Yakinkan Motivasi Berhenti Merokok dengan Tes Ketergantungan Nikotin

Stop Merokok Tes Ketergantungan NikotinBeberapa orang di antara Anda pasti termasuk perokok berat, saya tidak tahu apakah Anda sudah punya niat berhenti merokok atau belum. Tapi tahukah Anda, bahwa ternyata tubuh Anda sebenarnya sangat menginginkan Anda berhenti merokok lho. Karena saat Anda memutuskan untuk berhenti merokok, tubuh akan merespons secara positif dengan cepat.

Aulia Sani, mantan direktur RS Harapan Kita, di salah satu media mengungkapkan hal-hal yang terjadi dalam tubuh kita begitu terbebas dari racun yang ada pada rokok. Aulia menggambarkan dalam 20 menit tanpa rokok, perubahan signifikan terjadi di jaringan organ penting manusia. “Tekanan darah, denyut jantung, dan aliran darah tepi semakin membaik.”

Kalau kondisi berhenti merokok ini bisa bertahan sampai 12 jam, karbonmonoksida di dalam darah kembali normal. Selanjutnya dalam jangka waktu lama akan terjadi perbaikan sistem aliran darah dan fungsi jantung dapat meningkat. Tentu dengan kondisi ini kualitas hidup pun akan menjadi jauh lebih baik.

Fargerstorm Tolerance Questionnaire memberikan serangkaian pertanyaan untuk lebih meyakinkan siapapun yang punya motivasi berhenti merokok. Tes ini digunakan untuk memeriksa tingkat ketergantungan terhadap nikotin. Coba Anda ikuti tes berikut ini.

Pertanyaan

Penjelasan:

Ringan: Level ketergantungan Anda terhadap nikotin rendah. Sebaiknya, cobalah berhenti dari sekarang sebelum ketergantungan Anda semakin meningkat.

Sedang: Anda memiliki level ketergantungan menengah terhadap nikotin. Berhentilah sekarang untuk terbebas dari ketergantungan.

Berat: Anda tidak dapat mengontrol kebiasaan merokok. Sebaliknya, rokoklah yang mengatur Anda. Saat memutuskan berhenti merokok, sebaiknya konsultasikan kepada dokter. Anda akan mendapatkan terapi pengganti nikotin atau terapi lain yang dapat membantu Anda melepaskan diri dari ketergantungan terhadap nikotin.

Nah, bagaimanakah tingkat ketergantungan Anda terhadap nikotin saat ini?

Sumber: Fargerstorm Tolerance Questionnaire Br J Addict 1991

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...