Inilah 7 Cara Terbaik Mengatasi Stres

7 Cara Terbaik Atasi StresSiapa orangnya yang tidak pernah lepas dari stress? Rasanya hampir semua orang akan mengalaminya. Sebab ada orang yang bilang, kalau tidak mau mengalami stress ya seperti orang mati. Dari segi positifnya, stress dapat membuat seseorang terpacu memperbaiki diri dan mengejar ketertinggalannya. Namun di sisi lain, stress malah dapat memperburuk kualitas kehidupannya. Karena stress cukup sulit dihilangkan dalam kehidupan kita, maka diperlukan cara-cara cerdas dan terbaik untuk mengatasinya. Satu hal yang harus diingat bahwa, stress dapat diatasi dengan manajemen atau pengendalian yang baik, agar kualitas hidup kita pun terjaga.

Sebetulnya apa sih penyebab stress nomor satu? Pada artikel sebelumnya saya pernah menulis dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penyebab stress yang utama adalah uang. Yang jelas, memiliki sedikit rasa stres bisa baik untuk kesehatan, tapi jika stres yang dirasakan terlalu banyak dan sulit dikendalikan bisa memiliki efek yang buruk bagi tubuh seperti menurunkan sistem kekebalan tubuh, mengganggu sistem pencernaan dan dampak lainnya. Coba kenali gejala stres lainnya disini.

Untuk mengurangi stres yang muncul, setidaknya ada 7 cara terbaik dan cerdas dalam mengatasi stres, seperti dikutip dari Timesofindia melalui detikhealth, yaitu:

1. Bernapas dalam-dalam
Ketika seseorang merasa terlalu stres, cobalah bernapas dalam-dalam selama 10-15 menit. Tarik napas perlahan-lahan dari hidung lalu hembuskan melalui mulut. Ini akan membantu seseorang merasa santai dan memberikan pikiran yang lebih baik.

2. Mematikan ponsel
Beberapa orang kadang sulit mematikan ponselnya karena harus terus menerus memeriksa email atau mengirim sms. Tapi mematikan ponsel diketahui bisa mengurangi stres, sebaiknya biasakan mematikan ponsel satu jam sebelum tidur dan menyalakannya satu jam setelah bangun.

3. Berani katakan ‘tidak’
Dengan berani mengatakan ‘tidak’ maka seseorang bisa bersikap tegas dengan tetap menghormati batas-batas diri sendiri. Ini karena ada kalanya seseorang perlu berpikir tentang dirinya sendiri.

4. Hindari orang-orang negatif
Jika berada di sekitar orang-orang pesimis dan berpikir negatif, maka Anda tidak akan pernah bisa hidup secara positif. Untuk itu jika merasa sedang stres, cobalah mencari lingkungan yang positif.

5. Biarkan air mata keluar
Jika sudah merasa sangat stres dan ingin menangis, maka biarkan air mata keluar. Studi menunjukkan menangis adalah cara yang bagus dan alami untuk melepaskan racun dari tubuh dan mengurangi stres.

6. Jadilah seperti anak-anak
Anak-anak adalah contoh besar bagaimana menjalani hidup tanpa kekhawatiran, dunia anak identik dengan bermain dan bergembira. Oleh karena itu cobalah bertindak seperti anak selama beberapa saat.

7. Tertawa dan pijat
Tertawa adalah cara yang bagus untuk membunuh stres. Cobalah menonton film komedi favorit atau membaca cerita lucu, lalu tertawalah seolah-olah tidak ada orang yang mengawasi. Serta jika dilengkapi dengan pijat bisa ampuh mengatasi stres, karena pijat dapat mengurangi kecemasan, stres dan memberikan ketenangan mental.

Semoga 7 cara terbaik di atas dapat membantu Anda mengatasi stress yang senantiasa melanda kehidupan Anda.

Anda ingin menambahkan tips lainnya?

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

2 thoughts on “Inilah 7 Cara Terbaik Mengatasi Stres

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...