10 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Posting bagian 11 dari 14 bagian dalam seri Kehamilan dan Problematikanya

Memiliki anak setelah menikah merupakan impian banyak wanita di seluruh dunia. Banyak dari wanita yang harus menunggu hingga bertahun-tahun untuk mendapatkan momongan, maka dari itu bagi wanita hamil harus menjaga kesehatan kehamilan mereka untuk memastikan bayi lahir dengan sehat. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memastikan kesehatan ibu dan bayi adalah dengan memilih makanan sehat. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Ikan salmon. Siapa yang tidak mengenal manfaat ikan yang satu ini? Ikan salmon adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan otak, sehingga ibu hamil harus banyak mengkonsumsi ikan yang satu ini. Selain ikan salmon, makanan tinggi omega-3 lain juga bisa menjadi pilihan yang layak untuk membantu perkembangan otak si kecil.
  2. Buah alpukat. Alpukat dikenal sebagai buah untuk diet sehat karena mengandung tinggi serat yang berguna melancarkan pencernaan yang pada gilirannya akan menjaga kestabilan berat badan. Bagi ibu hamil, buah alpukat dapat membantu memenuhi kebutuhan asam folat karena buah ini sangat tinggi asam folat. Selain asam folat, alpukat juga sumber lemak baik yang bermanfaat menjaga kesehatan jantung anda.
  3. Brokoli. Sayur silangan ini memang tidak pernah berhenti menebar sensasi, khususnya dalam hal kandungan nutrisi. Brokoli mengandung tinggi protein yang dibutuhkan tubuh untuk membuat sel darah merah. Sedangkan kandungan vitamin C dalam brokoli akan melindungi ibu dan bayi dari serangan bakteri. Untuk itu, pastikan sayuran ini masuk dalam daftar sayuran sehat untuk kehamilan anda.
  4. Bayam. Ada banyak alasan bagi ibu hamil untuk banyak makan buah dan sayur, salah satunya adalah mereka sumber vitamin dan mineral penting. Dalam bayam terdapat zat besi yang merupakan mineral utama pembentuk sel darah merah berasama dengan protein. Belum lagi bayam juga sumber asam folat sehingga ibu hamil wajib mengkonsumsinya.
  5. Buah pisang. Pisang diperkaya dengan kalium yang berguna menurunkan tekanan darah tinggi. Beberapa ibu hamil mengalami sindrom tekanan darah tinggi sehingga buah pisang sangat baik untuk mereka konsumsi. Terlebih makanan ini juga sumber vitamin B6 yang bisa memberikan energi bagi ibu hamil untuk menjalani aktivitas sehari-hari.
  6. Telur. Jika anda membutuhkan makanan sehat bagi ibu hamil, cobalah dengan mengkonsumsi telur. Telur adalah makanan dengan padat akan nilai gizi, dimana di dalamnya terdapat zat besi, kalsium, vitamin D, kolin dan asam folat. Perlu diingat, pastikan anda memasak telur dengan benar karena telur setengah matang tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil.
  7. Ubi jalar. Ubi jalar adalah kelompok umbi-umbian yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kandungan utama dari ubi jalar adalah serat dan betakaroten. Betakaroten dalam ubi jalar dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata bayi, sehingga saat sang ibu mengkonsumsi makannan ini kemungkinan sang bayi akan terhindar dari masalah penglihatan di kemudian hari.
  8. Kacang-kacangan. Jika anda tidak memiliki alergi dengan berbagai jenis kacang, maka mereka adalah makanan yang baik untuk anda konsumsi selama hamil. Kacang mengandung tinggi vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan ibu dan bayi. Beberapa kacang yang bisa anda jadikan menu sehat saat hamil diantaranya: Kacang Almond, kacang tanah, mete dan pinto.
  9. Jus jeruk. Jeruk adalah buah menyegarkan dengan rasa asam manis yang sangat unik. Buah ini diperkaya dengan Vitamin B9 (asam folat) dan vitamin C. Asam Folat sangat dibutuhkan selama kehamilan untuk mengurangi risiko bayi lahir cacat. Sedangkan vitamin C berguna meningkatkan sistem imun ibu hamil, dimana dalam keadaan hamil seorang wanita memiliki pertahnan yang lemah terhadap penyakit.
  10. Air kelapa hijau: Manfaat air kelapa hijau sudah tidak diragukan lagi bagi kesehatan. Air kelapa adalah minuman elektrolit yang menyediakan nutrisi penting bagi kesehatan kita, tidak terkecuali bagi ibu hamil. Di dalam air kelapa khususnya kelapa hijau mengandung banyak mineral penting seperti kalium yang berguna menurunkan tekanan darah tinggi secara alami. Dalam keadaan hamil, seorang wanita sangat membutuhkan nutrisi seperti yang terkandung dalam air kelapa.

Demikian 10 makanan sehat untuk ibu hamil, tulisan diatas merupakan kiriman dari Mas Imam Fahrudin, seorang staf Tata Usaha di sebuah Madrasah Swasta di Tulungagung, yang juga pemilik blog manfaatcaramengatasi.com. Anda juga bisa berpartisipasi menjadi penulis blog ini, simak ketentuannya disini.

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

Series Navigation<< 6 Tips Ampuh Agar Cepat HamilBolehkah Ibu Hamil Makan Buah Durian? >>

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...