Tips Mempertahankan Berat Badan Ideal

langsing dietsehat Tips Mempertahankan Berat Badan IdealBerbicara mengenai berat badan terkadang membuat telinga ini sensitif, terutama bagi wanita. Saya kira fenomena itu banyak dialami oleh sebagian orang yang merisaukan berat badannya yang terlihat mulai meningkat, perutnya mulai membuncit (bukan karena hamil ya!), berjalan juga terasa berat, dan yang lebih repot jika dengan kenaikan berat badan itu membuat tubuh lebih sering merasa dihinggapi berbagai penyakit. Namun ada juga yang merasa bahwa kenaikan berat badan adalah anugerah yang harus disyukuri, dengan berapologi, “biar gemuk yang penting tetap sehat“.

Ya semuanya tidak salah dan masih dalam kerangka yang wajar. Karena pada hakikatnya manusia memiliki perasaan tidak puas dengan apa yang didapatnya. Namun yang terkadang jadi pertanyaan yang terlintas adalah, bagaimana membuat tubuh memiliki berat badan yang ideal, bagaimana mempertahankan berat badan tetap ideal.

Bila kita mencoba menghitung Body Mass Index (BMI/indeks massa tubuh), yaitu angka perbandingan massa tubuh berdasarkan berat badan dan tinggi badan, akan didapatkan hasil bahwa Anda disebut memiliki berat badan ideal jika BMI-nya 18,5 – 24,9. Artinya jika BMI Anda diatas 24,9 maka Anda mengalami kelebihan berat badan atau overweight. Sedangkan jika di bawah 18,5 maka Anda disebut kurus atau underweight. Memang jika BMI Anda ideal tidak menjamin Anda disebut sehat, tetapi penyakit (terutama penyakit tidak menular) lebih banyak berhubungan dengan BMI yang underweight atau pun overweight. Coba hitung dulu BMI Anda disini.

Berat badan berlebih sangat berisiko mengalami peningkatan tekanan darah, peningkatan kadar lemak di dalam darah, diabetes melitus dan gangguan jantung. Sedangkan berat badan kurang berisiko mengalami gangguan penyerapan gizi, gizi buruk, dan sebagainya. Lalu, bagaimana caranya menjaga agar berat badan tetap ideal?

Saya ingin bagikan tips sederhana yang bisa dimanfaatkan agar berat badan tetap ideal dan selalu sehat setiap saat. Tips ini menggunakan pendekatan tiga pola, yaitu pola makan, pola hidup, dan pola pikir.

1. Pola Makan

  • Buatlah menu makanan yang aman untuk tekanan darah. Kuncinya tekanan darah dijaga, karena jika tekanan darah tidak stabil atau meningkat maka akan mempengaruhi kinerja organ vital seperti jantung dan ginjal.
  • Pilih makanan dengan kadar lemak jenuh yang rendah, dan kadar gula yang rendah. Makanan yang digoreng dengan minyak yang dipakai berulang-ulang akan mengandung lemak jenuh yang tinggi.
  • Konsumsi buah dan sayuran setidaknya lima kali dalam sehari. Hindari buah dengan kadar lemak atau gula yang tinggi seperti durian. Perbanyak buah yang banyak mengandung kalium seperti pisang. Bisa juga mengonsumsi alpukat atau apel untuk menurunkan kandungan lemak jenuh dalam darah.
  • Perhatikan porsi makanan, setidaknya sepertiga isi piring mengandung makanan berprotein seperti ikan atau telur, sepertiga mengandung kalori seperti nasi atau kentang, sepertiga mengandung serat dan sayuran seperti bayam, kangkung, wortel, dan lain-lain.
  • Jangan lupa makan, makan tiga kali sehari penting untuk membantu mengontrol berat badan. Ikuti prinsip diet sehat.
  • Pastikan konsumsi serat yang cukup, sekitar 25-30 mg sehari. Jenis makanan yang banyak mengandung serat diantaranya sereal, roti dengan kadar serat yang tinggi, buah dan sayuran. Adanya serat membantu mengurangi nafsu makan karena kenyangnya akan bertahan lebih lama, dan dapat menurunkan kadar kolesterol.
  • Usahakan agar mengonsumsi makanan dengan kadar kalori tinggi pada pagi atau siang hari, agar pada malam hari nafsu makan Anda tidak terlalu besar.
  • Minum air putih yang banyak, sekitar 6-8 gelas perhari, agar terhindar dari dehidrasi dan mencegah keinginan makan yang berlebihan. Kalau saya sering mengilustrasikan dengan kendaraan yang butuh oli untuk melumasi mesin, jika olinya kurang maka mesin akan cepat aus dan rusak. Jika manusia kurang minum air, maka tubuh akan mudah dehidrasi, mudah terkena penyakit, karena antibodi jadi sulit bergerak melawan kuman/virus yang masuk. Coba baca lagi Terapi Air.
  • Seperti halnya makanan, hindari minuman yang dapat meningkatkan kadar lemak, misalnya minuman yang banyak mengandung coklat, gula, atau mengandung alkohol. Sesekali minuman dicampur gula sih boleh saja asal tidak berlebihan dalam takaran dan frekuensinya.

2. Pola Hidup

  • Lakukan olahraga secara teratur, jika perlu konsultasikan dengan dokter olahraga. Olahraga yang dilakukan sebaiknya memenuhi kaidah: dilakukan secara teratur, setidaknya 30 menit dalam sehari dan dilakukan setidaknya 4 kali dalam seminggu. Jenis olahraga yang dilakukan sebaiknya aerobik, seperti berjalan kaki, jogging, naik sepeda, atau senam aerobik itu sendiri. Akan sangat baik membiasakan naik tangga daripada lift. Olahraga yang dicontohkan oleh Rasulullah adalah renang, memanah, dan berkuda. Yang biasa main futsal juga baik, yang penting teratur.
  • Hindari minum minuman beralkohol, kebiasaan minum minuman bersoda seperti softdrink. Alkohol akan merusak fungsi hati dan otak. Sedangkan minuman bersoda mempercepat pengeroposan tulang dan gigi. Minuman bersoda hanya menyegarkan sesaat saja, jika sudah menjadi kebiasaan akan mempengaruhi kesehatan dalam jangka panjang.
  • Jauhi merokok. Buat Anda yang merokok, segeralah berhenti, buat alasan yang sangat kuat mengapa Anda harus berhenti merokok untuk motivasi Anda. Ingatlah bahwa motivasi yang kuat hanya berasal dari diri Anda. Sudah terlalu banyak peringatan kesehatan yang disosialisasikan tentang bahaya merokok, jika Anda tidak punya motivasi dan alasan yang kuat, Anda pasti akan sulit untuk berhenti merokok. Padahal dengan merokok, berarti Anda memasukkan racun dan menimbunnya perlahan-lahan di dalam tubuh Anda yang akan menimbulkan dampak dalam waktu yang panjang. Anda tidak akan pernah tahu kapan penyakit itu akan datang, jadi berhentilah merokok SEKARANG JUGA!!! (Baca tips berhenti merokok disini)
  • Biasakan tidur teratur. Saya tidak mengatakan bahwa tidur itu harus sekian jam, tetapi tidur yang baik adalah tidur yang nyenyak dan saat bangun tubuh akan terasa segar. Dan tidur yang baik itu harus dibuat teratur. Jika Anda membiasakan tidur malam mulai pukul 22.00 dan bisa terbangun dengan perasaan segar sekitar pukul 03.00 atau 04.00 atau bahkan sebelum itu, maka itu bisa disebut tidur baik yang teratur.

3. Pola Pikir

  • Biasakan diri untuk selalu berpikir positif terhadap kehidupan ini, pasti hati akan tenang dan damai. Baca indahnya berpikir positif.
  • Kendalikan amarah dan stres. Stres bukan untuk dihindari, saya yakin tidak ada satupun orang di dunia ini yang bisa hidup tanpa adanya stres, karena sebenarnya tubuh ini butuh adanya stres agar bisa memotivasi diri untuk hidup jauh lebih baik. Namun stres yang tidak terkendali akan menimbulkan amarah yang berujung kepada kerusakan diri, orang lain dan lingkungan. Kenali 8 gejala stres disini. Stres harus dikendalikan agar bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Beberapa tips untuk mengendalikan stres diantaranya:
    • Aturlah waktu dengan optimal, baik saat bekerja maupun saat berkumpul bersama keluarga di rumah, sehingga semua kegiatan dapat berjalan teratur. Waktu yang diatur sedemikian rupa dan kita pun berdisiplin dalam menjalankannya, akan membuat hati lebih tenang. Jangan membawa suasana kantor yang sibuk ke rumah, dan jangan pula membawa suasana rumah yang sedang ribut ke kantor. Sekedar tips atasi kesulitan pribadi.
    • Buatlah tujuan yang realistis dapat diraih. Jika kita punya impian besar dan terobsesi untuk menggapainya, buatlah tahapan-tahapan target sederhana yang sekiranya bisa kita lakukan.
    • Lakukan latihan untuk relaksasi dan sempatkan waktu untuk melakukan relaksasi. Relaksasi yang paling nyaman adalah dilakukan sebelum tidur, sehingga tidur pun bisa lebih nyenyak.

Demikian tips yang bisa kita lakukan untuk mempertahankan berat badan ideal. Selain mendapatkan berat badan ideal, tips ini juga bisa melengkapi prinsip diet sehat yang pernah saya tulis sebelumnya. Semoga bermanfaat.

Bila ada tambahan tips, masukan dan saran, silakan tuliskan di kolom komentar ya.

2 Responses

  1. jenny says:

    infonya sangat bgs mas….semoga makin maju aja y..mksh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge

Back to Top
Berlangganan Gratis
Fanpage Konsul Gratis
Follow Twitter
Follow Twitter
Down
ANDA MUNGKIN PERLU BACA INI !!!close