6 Tips Ampuh Agar Cepat Hamil

Posting bagian 10 dari 12 bagian dalam seri Kehamilan dan Problematikanya

Kembali ke masalah susah hamil, sebelumnya saya sudah menuliskan tentang 5 Tips Agar Bisa Hamil, baru saja saya dapat kiriman tips menarik dari Bang Jatmiko Pebriansah, pemilik blog TanyaApoteker.com. Semoga informasinya bermanfaat buat semua pasangan ingin cepat punya momongan.


Setiap pasangan pasti ingin mempunyai buah hati, namun terkadang keinginan mereka menjadi sebuah angan-angan yang susah untuk diwujudkan.

Apa masalahnya ? Kenapa susah hamil ? Bagaimana cara agar cepat hamil ?

Itulah contoh sederet pertanyaan yang sering kali ditanyakan oleh banyak sekali pasangan suami istri. Ironisnya dibalik banyaknya pasangan yang menginginkan untuk mempunyai buah hati, masih ada saja orang yang tidak bertanggung jawab dengan seenaknya membuang anak mereka.

Dari banyaknya kasus pembuangan bayi di indonesia, bisa kita lihat betapa nestapa negeri ini. Meskipun pembuangan bayi didasari dengan alasan-alasan yang masuk akal seperti hasil hubungan gelap, atau karena tidak jelas ayahnya, tapi tetap saja haram untuk melakukan hal seperti itu.

Untuk dapat mempunyai buah hati, yang pasti harus ada ikhtiar (usaha) yang tidak mudah. Tapi jika sudah terus berusaha tetapi tetap sulit untuk mendapatkan keturunan, kemungkinan ada masalah internal yang harus segera diketahui untuk segera dicari solusinya.

Kejadian sulit hamil bagi pasangan suami istri biasanya disebabkan beberapa faktor diantaranya adalah waktu saat berhubungan intim dan waktu kesuburan serta kualitas sperma dari pihak pria.

Banyak wanita yang terkadang bingung menghitung masa suburnya yang menyebabkan gagalnya proses pembuahan. Karena itulah penting bagi pasangan terutama pihak wanita  untuk benar-benar paham mengenai penentuan masa subur agar dapat memberikan hasil yang baik.

Berikut ini beberapa hal yang menjadi faktor sulitnya memperoleh keturunan…

Hubungan Intim Diluar Masa Subur

Waktu subur terjadi diantara waktu siklus menstruasi terpanjang dikurangi 11 hari dan waktu siklus menstruasi terpendek dikurangi 17 hari. Selain itu dengan tes urin penentuan masa subur juga bisa dilakukan yaitu menggunakan alat yang bernama alat penanda kesuburan. Alat ini mengukur hormon LH yang cukup tinggi pada saat sel telur akan terbentuk. Lebih akurat lagi jika dengan pemeriksaan air liur dan lendir pada vagina (dengan menggunakan Mikroskop).

Rendahnya Kualitas Sperma

Sulit hamil bisa disebabkan karena rendahnya kualitas sperma yang dimiliki pihak pria. Kondisi sperma yang mudah mati serta pergerakannya yang lambat akan menyebabkan sulit untuk mencapai pembuahan yang sempurna. Sperma dengan kondisi yang buruk ini dialami oleh 30-35 % dari seluruh pasangan yang menjalani pengobatan kesuburan.

Apa Sih Yang Membuat Kualitas Sperma Jadi Buruk ?

Gaya hidup, kebiasaan, dan pekerjaan anda punya pengaruh besar dalam menentukan kualitas sperma yang anda miliki. Gaya hidup tidak sehat seperti kurang berolahraga dan makan makanan yang serba instan menyumbang secara signifikan terhadap kualitas sperma. Kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol juga punya efek yang tidak baik terhadap kualitas sperma. kondisi emosional seperti stres dan kekhawatiran saat berhubungan intim dapat pula menjadi masalah pada beberapa pasangan dan konsultasi psikoseksual mungkin diperlukan untuk mengatasinya. Sering tidur malam karena tuntutan pekerjaan juga berpengaruh terhadap kualitas sperma yang anda miliki.

Bagaimana Solusinya Jika Sperma Saya Buruk ?

Jika anda merasa kondisi sperma anda kurang baik untuk bisa melakukan pembuahan maka sebaiknya lakukan analisis sperma untuk mengobati Infertilitas (ketidaksuburan). Perlu diketahui bahwa sperma memerlukan waktu total 120 hari untuk berkembang berkembang dan perubahan hasil analisis sperma hanya dapat dilihat setelah 2-3 bulan dari tes sebelumnya.

Kenapa Sperma Tidak Keluar Saat Bersenggama ?

Tidak adanya sperma yang keluar atau tidak adanya sperma yang aktif dapat disebabkan karena infeksi dan sperma harus dikeluarkan secara langsung dari kantung sperma dengan jalan operasi. Kerusakan pada kantung sperma atau kerusakan pada kromosom kadang-kadang sering  dijumpai sebagai penyebab sperma tidak mau keluar.

Usia

Usia akan mempengaruhi kesuburan seseorang, wanita yang memiliki usia lebih dari 40 tahun akan memiliki jumlah sel telur kurang sehat dan lebih rendah sehingga apabila mengalami kehamilan di usia ini akan berisiko keguguran yang lebih tinggi.

Adanya Penyakit Tertentu

Meskipun tidak semua pasangan yang sulit punya keturunan menderita penyakit tertentu seperti kanker atau endometriosis. Tetapi hal ini perlu diketahui dengan melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter. Kanker vagina atau serviks bisa saja membuat seorang wanita jadi sulit mendapat momongan.

Setelah mengetahui berbagai penyebab susah hamil, pasti anda akan bertanya solusi atau tips khusus agar bisa cepat mendapatkan momongan. Nah, kebetulan saya punya solusi yang ampuh dalam mengatasi masalah sulit mendapatkan keturunan ini.

Apa solusinya ?

Dibawah ini saya berikan sedikit tips yang sangat penting agar Anda bisa cepat mendapat momongan.

1.Perbaiki kualitas hubungan seksual anda

Caranya adalah dengan melakukan hubungan seks di fase-fase subur. Karena dengan fokus intim di masa subur, maka kehamilan akan kian cepat terwujud.

2.Perhatikan kondisi vagina

Kondisi keasaman vagina haruslah diperhatikan. Meskipun sepele, tapi hal ini ternyata berpengaruh besar terhadap proses fertilasi (pembuahan). Keputihan dan vagina yang asam akan membuat spermatozoa tidak dapat ” bereaksi ” secara sempurna. Jadi meskipun terjadi hubungan seks yang dahsyat, kehamilan belum tentu sukses. Saran saya, jagalah kebersihan vagina anda dan jangan gunakan sabun atau bahan lain yang bisa mengiritasi vagina anda. Jangan lupa pilih pembalut vagina yang tepat dan sehat serta hindarkan vagina dari keputihan.

3.Rileks saat berhubungan intim

Kalau anda terlalu tegang dalam berhubungan suami istri karena tujuannya hanya ingin hamil, justru akan membuat keintiman tidak menjadi hal yang menyenangkan. Lakukan saja hubungan seks dengan rileks dan gembira .

4.Lakukan senam kegel agar keintiman makin nikmat

Senam kegel bisa membantu melatih otot vagina dan meningkatkan kemampuan seksualitas. Bagi pria hal ini, juga bisa memperkecil ejakulasi dini dan memperbaiki kualitas sperma.

5.Jangan langsung berdiri setelah suami ejakulasi

Ketika suami mencapai ejakulasi (mengeluarkan sperma) di dalam vagina, sebaiknya pihak istri jangan langsung berdiri. Tetaplah berbaring agar sperma tidak keluar seluruhnya, lakukan fase afterplay dengan nyaman, bicara dengan pasangan atas kenikmatan yang baru saja terjadi dan sedikit evaluasi untuk intim berikutnya akan sangat membantu.

6.Konsumsi asam folat & Produk susu tinggi lemak

Menurut rekomendasi perempuan diatas usia 19 tahun memerlukan 400 mikrogram asam folat perharinya. Jika anda sedang berusaha memiliki momongan keperluan asam folat meningkat menjadi 600 mikrogram perhari.

Perlu diingat …

Bukan hanya istri yang harus memperhatikan asupan asam folat namun juga suami, karena asam folat dapat membantu memproduksi sperma yang sehat. Susu tinggi lemak seperti susu full cream, yoghurt, es krim dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya kehamilan. Tetapi jangan kebablasan. Jika sudah positif hamil sebaiknya kurangi konsumsi produk susu yang tinggi lemak.

Nah, itu saja tips dari saya mengenai tip agar cepat hamil. Semoga bisa membantu Anda dan saya doakan agar Anda yang ingin punya momongan, segera mungkin akan mendapatkannya. Aminnn…

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

Series Navigation<< Tips Memilih Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda10 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil >>

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...