Ikuti 5 Tips Berikut Jika Ingin Cepat Hamil

Posting bagian 8 dari 12 bagian dalam seri Kehamilan dan Problematikanya

Data statistik menunjukkan bahwa kemungkinan wanita hamil pada tiap siklus menstruasi adalah sekitar 20 persen. Inilah yang membuat wanita terkadang tak bisa langsung hamil dengan cepat dan mudah. Walaupun demikian, masih banyak pasangan yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan momongan, sehingga akhirnya mereka berpasrah pada Tuhannya atau mencoba alternatif lain yang tidak alami agar cepat hamil.

Sebenarnya ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memperbesar kemungkinan hamil. Sebelum tulisan ini, saya juga pernah menuliskan tips cepat hamil sebelumnya dan serial kehamilan lainnya. Berikut ini beberapa tips lainnya agar cepat hamil, tips ini tidak hanya berlaku untuk pihak wanita saja, tetapi juga untuk pasangan prianya. Tentu saja karena kehamilan hanya bisa terjadi dengan kerjasama yang baik antara pihak pria dan wanita, bukan?!

1. Perhatikan siklus menstruasi

Apakah Anda sudah tahu cara menghitung masa subur dan ovulasi? Jika belum, caranya mudah saja. Hitung mundur selama 14 hari dari menstruasi terakhir. Itu adalah hari ketika Anda mengalami ovulasi dan paling berkemungkinan hamil. Metode ini efektif bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi 28 hari. Dengan mengikuti cara ini Anda bisa hamil dengan lebih mudah.

Jika ingin meningkatkan kemungkinan hamil dalam percobaan pertama, jangan melakukan hubungan seksual tiga hari sebelum masa ovulasi. Dengan begitu suami akan menyimpan jumlah sperma yang cukup untuk bisa meningkatkan kemungkinan hamil.

2. Penuhi kebutuhan asam folat tubuh

Asam folat akan meningkatkan kemungkinan Anda untuk hamil. Untuk itu sangat baik memenuhi kebutuhan asam folat dalam tubuh jika Anda memang ingin segera hamil. Konsumsi makanan yang mengandung asam folat seperti kacang tanah, daging sapi, bayam, brokoli, alpukat, dan jamur.

3. Berhenti merokok

Jika Anda memiliki kebiasaan merokok dan minum alkohol, ini adalah saat yang tepat untuk berhenti (Baca: Stop Merokok Yuk!). Pada wanita, merokok dan minum alkohol bisa menurunkan kemungkinan hamil untuk Anda. Jika ingin cepat hamil, jangan merokok atau minum alkohol setidaknya beberapa bulan sebelum melakukan hubungan seksual. Pada pria, merokok dan minum alkohol juga akan meningkatkan kekentalan darah sehingga aliran darah ke penis tidak lancar, sel sperma juga mudah rusak dan tidak berkualitas, dan menurunkan stamina tubuh.

4. Rajin melakukan hubungan seks

Bagaimana Anda bisa hamil jika tidak melakukan hubungan seksual bukan? Jadi, jika ingin cepat hamil Anda juga harus lebih rajin melakukan hubungan seksual dengan suami. Tentu saja jangan terlalu sering karena ini bisa mengurangi kesempatan untuk hamil. Juga sebaiknya jangan berhubungan seksual tiga hari sebelum masa ovulasi. Namun melakukan hubungan seksual sekali sehari pada masa subur mampu meningkatkan kemungkinan hamil. Ingat kembali jadwal masa subur Anda! (Baca juga: Hubungan Sex Setiap Hari Meningkatkan Mutu Sperma)

5. Jangan berdiet

Diet adalah musuh utama kehamilan. Jangan melakukan diet karena mengonsumsi makanan dengan kalori rendah bisa menurunkan kesuburan Anda. Jika Anda ingin cepat hamil perhatikan asupan nutrisi dan kesehatan tubuh. Pastikan nutrisi asupan tubuh itu bersifat alami dan aman, cepat diserap tubuh, dapat merangsang hormon reproduksi lebih optimal, sekaligus meningkatkan stamina tubuh secara maksimal, sehingga sel sperma dan sel telur akan lebih sehat dan berkualitas.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar lebih cepat hamil. Agar usaha Anda tak sia-sia sebaiknya kunjungi ahli kandungan untuk mengetahui masa subur Anda dengan tepat. Selain itu, memeriksakan kesehatan organ reproduksi juga bisa membantu Anda dalam merencanakan kehamilan. Jika pada saat pemeriksaan ditemukan penyakit pada organ reproduksi Anda, misalnya TORCH (Toxoplasmosis, Rubella, Citomegalovirus, dan Herpes), atau penyakit lain, sebaiknya ikuti dulu terapi penyembuhannya secara rutin hingga dinyatakan oleh dokter sudah bersih dan aman untuk hamil.

Terakhir jangan lupa berdoa kepada Allah Tuhan Maha Pencipta.

Selamat mencoba, semoga berhasil!

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

Series Navigation<< 5 Tanda Wanita Sedang Dalam Masa SuburTips Memilih Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda >>

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

3 thoughts on “Ikuti 5 Tips Berikut Jika Ingin Cepat Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...