Kebiasaan Baru: Cari Informasi dan Berkicau di Twitter

Siapa yang tidak kenal Twitter? Twitter adalah salah satu microblogging sekaligus media sosial yang sangat terkenal untuk menyampaikan pesan-pesan singkat di dunia maya. Dengan jumlah karakter yang sangat terbatas (sekitar 140 karakter), twitter dianggap mampu menyampaikan pesan-pesan berantai secara singkat dan mengena kepada sasarannya. Bahkan komunikasi dengan twitter dianggap sebagai komunikasi termurah dan termudah bagi kalangan tertentu.

Saat ini para tokoh dunia pun mulai memanfaatkan fungsi twitter ini sebagai sarana kampanye, penyampaian opini, ide, dakwah dan sebagainya. Lihat saja Presiden AS Barrack Obama hingga Paus Benediktus XVI pun memanfaatkan fitur microblogging ini. Tokoh-tokoh di Indonesia pun memanfaatkan ini, seperti Ustadz Aa Gym, Ustadz Didin Hafiduddin, Mario Teguh, dan sebagainya. Organisasi dan produsen industri dunia pun sangat memanfaatkan fasilitas ini untuk menyampaikan kegiatannya dan produknya. Para pebisnis pun memanfaatkan twitter untuk memasarkan bisnis online-nya secara masif dan tepat sasaran. Tidak ketinggalan para blogger pun memanfaatkan twitter untuk mendapatkan kunjungan ke blognya.

Begitu besar manfaat microblogging ini, membuat saya pun tidak ingin ketinggalan untuk ikut memanfaatkan fungsi twitter ini. Sejak tanggal 28 Juli 2008 saya mencoba mendaftar di Twitter ini, namun belum memanfaatkannya secara maksimal, karena belum paham fungsinya. Waktu itu saya masih berkutat dengan media sosial yang satunya yaitu Facebook.

Kira-kira mulai awal tahun 2010 saya mulai mengintegrasikan blog saya ini dengan Twitter dan Facebook. Seperti arahan para master blog di seluruh dunia (beberapa yang sempat saya singgahi saat blogwalking), menyarankan hal yang sama bahwa twitter dan facebook adalah sarana yang sangat powerful untuk menjaring traffic ke blog kita, tujuan utamanya adalah membagikan informasi yang kita tulis ke seluruh masyarakat dunia melalui komunitas sosial.

Namun selain itu, saya juga mulai menyukai kebiasaan baru yaitu membuka Twitter setiap saat untuk mengetahui update informasi dari berbagai media massa. Saat ini saya mem-follow media seperti Kompas, Detik, MetroTV News, TVOne News, Elshinta FM, TMC Polda Metro dan sebagainya. Hal ini mempermudah saya mendapatkan informasi secara cepat, seperti informasi adanya kasus KLB di daerah, adanya peningkatan kasus penyakit di daerah, berita politik, bahkan kehidupan artis hingga kondisi arus lalu lintas di beberapa ruas jalan di seluruh Indonesia. Saya juga terkadang mengajukan komplain dan tanggapan kepada beberapa sarana umum dengan lebih mudah dan cepat ditanggapi seperti Garuda Indonesia, Bluebird Group, Express Group, KFC Indonesia. Saya juga seringkali melakukan reply, retweet atau memberikan beberapa komentar pada berita yang muncul. Dan semua “kicauan” saya itu juga akan otomatis ditampilkan di media Facebook.

Kemudian untuk mempermudah sharing informasi, saya juga mencoba merapikan tampilan¬† tombol Follow Me serta Timeline di widget blog ini. Hal ini untuk memudahkan Anda mengirimkan tweet langsung dengan mention nama saya. Anda juga dapat dengan mudah me-retweet maupun reply semua status yang tampil di timeline saya sebagai kegiatan khas “berkicau” di Twitter. Semua kegiatan tersebut dapat Anda lakukan dalam blog ini. Silakan tengokkan mata Anda sebentar ke kanan ya. Kalau sudah, jangan lupa klik Follow Me @dokternasir dan klik Like Facebook juga ya.

Nah, selanjutnya saya sampaikan bahwa tulisan ini bukanlah tulisan review berbayar, tetapi ini benar-benar menyampaikan bahwa twitter dan media sosial lainnya dapat sangat bermanfaat bila kita mengerti cara penggunaannya. Seperti halnya senjata, twitter dan media sosial lainnya hanyalah sarana, bergantung kepada siapa penggunanya.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah mencoba memanfaatkan Twitter dalam kehidupan Anda? Saya tunggu cerita Anda ya…

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...