Kemajuan Teknologi Untuk Kesehatan (bagian 1)

Posting bagian 1 dari 6 bagian dalam seri Teknologi Untuk Kesehatan

Penyakit yang muncul di dunia semakin lama semakin berkembang. Perkembangan penyakit tentu membahayakan manusia, apalagi semakin banyak penyakit yang sifatnya mematikan. Manusia berusaha survive melawan perkembangan penyakit dengan melakukan berbagai penelitian di bidang kesehatan maupun bidang teknologi yang mendukung bidang kesehatan.

Bahasan yang akan saya ceritakan berseri kali ini adalah beberapa kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dari berbagai negara di dunia yang dapat mendukung kemajuan kesehatan, seperti dikutip dari berbagai sumber.

Optalert: Kacamata Anti Kantuk Saat Mengemudi (Australia)

Optalert - Kacamata Anti KantukAnda sering mengemudikan mobil? Bersyukurlah, kini Anda tak perlu khawatir lagi tertidur ketika sedang menyetir. Sebab, baru-baru ini, ilmuwan dari Australia berhasil menciptakan kacamata yang tidak hanya membuat sopir terhindar dari silau cahaya, tapi juga dapat mengantisipasi kecelakaan yang diakibatkan kantuk atau kelelahan.

Menurut penelitian 20 persen kecelakaan mobil di Australia terjadi karena pengemudi kelelahan. Namun dengan Optalert kemungkinan angka itu bisa ditekan. Optalert adalah kacamata khusus yang mampu menghindarkan pengemudi dari kecelakaan.

Piranti aktif dalam Optalert adalah invisible light atau sinar tak kasat mata. Sinar mampu mendeteksi pergerakan mata 1.000 kali per detik. Optalert kemudian mentransfer sinyal invisible light ke alat pengukur tingkat kelelahan yang terpasang pada dashboard mobil. Saat kelopak mata lebih sering bergerak menutup dan alat pengukur menunjukkan skala di atas lima alarm akan berbunyi. Bunyi menandakan pengemudi harus meminggirkan kendaraan dan beristirahat.

Kacamata ini dirancang untuk pengemudi yang biasa melakukan perjalanan pada malam hari. Kacamata ini kemungkinan baru akan diproduksi massal dalam dua tahun ke depan sejak ditemukan.

Manfaat yang diberikan kacamata ini akan sangat besar, sebab menurut data WHO sekitar 2,4 juta manusia di dunia per tahun meninggal akibat kecelakaan lalu lintas, dan salah satu penyebabnya adalah karena mengendarai kendaraan dalam keadaan mengantuk. Dengan adanya kacamata antikantuk ini, diharapkan angka kematian di jalan akan dapat menurun. [Berbagai Sumber]

Bersambung…

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

Series NavigationKemajuan Teknologi Untuk Kesehatan (bagian 2) >>

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...