Makanan Sehat Untuk Ibu HamilMemahami Jendela Masa Subur Agar Program Hamil Sukses >>

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...