Cara Mudah Mempelajari Kesehatan Tubuh Anda

Saat ini namanya mempelajari banyak ilmu adalah suatu hal yang tidak mustahil. Dulu orang selalu mendikotomikan kemampuan seseorang berdasarkan latar belakang pendidikannya. Seorang yang sekolahnya mempelajari ilmu teknik akan disempitkan pandangannya hanya melihat ilmu keteknikan saja, dibilang tabu untuk mempelajari ilmu lainnya. Begitu juga orang awam suatu ilmu, akan merasa kerdil ketika berhadapan dengan bidang keilmuan lain.

Dulu orang beranggapan bahwa ilmu kesehatan hanyalah milik seseorang yang profesinya sebagai dokter. Bahkan yang paling sadis lagi, ketika berhadapan dengan ilmu penyakit dalam, hanya dokter spesialis dalam lah yang layak tahu dan mengerti ilmu ini, dan sebagainya. Padahal semua orang berhak dan bahkan wajib mengetahui ilmu lain termasuk ilmu kesehatan. Memang, untuk bisa mencapai level memahami dan mempraktekkan sesuai bidangnya diperlukan keahlian khusus yang didapat melalui pendidikan formal dan non formal, tetapi untuk tahu dan mengerti, tidak harus sekolah khusus dulu, kan?!

Nah, informasi ini mungkin saja tidak bisa dibilang baru, karena sebuah media informasi besar di Indonesia sudah membuat sebuah direktori yang, menurut saya, cukup sederhana tapi sangat berbobot untuk orang awam yang ingin mempelajari ilmu kesehatan tubuh secara komprehensif.

Adalah Kompas.com dengan direktori kesehatannya menampilkan informasi-informasi berbagai kondisi kesehatan tubuh, baik meliputi gangguan tubuh, penyakit tubuh, dan kondisi-kondisi lainnya yang sering ditemui di dalam kehidupan sehari-hari, yang keseluruhan informasi tersebut dibagi-bagi ke dalam tujuh bidang bahasan; yaitu kepala (head), dada (chest), perut (abdomen), panggul (pelvis), kaki (legs), kulit (skin), bidang umum (general).

Pengunjung bebas memilih bidang mana yang ingin diketahui penjelasannya, ketika diklik satu bidang, maka di kolom sebelah kanannya akan muncul beberapa pilihan kondisi kesehatan yang mungkin muncul dari bidang tersebut. Kita bisa memilih kondisi kesehatan tersebut dan membaca penjelasan di bawahnya. Bahasa yang disajikan juga tergolong bahasa yang ringan, mudah dicerna, walaupun ada beberapa yang memperkenalkan bahasa medis yang cukup familiar di masyarakat.

Informasi yang disajikan direktori ini tentu saja masih belum melingkupi jutaan penyakit dan kondisi kesehatan yang ada di dunia. Namun, dalam kehidupan sehari-hari, pengetahuan tersebut sudah cukup memberikan informasi bagi orang-orang yang menganggap dirinya masih awam dalam dunia kesehatan.

Jadi, semoga informasi ini berguna bagi Anda yang haus belajar ilmu kesehatan.

Klik Disini untuk menuju Direktori Kesehatan Kompas

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...