Kemajuan Teknologi Untuk Kesehatan (bagian 6-habis)

Bahasan ini adalah bahasan terakhir dari 6 serial informasi beberapa kemajuan teknologi untuk kesehatan. Untuk Anda yang belum sempat membaca serial sebelumnya, silakan membacanya melalui link serial berikut.

Kali ini kita akan beranjak menuju negara Denmark untuk mengetahui teknologi apa yang disumbangkan dari negara ini untuk kemajuan ilmu kesehatan.

Spons Luka untuk Tentara (Denmark)

Sebagaimana kita ketahui, tentara adalah pasukan militer yang dilatih khusus untuk melindungi negara dari ancaman serius, terutama yang membahayakan negara. Sebagai kekuatan terdepan, tentara seringkali terlibat dalam peperangan, yang menyebabkan meninggalnya banyak tentara. Salah satu penyebab banyaknya tentara yang meninggal dalam peperangan adalah karena masalah perdarahan. Atas pemikiran ini, para peneliti mencoba mencari solusinya, salah satunya adalah dikembangkannya spons luka khusus untuk tentara.

Para peneliti di Massachutts Institute of Technology (MIT) mencoba mengombinasikan antara bahan kimia dengan bahan protein pembukaan alami yang ditemukan dalam darah. Dengan penggabungan ini, akan dihasilkan spons yang dapat membekukan darah. Dalam tes yang dilakukan oleh Ferrosan Medical Devices di Denmark, spons kecil itu benar-benar menghentikan perdarahan pada hewan dalam waktu 60 detik. Para peneliti masih terus bekerja keras agar spons ini dapat digunakan dalam 2 sampai 3 tahun lagi, sehingga masalah perdarahan hebat bagi tentara di medan perang dapat diatasi.

Selain itu, spons ini nantinya diharapkan tidak hanya digunakan khusus oleh tentara, tetapi juga akan diproduksi secara massal sehingga dapat digunakan oleh masyarakat umum sebagai alat pertolongan pertama pada kecelakaan. Sungguh penemuan yang sangat menarik, bukan?

– Tamat –

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

Series Navigation<< Kemajuan Teknologi Untuk Kesehatan (bagian 5)

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

One thought on “Kemajuan Teknologi Untuk Kesehatan (bagian 6-habis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...