Sulit Punya Anak? Periksa Kualitas Sperma Anda!

Posting bagian 3 dari 14 bagian dalam seri Kehamilan dan Problematikanya

Periksa Kualitas SpermaPersoalan kesuburan memang ternyata tidak pernah habis dibahas, bahkan blog ini saja selalu kebanjiran komentar dan pertanyaan bagaimana cara memperoleh keturunan. Beberapa pasangan memang tampaknya mudah sekali memperoleh momongan, tapi bagi pasangan lain, memiliki anak ternyata sulit sekali. Berbagai cara sudah dilakukan, namun tak juga menunjukkan tanda-tanda kehamilan.

Seringkali kita melihat sebuah rumah tangga hancur gara-gara lama tidak punya keturunan, dan biasanya yang sering dituduh sebagai biang kerok atau pemicu tak bisa memberikan keturunan adalah pihak wanita. Tuduhan ini tidak bisa seratus persen dibenarkan tanpa melalui pemeriksaan yang akurat untuk kedua pasangan. Padahal, sebagaimana proses konsepsi dimana anak itu tercipta dari gabungan sel sperma pria dan sel telur wanita, maka pria juga jelas memegang peranan penting, seperti kualitas spermanya. Karena, indikator penting kesuburan pria adalah sperma.

Bila pria dewasa namun belum mampu membuat istrinya hamil, maka perlu curigai kualitas spermanya. Mungkin saja spermanya masuk dalam kategori ‘madesu‘ (masa depan suram). Jadi sangatlah penting untuk memeriksakan pihak pria dan wanitanya dalam proses mengetahui penyebab ketidaksuburan.

Dalam artikel ini, saya tidak ingin membahas bagaimana cara pemeriksaan kualitas spermanya, karena proses itu dapat Anda lakukan dengan konsultasi ke dokter ahli Urologi. Menurut ahli Obstetri dan Ginekologi Indonesia, terdapat beberapa penyebab yang dapat menurunkan kualitas sperma pria. Antara lain :

Tidak memvariasikan makanan

Banyak orang yang hanya suka makan satu jenis makanan saja. Dengan alasan makanan itu adalah makanan favoritnya, sebenarnya dia sudah menjauhkan diri dari pola makan yang sehat. Ada vitamin tertentu yang tidak terdapat di jeruk, maka harus mengonsumsi buah-buahan lain. Sama seperti, protein yang terdapat dalam daging kambing, pasti berbeda dengan protein dalam daging sapi, ayam atau ikan. Jadi, perlu divariasikan demi kecukupan nutrisi. Para pria yang ingin sehat tak hanya harus mengonsumsi makanan sehat dan komplit namun juga memvariasikannya. Pola makan yang baik ini akan mempengaruhi produksi sperma.

Askbaby.com dan health4youonline.com melansir, makanan yang kaya protein seperti tiram, daging kambing, kalkun, gandum, buncis, daging merah, kacang, alpukat, pisang, dan almond dapat meningkatkan produktifitas sperma.

Seorang pria juga disarankan untuk makan makanan mengandung zat besi dan asam amino seperti bayam, rumput laut, putih telur, atau daging unggas karena juga baik untuk meningkatkan kualitas sperma.

Beberapa zat lain yang juga turut berperan untuk menghasilkan kualitas sperma lebih baik seperti likopen yang terdapat pada tomat, anggur merah, dan jambu biji merah. Zat folate juga diperlukan untuk meningkatkan kualitas sperma yang terdapat pada asparagus, brokoli, jeruk, sayuran hijau, atau gula bit.

Menkonsumsi seledri mentah juga baik untuk sperma karena mengandung androsterone yang baik untuk stimulasi seksual dan vitamin antioksidan seperti vitamin C, E, dan B12 yang berguna untuk meningkatkan produksi sperma.

Tidak berolahraga

Gaya hidup zaman sekarang seringkali menuntut semuanya serba cepat dan praktis. Kesempatan untuk berolahraga secara teratur pun menjadi sulit dicari waktunya. Padahal kesempatan itu bisa saja dicari jika kita mau melakukannya. Misalnya, memarkir mobil jauh dari gedung tempat kita bekerja kemudian berjalan kaki hingga tempat kita bekerja, lebih mengutamakan naik tangga daripada naik lift, jika memungkinkan naik sepeda ke tempat kerja, akan lebih menyehatkan daripada malas menggerakkan tubuh lebih banyak. Pria yang secara teratur melakukan olahraga lebih cenderung memiliki produksi dan kualitas sperma yang lebih baik.

Pola hidup tak sehat

Percuma juga, jika pola makan baik dan rutin berolahraga, tetapi selalu tidur larut malam atau begadang. Hal ini akan menurunkan kualitas sperma Anda. Membiasakan tidur malam tepat waktu ternyata cukup membantu meningkatkan jumlah dan kelincahan sperma.

Merokok

Jika Anda masih menjadi perokok aktif hingga saat ini, maka segera berhentilah. Selain menyebabkan berbagai masalah kesehatan, merokok juga memengaruhi jumlah dan kualitas sperma. Pria yang merokok 12 batang per hari, kualitas spermanya turun hingga 42 persen.

Semoga kualitas sperma Anda meningkat setelah membaca artikel ini, dan hindari menyalahkan wanita yang menjadi istri Anda hanya karena Anda sulit memperoleh keturunan, karena bisa saja penyebabnya malah Anda sendiri.

Sumber: Yahoo.com (modified)

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

Series Navigation<< Periksa Hal Ini Jika Ingin HamilPahami Pengertian Mandul atau Infertilitas (tanggapan komentar) >>

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

3 thoughts on “Sulit Punya Anak? Periksa Kualitas Sperma Anda!

  • 21 November 2012 at 18:36
    Permalink

    Dear pak dokter
    Tahun lalu saya di dianogsa oleh dokter urologi menderita varikokel grade 3 ditestis kiri dan dianjurkan utk jalani operasi varikokel tp sebelum operasi saya diminta oleh dokter utk periksa analisa sperma di lab prodia hasilnya sbb :
    Volume : 3 ml
    Konsentrasi : 78 jt/ml
    Jumlah : 234 jt/ejakulasi
    Motilitas sperma
    Gerak cepat : 2%
    Gerak lambat : 56%
    Gerak ditempat : 25%
    Tidak bergerak : 17%
    Morfologi : 6%
    Kesimpulan : Teratozoospermia

    Setelah 9 bulan operasi varikokel dan rutin minum suplemen vitamin E dan vitamin B Complex merek amway, saya ada tes analisa sperma di lab prodia lg dgn hasil sbb :
    Volume : 4.6 ml
    Konsentrasi : 92.5 jt/ml
    Jumlah : 462jt/ejakulasi
    Motilitas sperma
    Gerak cepat : 52%
    Gerak lambat : 22%
    Tidak bergerak : 26%
    Morfologi : 5%
    Kesimpulan : Normozoospermia

    Pertanyaan :
    1) Apakah kondisi sperma saya sudah bisa dikategori sbg pria subur?
    2) Apakah kondisi sperma saya ini memungkinkan saya utk dpt anak?
    3) Suplemen apa yg bagus utk memperbaiki morfologi sperma?

    Mohon penjelasannya dok terima kasih. GBU

    Reply
    • 23 November 2012 at 18:38
      Permalink

      Hasil pemeriksaan yang kedua menunjukkan kuantitas spermanya lebih baik dari yang pertama, namun untuk disebut subur masih dianggap kurang. Anda perlu memeriksa kadar kualitas sperma untuk memastikan kandungan protein, mineral dan unsur2 yang diperlukan agar spermanya bagus. Selain itu perbaiki pola makan, pola hidup, hindari merokok, istirahat cukup.

      Reply
      • 22 December 2012 at 17:29
        Permalink

        Dear dr.Nasir
        Saya mau tanya lagi, saya kan uda hampir 10 bulan jalani operasi varikokel tp kenapa ya urat pembuluh vena yg berkelok2 seperti sekumpulan cacing masi nampak? Sepertinya sama aja sebelum maupun sesudah operasi, apakah bisa normal kembali seperti testis kanan? Mohon penjelasannya dok terimakasih

        Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...