Yuk! Belajar Cara Membuat Blog Dasar dan Instrumentnya

Artikel keren ini hasil karya Iwan Setiawan, pemilik blog Caraspot.com.

Anda juga bisa menulis untuk dokternasir.web.id dengan membaca syaratnya sebagai Guest Blogger.

~~~~~

Setelah lama belajar bagaimana cara membuat blog yang baik dan benar akhirnya blog Caraspot.com ini bisa selesai juga pembuatannya. Walau sebenarnya masih banyak kekurangan di sana sini tapi secara umum blog ini bisa dibilang memiliki beberapa kelebihan dibanding dengan blog lainnya, terutama pada tampilannya yang keren dan menarik. Tapi bukan itu yang mau saya bahas di sini, melainkan saya ingin berbagi soal bagaimana cara membuat blog itu sendiri yang didasarkan atas pengalaman saya selama ini dalam mengotak-atik blog.

Belajar membuat blog bisa dibilang gampang-gampang susah, tapi kalau sudah tau jalannya pasti akan terbiasa juga dengan semua tools yang ada di dalamnya. Yang terpenting di sini adalah keterampian, dan yang namanya keterampilan diperoleh dari banyak latihan dan mengulang, semakin sering tentu semakin lama akan mahir juga. Nah berikut adalah instrument untuk membuat blog atau website yang penulis maksud:

  1. Domain

Ini adalah nama atau alamat dari blog itu sendiri, sebagai contoh www.google.com adalah nama atau domain dari situs milik perusahaan bernama Google Inc. Jadi kalau ada yang tanya apa domain blogmu, ya sebut saja www.alamatblogmu.com dan lain sebagainya, sesuai saat kamu pertama kali membeli hanya lewat reseller domain terpercaya.

Adapun tempat membeli domain yang menurut penulis terpercaya adalah seperti rumahweb.com dan idwebhost.com, jogjahost.com dan lain sebagainya. Semua tergantung pilihan anda. Kalau saya sih senang dengan rumahweb.com karena biasanya dibantu setting untuk diarahkan di blogspot.

  1. Hosting

Ini adalah nama untuk tempat menyimpan file dari blog atau web yang kita buat secara online. Umumnya ini disediakan oleh sebuah perusahaan besar yang memiliki manajemen sendiri dalam mengelola hosting untuk ribuan web yang mereka kelola. Adapun penentuan harganya biasanya mereka mengukur berdasarkan space (ukuran data) dan juga bandwidth (lalu lintas datanya). Semakin besar nilainya maka akan semakin mahal juga biaya bulanannya. Seorang pelanggan yang menggunakan jasa hosting dari perusahaan berhak memilih antara membayar bulanan atau tahunan, yang bandwith-nya dibatasi atau unlimited, semua tergantung pilihan pemilik web.

  1. CMS

CMS adalah singkatan dari content management system yaitu sebuah software yang digunakan untuk membangun sebuah website. Dari sinilah semua diatur, mulai dari tata letaknya, penggunaan gambarnya, tampilan halaman depan dan artikelnya dan lain sebagainya, termasuk untuk mengelola admin dari website itu sendiri. Di antara yang terkenal adalah wordpress, drupal, joomla dan lainnya. Adapun blogspot atau blogger penggunaannya lebih simple karena cukup membeli domain .com kemudian mengarahkan ke sana domainnya, tanpa harus beli hosting bulanan segala.

  1. Template

Ini adalah bagian terpenting dari tampilan sebuah blog atau website, jika kamu menginginkan model atau tampilan suatu website maka dari sinilah diatur. Umumnya orang yang menggunakan CMS lebih memilih membeli yang sudah jadi atau menggunakan template atau theme gratisan yang banyak disediakan diberbagai situs.

Demikianlah tutorial cara membuat blog dan instrumennya yang bisa anda ketahui. Selamat belajar semoga menjadi blogger sukses.

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

2 thoughts on “Yuk! Belajar Cara Membuat Blog Dasar dan Instrumentnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...