8 Buah dan Sayuran Sehat Pencegah Osteoporosis

Osteoporosis saat ini masih menjadi momok yang menakutkan bagi kalangan yang memang memperdulikan kesehatan tubuh mereka. Bukan hanya persoalan tulang belulang, juga menjadi masalah kesehatan tubuh, karena jika seseorang terkena osteoporosis, maka lebih dari 100 penyakit lain akan muncul. Berikut ini adalah paparan seorang muda, Jatmiko Pebriansyah, pemilik blog TanyaApoteker.com, yang membagikan informasi tentang makanan buah dan sayuran yang bisa mencegah osteoporosis. Anda juga bisa berpartisipasi mengirim tulisan Anda lho, caranya silakan meluncur kesini.


Osteoporosis merupakan salah satu penyakit tulang yang paling ditakuti. Osteoporosis bisa mengakibatkan masalah tulang yang sangat serius seperti nyeri tulang yang sangat parah, tubuh membungkuk, hingga patah tulang. Karena itulah, perlu penanganan dan nutrisi khusus agar tubuh kita ini bisa terhindar dari osteoporosis.

Nah, di artikel kali ini akan dipaparkan beberapa buah dan sayuran alami yang bermanfaat untuk mencegah penyakit osteoporosis. Sebelum itu, Anda bisa membaca terlebih dahulu mengenai apa itu osteoporosis, gejala, dan juga siapa yang berisiko terkena osteoporosis di artikel yang berjudul-Osteoporosis, si penyakit tulang yang menakutkan.

Kembali ke topik utama, berikut ini saya sajikan 8 buah dan sayuran sehat pencegah penyakit osteoporosis.

Wortel

Makanan kesukaan kelinci ini ternyata bermanfaat untuk mencegah osteoporosis lho. Wortel memiliki kandungan kalsium, fosfor, dan juga fitosteron yang berfungsi untuk menjaga kepadatan masa tulang. Mengkonsumsi wortel secara rutin, akan membantu memelihara kesehatan tulang Anda, sehingga terhindar dari bahaya osteoporosis.

Brokoli

Brokoli bukan hanya kaya akan antioksidan yang bisa membuat kita awet muda, melainkan juga kaya akan kandungan indole yang dapat meningkatkan sekresi estrogen yang dibutuhkan dalam memelihara masa tulang. Selain itu, brokoli juga tinggi mineral, kalsium, kandungan vitamin C, E, dan Karoten.

Bayam

Bayam merupakan sayuran dengan kandungan zat besi yang cukup tinggi. Selain itu,  bayam juga mengandung vitamin C, A, kalsium, kalium, dan boron. Kalsium dan boron merupakan dua kandungan yang paling bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Konsumsi bayam secara rutin tentu akan menghindarkan Anda dari masalah kesehatan tulang termasuk osteoporosis.

Kubis

Kubis mengandung vitamin C, A, dan B1 yang cukup tinggi. Selain itu juga mengandung berbagai jenis mineral seperti kalsium, kalium, fosfor, dan boron. Bagian kubis yang memiliki kandungan kalsium paling tinggi adalah bagian luarnya yang berwarna hijau. Kandungan kalsium yang terdapat di bagian luar kubis ini sekitar 40% lebih banyak dibanding bagian dalamnya. Selain kandungan kalsium yang tinggi, kubis juga mengandung fitosteron dan isoflavon yang berperan untuk mencegah osteoporosis.

Kacang Kedelai

Kacang kedelai merupakan sumber mineral kalsium dan fosfor. Di samping itu juga mengandung fitosteron yang cukup tinggi. Kacang kedelai dapat dibuat menjadi susu kedelai yang nantinya bisa ditambahkan ke dalam jus buah atau sayur. Kacang kedelai juga bisa menjadi salah satu alternatif terbaik sebagai bahan makanan pencegah osteoporosis.

Tomat

Tomat mengandung likopen yang berfungsi sebagai gen antikanker. Selain sebagai pencegah kanker yang bagus, tomat juga dapat digunakan untuk mencegah penyakit osteoporosis. Ini karena tomat memiliki kandungan boron dan fitosteron yang cukup tinggi. Selain itu tomat juga mengandung sejumlah besar asam sitrat yang dapat bermanfaat untuk mendetoksifikasi asam urat berlebih dalam tubuh.

Kangkung

Kangkung merupakan golongan sayuran hijau yang kaya manfaat. Kangkung mengandung kalsium dan fosfor dalam jumlah yang cukup banyak. Kedua kandungan ini dapat mencegah munculnya masalah kesehatan tulang seperti osteoporosis.

Cabai

Siapa yang tidak kenal cabai ? Masyarakat Indonesia pasti akrab sekali dengan cabai. Bahkan hampir setiap hari cabai selalu ada dalam menu masakan kita. Cabai ini ternyata bisa digunakan untuk mencegah osteoporosis loh, ini karena cabai memiliki kandungan fitosteron dan boron yang cukup tinggi. Selain itu cabai juga kaya akan vitamin C yang sangat bagus untuk menjaga daya tahan tubuh.

Nah, itulah beberapa buah dan sayuran sehat yang bisa kita gunakan untuk mencegah osteoporosis. Selain beberapa buah dan sayuran pencegah osteoporosis diatas, Anda juga masih bisa mendapatkan referensi makanan sehat untuk mencegah osteoporosis di artikel-Tujuh makanan sehat untuk mencegah osteoporosis. Nah, itu saja semoga bermanfaat.

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

2 thoughts on “8 Buah dan Sayuran Sehat Pencegah Osteoporosis

  • 23 January 2017 at 16:28
    Permalink

    Harus makan berapa banyak perharinya agar manfaatnya terasa di dalam tubuh untuk osteoporosis?

    Reply
    • 24 January 2017 at 02:28
      Permalink

      Untuk melakukan perbandingan, sebaiknya sebelum memulai diet buah dan sayur, lakukan dulu cek Bone-Mass-Index, kemudian tetapkan mau makan apa dan berapa banyak perharinya. Jadwalkan setiap bulan untuk melakukan cek Bone-Mass-Index lagi untuk mengetahui perkembangannya. Jika perkembangannya agak lambat tentu dosisnya bisa ditambah. Jika merepotkan, saya sih menyarankan langsung minum suplemen Tiens Nutrient High Calcium Powder saja, tidak sampai seminggu juga insyaAllah sudah terasa manfaatnya.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...