Kemajuan Teknologi Untuk Kesehatan (bagian 3)

Posting bagian 3 dari 6 bagian dalam seri Teknologi Untuk Kesehatan

Sebagaimana diketahui bahwa ilmu kesehatan semakin hari semakin berkembang, seiring jenis penyakit yang semakin berkembang pula. Kesadaran masyarakat untuk dapat mencegah dari penyakit juga semakin tinggi. Bahkan sekarang, kepandaian manusia di bidang teknologi mulai banyak melibatkan diri membantu proses penyembuhan maupun pencegahan penyakit.

Sebelumnya saya sudah menuliskan 2 kemajuan teknologi untuk membantu bidang kesehatan, yaitu kacamata anti kantuk dan robot kepiting, masing-masing sumbangsih ide dari negara Australia dan Singapura. Yang belum baca, silakan mampir dulu ke serialnya ya. Selanjutnya silakan simak teknologi berikut ini.

Bom Ruang Kuman (Kanada)

Jenis-jenis penyakit menular banyak berkembang di berbagai negara di dunia. Penyakit menular biasanya disebabkan oleh radikal bebas di udara seperti virus, jamur, bakteri jahat ataupun kuman. Penyebarannya melalui suatu media perantara, dapat melalui media makanan, benda sehari-hari, hewan atau bahkan menular melalui manusia.

Radikal bebas tersebut merupakan organisme kecil yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan, baik ringan maupun berat. Radikal bebas ini biasanya ada di mana-mana, seperti remote TV, handphone, uang, sepatu, bahkan pada pegangan pintu, railing tangga, ataupun pada tangan kita sendiri. Banyak penyakit yang timbul karena radikal bebas berupa virus, bakteri, kuman dan jamur, misalnya flu, diare dan TBC.

Banyak ilmuwan dan peneliti di dunia yang berusaha untuk meningkatkan angka kesehatan manusia dengan meminimalkan bahaya penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas di sekitar manusia. Salah satunya adalah para peneliti di Queen’s University, yang membuat semacam semprotan “bom ruang” untuk dapat mencegah infeksi nosokomial atau penyebaran penyakit di rumah sakit.

Bom ruang ini bekerja dengan menggabungkan ozon dan uap hidrogen peroksida untuk membunuh bakteri dan men-steril-kan ruang di sekitar “bom kuman” dalam waktu satu jam.

Para peneliti yakin bahwa semprotan ini juga dapat menghancurkan radikal bebas seperti virus, jamur, dan kutu busuk. Setelah bom kuman diledakkan, maka proses sterilisasi untuk membunuh radikal bebas dari udara sehingga tempat tersebut aman dan nyaman bagi orang untuk bernapas. Semprotan ini tidak hanya dapat digunakan di rumah sakit, tetapi juga dapat digunakan di rumah ataupun hotel yang cenderung dipenuhi radikal bebas berbahaya karena pergantian pengunjung.

Anda tentu ingat bahwa saat ini banyak produk air conditioner yang disematkan teknologi “bom ruang kuman” ini. Tentu saja produk ini dibuat karena manusia ingin tercegah dari segala sumber penyakit. Permasalahannya adalah, apakah Anda sudah memanfaatkan teknologi ini di rumah Anda?

Sampai jumpa di serial berikutnya…

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

Series Navigation<< Kemajuan Teknologi Untuk Kesehatan (bagian 2)Kemajuan Teknologi Untuk Kesehatan (bagian 4) >>

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...