4 Penyebab Toko Online Anda tidak Berkembang

Toko online merupakan sebuah media yang tepat untuk berjualan secara online, namun tidak semua toko online dapat berkembang dan menghasilkan profit untuk Anda.

Ada banyak faktor penyebab toko online Anda tidak berkembang dan cenderung menyusut bahkan tutup, namun ada 4 faktor yang paling sering terjadi yang menyebabkan toko online Anda minim pengunjung apalagi pembeli.

Sumber gambar : http://blog.chinavasion.com/wp-content/uploads/2009/04/ebay-negative-feedback-main-image-copy.jpg

Untuk itu akan kami berikan informasi tentang 4 penyebab toko online tidak berkembang yang harus Anda hindari.

1. Produk Tidak Menarik

Faktor utama toko online Anda memiliki banyak pembeli adalah produk Anda sendiri, terkadang Anda hanya asal menjual menampilkan produk konvesional Anda tanpa keunikan.

Buatlah nilai jual sendiri, mengapa produk Anda harus di beli secara online, dan apa yang membedakan dari toko sebelah atau produk yang mudah ditemukan secara offline.

Mulai sekarang profesionallah terhadap tampilan produk, ingat pengunjung toko online tidak akan bisa melihat detail produk Anda atau memegang produk Anda. Jadi pastikan tampilan produk Anda jelas dan menarik.

Contoh produk yang menarik misalnya saat Anda menjual mobil Anda perhatikan detail mobil tersebut dari segala sisi, atau jika Anda menjual  produk fashion pria sebaiknya gunakan model pria asli jangan gunakan template atau iconik belaka.

2. Harga Produk Tidak Manusiawi

Mungkin judul tersebut sedikit mengherankan, ya Anda haruslah bisa menentukan harga yang tepat untuk target pasar Anda, jangan asal menentukan harga, ingat biaya operasional Anda dan hitung selih keuntungan produk toko online Anda.

Ambilah keuntungan yang tepat kira-kira 30% dari harga modal Anda. Berikan juga berbagai diskon menarik serta yang harus Anda pertimbangkan adalah biaya ongkos kirim, apakah seller yang membayar atau buyer yang membayar ongkir tersebut.

3. Produk Anda Sulit di Beli

Bagaimana Anda bisa menjual produk jika produk atau cara pembeliannya sulit dipahami oleh kalangan umum.

Permudah para pembeli untuk segera membeli produk Anda, Lupakan shopping cart yang canggih karena umumnya orang indonesia tetap melakukan pembelian online melalui SMS atau via telepon.

Selain itu navigasi pada halaman toko online juga harus di perhatikan, ingat buatlah semudah mungkin agar semua orang dapat menjelajah secara keseluruhan pada toko online Anda.

4. Tidak Mendapat Kepercayaan Pengunjung

Saat para pembeli berkunjung ke toko online Anda dan mendapati toko online Anda masih berantakan, design yang tidak sedap dipandang mata, sangat lama dibuka, dan hanya menggunakan blog yang gratisan ini akan menurunkan tingkat kepercayaan konsumen.

Buatlah toko online yang profesional, alamat jelas, nama penjual juga terpampang dengan jelas. Tampilkan nomor handphone Anda dengan jelas agar mudah dihubungi pengunjung.

Membangun website yang profesional dan memiliki reputasi yang baik merupakan point utama yang harus Anda tuju, dengan mendapatkan kepercayaan dan pelanggan tetap toko online Anda maka bisnis Anda akan berkembang dengan pesat.

Hindarilah 4 faktor penyebab toko online Anda tidak berkembang, dan mulai sekarang buatlah toko online yang profesional.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

————————————

Artikel ini dikirim oleh Iqbal Maulana yang saat ini sedang mendalami dunia bisnis secara online dan bekerja sebagai jasa SEO di Datamaya Web Consulting. Bagi Anda yang mau ikutan menulis di blog ini, silakan baca ketentuannya di sini.

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

5 thoughts on “4 Penyebab Toko Online Anda tidak Berkembang

  • 9 September 2013 at 12:37
    Permalink

    sedikit ada pengunjung yang mampir ke toko online kita juga bisa menjadi penyebab tidak berkembang

    Reply
    • 2 October 2013 at 12:58
      Permalink

      Dan tidak pernah update juga jadi penyebabnya…
      Terima kasih sudah mampir 🙂

      Reply
  • 19 February 2018 at 22:30
    Permalink

    Dok, toko online saya gak rame pembeli,

    padahal pengunjung sekitar 500lebih, kenpa ya.? apa mungkin pembeli kurang percaya.?

    klo saya pasang foto pribadi demi menarik kepecayaan kira2 bagus ga ya?

    Reply
    • 22 February 2018 at 14:24
      Permalink

      Saran sih mending tingkatkan kepercayaan calon pembeli, misalnya keunggulan produk, testimoni, review pembeli lain…dan sebagainya. Kalau pasang foto pribadi sih bisa aja, tapi lebih bagus memajang alamat dan nomor telepon yang jelas bisa dihubungi. Atau bisa juga buka channel yang bisa dihubungi misalnya sosmed yang lagi trend seperti WA, BBM, Line, dsb.
      Semoga membantu.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Subscribe For Latest Updates

Get Notified When We Publish The New Articles - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...