Tips Memilih Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Posting bagian 9 dari 14 bagian dalam seri Kehamilan dan Problematikanya

Apa anda bingung dalam memilih makanan sehat selama masa kehamilan?

Banyak ibu muda sangat mengidam-idamkan memiliki seorang anak, sehingga mulai merencanakan program kehamilan bersama pasangannya. Dan ketika beberapa waktu berselang, kehamilan yang dinanti pun akhirnya tiba. Tetapi, ini adalah awal dari suatu tahapan baru yang harus anda perhatikan dengan lebih serius.

Dalam masa kehamilan, sangat penting bagi ibu hamil untuk selalu menjaga makanan yang baik untuk di konsumsi. Tetapi saya heran ketika banyak dari wanita merasa bingung dalam menentukan pilihan makanannya.

Ternyata ini alasannya….

Pertama, mereka kurang mendapatkan informasi tentang berbagai produk makanan serta kandungan yang ada di dalamnya, baik berupa dampak positif maupun negatif terhadap kesehatan janin.

Kedua, banyak ibu muda merasa takut dan cemas ketika mengkonsumsi makanan tertentu, apakah nantinya akan memberi pengaruh buruk terhadap kesehatan dan perkembangan buah hatinya.

Alasan kedua inilah yang seringkali terjadi, banyak calon ibu muda berpikir bahwa menentukan makanan sehat adalah sesuatu yang ribet dan membingungkan sehingga akhirnya mereka menjadi diam terpaku dan menjadi acuh tak acuh dalam urusan makanan.

Oleh karena itu dalam artikel ini akan memuat berbagai makanan sehat untuk ibu hamil muda, serta makanan apa saja yang sebaiknya anda hindari agar tidak memberi pengaruh buruk terhadap kesehatan si kecil nantinya.

Berikut makanan yang sebaiknya dikonsumsi selama kehamilan:

  1. Buah-buahan

Yang pertama dan utama tentu saja ini wajib, dan tidak boleh anda hilangkan dari daftar menu anda sehari-hari. Banyak buah yang bisa anda konsumsi seperti pisang, jeruk, pepaya,apel, buah naga, jambu biji, dan alpukat. Buah-buahan ini mengandung tinggi vitamin C, asam amino, dan terutama asam folat.

Nah, apa Anda tahu fungsi utama asam folat untuk kehamilan?

Asam folat sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena berguna untuk mencegah penyakit tulang belakang yang tidak tertutup sempurna pada janin dan juga mencegah penyakit spina bifida. Dan yang tidak kalah penting yaitu mempersiapkan rahim saat proses melahirkan.

Sedangkan fungsi asam amino yaitu mencegah penyakit cacat saraf otak pada janin, cacat sumsum tulang belakang dan mengurangi resiko bayi lahir dengan bibir sumbing. Vitamin C juga sangat diperlukan selama kehamilan karena memang berkhasiat untuk terus menjaga daya tahan tubuh terhadap berbagai resiko penyakit.

  1. Telur

Penting bagi ibu hamil untuk selalu mengkonsumsi telur. Karena jika anda mengkonsumsi telur, anda bisa memperoleh berbagai nutrisi penting yang sangat berguna untuk kehamilan seperti kolin, asam amino, zat besi dan protein. Cara terbaik untuk mengkonsumsi telur adalah dengan cara direbus, dan agar kandungan nutrisinya tidak sepenuhnya hilang saat merebusnya sebaiknya tidak direbus terlalu lama.

Peran kolin bagi ibu hamil cukup vital karena membantu proses perkembangan sel tabung saraf dan otak janin. Porsi anjuran yang sebaiknya anda perhatikan yaitu konsumsi 1 butir telur setiap hari.

  1. Kacang-kacangan

Makanan sehat untuk ibu hamil yang ketiga yaitu kacang. Tetapi, jenis kacang cukup beragam seperti kacang hijau, kacang tanah, kacang kedelai, dan lain-lain. Nutrisi yang banyak dikandung kacang adalah kolin, vitamin B, asam folat, vitamin E, zat besi, dan asam folat. Karena kandungannya yang bisa dibilang cukup lengkap kacang sangat baik dijadikan santapan menu sehari-hari.

Tetapi ada yang perlu anda perhatikan dan ini penting sebaiknya konsumsi kacang tanah jangan berlebihan karena bisa memicu terjadinya gas di dalam perut dampaknya akan membuat anda begah dan malahan menjadi tidak nafsu makan. Selain itu juga, kacang-kacangan dapat meningkatkan zat purin di dalam darah, yaitu pemicu asam urat.

  1. Susu dan daging tanpa lemak

Rasanya belum lengkap jika makanan sehat tanpa susu. Susu mengandung berbagai nutrisi dan gizi penting, apa sajakah itu?

Kandungan susu antara lain protein, zat besi, lemak, kolin, dan vitamin D. Kandungan susu cukup lengkap sehingga sangat cocok dijadikan pendamping berbagai makanan dan buah-buahan sehat anda.

Sedangkan daging tanpa lemak juga sangat diperlukan. Tetapi, lemak yang terkandung di dalam daging yang umum inilah yang menjadi biang masalah jika terlalu banyak dikonsumsi karena jenisnya LDL (Low Density Lipoprotein), yang tergolong sebagai lemak jahat. Maka dari itu pilihlah daging yang tanpa lemak seperti daging ikan salmon yang banyak mengandung omega 3.

  1. Sayuran hijau

Tentu siapapun tahu bahwa jenis sayuran itu banyak tetapi kebanyakan sayuran yang umum dijual semuanya baik bagi kehamilan dan tidak memiliki dampak buruk bagi perkembangan janin.

Tetapi ada baiknya anda mengetahui sayuran mana saja yang memberikan dampak lebih baik dari lainnya, seperti bayam karena mengandung tinggi asam folat sebaiknya dijadikan menu utama. Pilihlah sayuran hijau yang masih segar dan bila perlu anda menanam sendiri agar bebas dari pestisida.

Berikutnya makanan yang harus dihindari selama kehamilan, yuk lanjut…

Rasanya kurang afdol jika kita membahas makanan yang baik tetapi tidak ikut menyertakan makanan yang sebaiknya dihindari karena dapat memberikan pengaruh buruk terhadap janin seperti kelahiran cacat, prematur, dan yang paling parah menyebabkan keguguran. Apa sajakah itu, berikut ulasannya untuk anda.

  1. Nanas muda

Buah nanas sangat baik untuk dikonsumsi jika sudah benar-benar matang karena banyak mengandung vitamin C, yang mana vitamin C ini sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

Tetapi, anda harus waspada jika nanas tersebut masih muda karena mengandung zat asam dan bromelai dampaknya jika zat tersebut sampai terkonsumsi cukup buruk bisa mengakibatkan keguguran serta pelunakan leher rahim. Jadi, walaupun ketika anda hendak mengkonsumsi nanas dan meyakini bahwa itu telah benar-benar matang sebaiknya konsumsi sewajarnya saja ya bunda.

  1. Buah durian

Buah ini banyak penggemarnya, namun bagi anda yang sedang hamil sebaiknya berpikir dua kali untuk mengkonsumsinya, karena buah durian mengandung alkhohol dan asam arachidonat yang cukup tinggi.

Dampaknya bagi kehamilan adalah jika zat-zat tersebut sampai terkonsumsi, bisa membayakan janin seperti kelahiran prematur atau yang paling parah keguguran. Tentu anda sudah sering mendengar saran dokter bahwa ibu hamil sangat dilarang mengkonsumsi alkohol bukan?

  1. Nangka

Tidak jauh berbeda dengan buah durian nangka juga mengandung cukup tinggi alkohol, jadi sebaiknya hindari juga buah ini agar kehamilan anda tetap terjaga dan janin anda dapat terlahir sehat.

Akhir kata……..
memang penting untuk mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil apalagi saat masih dalam trimester pertama karena dalam masa ini sangat memberi pengaruh terhadap perkembangan janin dan terakhir anda bisa mendapatkan informasi penting seputar kehamilan lengkap di hamilceria.com.


Artikel ini dikirim oleh Widi Suseno, pemilik blog hamilceria.com. Anda juga dapat ikut menjadi penulis tamu di dokternasir.web.id, silakan baca ketentuannya disini. Saya tunggu ya.

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

Series Navigation<< Ikuti 5 Tips Berikut Jika Ingin Cepat Hamil6 Tips Ampuh Agar Cepat Hamil >>

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

2 thoughts on “Tips Memilih Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

    • 16 December 2015 at 21:24
      Permalink

      Bagus sekali pak/bu…karena ikan mengandung protein yang sangat tinggi dan kandungan mineral lain yang memang diperlukan untuk pembentukan janin. Tentu ikan yang berasal dari perairan yang baik dan sudah diolah dengan baik juga ya…

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...