Mau Pakai Jasa Desain Rumah Online? Baca Dulu Nih!

Pasti ada saatnya dimana kita harus memikirkan tentang rumah. Pasti juga Anda tidak sekedar memilih dan membeli rumah, ada waktunya Anda ingin memiliki rumah yang nyaman dan sesuai dengan selera atau impian Anda. Seorang arsitek sekaligus blogger bernama Satriyo Widagdo memaparkan ide briliannya tentang jasa desain rumah online untuk Anda melalui tulisannya berikut ini. Oya, Anda juga bisa menyumbangkan ide tulisan Anda di dokternasir.web.id, silakan baca ketentuannya di Laman Guest Blogger ya. Saya tunggu…


Jika anda masih lajang tentu akan lebih ideal juga sudah punya rumah sendiri. Jika anda barusan menikah maka mau tidak mau harus mulai memikirkan punya rumah. Atau jika anda sudah berkeluarga dengan mapan dan punya anak, mungkin akan terbersit juga keinginan untuk mengembangkan rumah yang sudah ada menjadi lebih baik dan lebih nyaman.

Jika anda ingin memiliki rumah yang nyaman dengan desain yang baik maka anda akan memerlukan arsitek.

Beberapa orang mungkin memilih untuk mengotak-atik sendiri desain rumahnya. Itu sah-sah saja. Tapi ketika anda ingin mendapatkan nilai lebih pada rumah anda dan membutuhkan advise dari orang yang berkompeten di bidangnya maka anda perlu arsitek.

Kapan anda memerlukan jasa seorang arsitek?

Banyak orang berpikir bahwa biaya arsitek itu mahal, mungkin itu benar. Hanya gambar sebuah rumah saja harganya bisa sampai jutaan. Tapi nilai itu sepadan dengan value yang anda dapatkan dari desain itu.

Rumah adalah salah satu asset terpenting anda. Anda menghabiskan sebagian waktu bersama keluarga anda di rumah. Anda membesarkan anak-anak anda di rumah. Dan ketika anda telah lelah dengan aktifitas kerja seharian maka tempat peristirahatan yang pertama kali dituju adalah rumah.

Itulah mengapa sebuah perencanaan rumah yang matang menjadi begitu berharga.

Membangun rumah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Anda harus mendapatkan hasil terbaik dengan budget yang ada. Ketika anda merasa tidak puas selama proses pembangunan dan membongkarnya lagi dengan yang lain, maka anda sudah membuang uang dengan percuma pada harga material dan biaya tenaga tukang. Itulah mengapa, untuk menghindari kesalahan yang merugikan, anda akan memerlukan sebuah desain perencanaan yang matang, yang hasilnya akan lebih baik jika dibantu oleh arsitek.

Mengapa menggunakan jasa desain rumah online?

Karena sekarang jamannya internet, anda juga bisa menggunakan jasa arsitek secara online.

Anda yang sudah biasa berbelanja online mungkin familiar dengan cara ini.

Berbelanja online lebih praktis dan menghemat waktu. Anda bisa mendapatkan banyak pilihan dengan browsing disana-sini. Setelah anda membuat perbandingan dan mantap dengan pilihan yang anda, maka anda bisa langsung ambil keputusan untuk melakukan order.

Kelebihan dan kekurangan order jasa desain rumah secara online

Menggunakan jasa desain rumah secara online adalah sebuah alternatif yang bisa anda pilih karena beberapa kelebihan sebagai berikut:

  • Biaya jasa desain relative lebih murah. Hal ini karena ada persaingan yang cukup ketat dibisnis ini. Anda bisa langsung membandingkan harga desain satu dengan yang lain dan memutuskan yang sesuai dengan kantong anda.
  • Untuk konsultasi desain, anda tidak perlu repot datang ke kantor arsitek
  • Ketika dapat suatu ide, anda bisa menghubungi arsitek kapan saja dan dimana saja.
  • Anda bisa mempelajari portofolio arsitek tersebut lewat websitenya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk order, tanpa harus ketemu dengan arsitek yang bersangkutan.

Tapi karena anda menggunakan jasa arsitek di dunia maya atau arsitek online, maka ada beberapa hal yang juga harus anda waspadai :

  • Harus anda pastikan bahwa arsitek tersebut memang berkompeten. Pelajari portofolionya dan minta referensi klien yang pernah menggunakan jasa sebelumnya.
  • Pastikan bahwa arsitek itu jujur. Didunia nyata saja orang bisa ketipu apalagi didunia maya. Saat ngobrol di telepon sebelum order, anda bisa sedikit mendapat gambaran apakah arsitek itu muluk-muluk dengan janjinya atau realistis dan bertanggungjawab.
  • Tanyakan cara pembayarannya dengan sejelas-jelasnya. Enaknya order desain secara online adalah kita baru membayar uang muka setelah mendapatkan rancangan denah awal.
  • Anda harus aktif berkoordinasi dengan arsitek dan menanyakan apabila gambar belum jadi setelah melewati jadwal yang ditentukan.

Baiklah, itulah hal-hal yang sebaiknya anda persiapkan sebelum menggunakan jasa desain rumah online. Selamat mendesain rumah anda. Semoga rumah impian anda yang paling nyaman bisa segera terwujud.

photo credits : house-illustration by vectorgoods.com

Biografi Blogger:
Satriyo Widagdo adalah seorang blogger dan arsitek. Dia memberikan layanan jasa desain rumah online. Perhatiannya pada perkembangan Rumah Minimalis dituangkannya pada blog rumahminimalispost(dot)com. Anda bisa menghubunginya di 082135688202.

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...