4 Cara Alami Menghilangkan Komedo Anda

Anda punya komedo di wajah? Biasanya semakin kita sering berkeringat, sering makan makanan berminyak, bahkan sering mengalami stress, pasti komedo Anda makin terasa tebal, betul ya? Nah, seorang blogger bernama Rigaini Afgan dari Kalimantan Tengah, pemilik blog kesehatanzuzula.com akan membagikan informasi dan tips menghilangkan komedo untuk Anda. Anda juga dapat ikut menjadi penulis tamu di dokternasir.web.id, silakan baca ketentuannya disini. Saya tunggu ya.


Tips kesehatan dan Kecantikan – Komedo memiliki 2 jenis yaitu komedo tertutup seperti tonjolan putih pada bawah kulit yang sering disebut whitehead dan komedo terbuka atau blackhead, kedua jenis ini memiliki perbedaan tersendiri. Beberapa orang menganggap komedo sama saja hal nya dengan jerawat. Tetapi pada dasarnya komedo sangatlah berbeda meskipun sama-sama menonjol dan yang membedakan keduanya adalah jerawat bersifat meradang sedangkan komedo tidak. Pada komedo whitehead akan tampak seperti benjolan kecil di bawah kulit yang terbentuk akibat lapisan kulit ari yang tersumbat oleh lemak dan kotoran. Sedangkan pada komedo blackhead jika dilihat tampak seperti pori-pori kulit yang membesar dan berwarna gelap, komedo ini disebabkan oleh adanya oksidasi terhadap udara.

Hal-hal yang juga memicu munculnya komedo antara lain ialah:

  • Makanan berminyak

Makanan yang kita konsumsi sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit kita. Contohnya adalah makanan yang berlemak atau yang bercita rasa manis. Jika diamati ketika kita sendiri sering mengonsumsi makanan yang berlemak seperi gorengan dan lainnya maka komedo bahkan jerawat akan cepat bermunculan di wajah kita. Segera hentikan mengonsumsi makanan yang berminyak secara berlebih dan tambah asupan gizi dan nutrisi seperti buah-buahan dan sayuran.

  • Akibat kafein dan alkohol

Jika terlalu sering mengonsumsi kafein dan alkohol maka akan berdampak pada kondisi kulit anda. Khususnya alkohol setidaknya anda dapat menghentikan atau mengurangi mengonsumsi apa saja yang mengandung alkohol, selain pada kerusakan kulit, dampaknya terhadap tubuh juga sangat tidak baik. Kenapa mengonsumsi kafein menjadi salah satu penyebab komedo? Dikarenakan kafein yang terkandung pada kopi akan merangsang produksi kelenjar minyak secara berlebih dan berkali lipat daripada biasanya.

  • Ketidakseimbangan Hormon

Jika seseorang memiliki kadar testosteron yang tinggi maka akan cepat dan mudah ditumbuhi komedo maupun jerawat. Hal ini disebabkan oleh adanya peningkatan rangsangan terhadap aktivitas kelenjar sebaceous sehingga membuat produksi sebum atau keringat menjadi lebih meningkat.

  • Kekurangan cairan tubuh

Minum air putih memiliki dampak yang sangat positif terhadap tubuh. Selain baik untuk kesehatan ginjal, air putih juga sangat bagus dan membantu kulit menjadi lebih sehat dan lembab.

Selain 4 penyebab komedo di atas ada beberapa faktor seperti stress, merokok, wajah yang kotor, bekas make up dan lingkungan. Hal-hal semacam ini juga memungkinkan komedo tersebut bermunculan di wajah anda. Jadi dengan membiasakan diri untuk selalu menjaga kebersihan serta menjadikan pola hidup sehat itu sangatlah penting untuk kesehatan kulit bahkan tubuh kita untuk kedepannya. Mungkin anda telah bertanya-tanya apakah ada cara alami yang murah dan terbukti ampuh untuk menghilangkan komedo secara alami. Nah, pada artikel kali ini akan di jelaskan bagaimana cara menghilangkan komedo secara alami.

Cara-cara menghilangkan komedo di wajah secara alami:

  1. Menggunakan Pepaya

Pepaya dipercaya mampu mengatasi masalah apa saja terhadap kulit salah satunya adalah komedo. Caranya pepaya terlebih dahulu dihaluskan. Kemudian jadikan pepaya yang telah halus menjadi masker wajah dengan cara mengoleskannya secara merata pada wajah. Tunggu hingga beberapa menit. Silahkan bersihkan jika dirasa sudah cukup.

  1. Menggunakan Ekstrak Lemon

Lemon yang sudah siap tinggal di ambil ekstraknya dengan cara memerasnya kemudian campurkan minyak gliserin dan almond secukupnya dan aduk hingga merata. Tinggal aplikasikan ketiga bahan tersebut pada kulit wajah anda yang berkomedo. Diamkan saja beberapa menit lalu bersihkan dengan air. Jika ingin hasil yang maksimal lakukan cara ini dengan rutin dan konsisten.

  1. Putih Telur

Kali ini kita akan memanfaatkan putih yang terdapat dalam telur. Karena yang kita gunakan hanya putihnya saja maka anda perlu memisahkan nya terlebih dahulu bisa dengan menggunakan botol atau apa saja. Selanjutnya anda perlu mengaduk putih telur sampai berbusa. Setelah siap tinggal oleskan putih telur pada area wajah yang berkomedo secara merata. Diamkan beberapa saat sampai mengering sekitar 20 menit. Terakhir anda perlu membilas dengan air bersih atau dingin.

  1. Lidah buaya

Banyak dari mereka yang tidak tahu bahwa gel dari lidah buaya ini ampuh untuk mengatasi penyakit kulit seperti komedo karena pada umumnya lidah buaya hanya dikenal sebagai bahan alami untuk kesehatan rambut saja. Langsung saja untuk cara melakukannya adalah, ambil lidah buaya secukupnya belah pada bagian tengahnya ambil gelnya saja tanpa tercampur dengan bagian getah nya karena akan membuat kulit menjadi gatal. Jika sudah oleskan pada komedo yang ingin dihilangkan dan diamkan sekitar 15-20 menit kemudian bilas.

Itulah beberapa tips tentang cara menghilangkan komedo secara alami dari saya semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

One thought on “4 Cara Alami Menghilangkan Komedo Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...