Tiga Penyebab Mata Lelah dan Solusinya

Penyebab Mata LelahSiapa yang tidak pernah merasakan kelelahan? Saya kira hampir semua orang pernah merasakan segala bentuk kelelahan, karena sebagai makhluk hidup kita semua melakukan aktivitasnya masing-masing. Pada saat beraktivitas, tubuh mengeluarkan energinya hingga berkurang dan hampir habis. Ibarat baterai, jika digunakan pasti akan habis dan butuh di recharge (isi ulang). Teringat pelajaran biologi dulu, bahwa tubuh akan menghasilkan ATP (Adenosin Tri Phosphat) sebagai energi jika kita makan, dan berubah menjadi ADP (Adenosin Diphosphat) dan Asam Laktat jika energi tersebut digunakan untuk beraktivitas, dan dampaknya disebut sebagai kelelahan.

Disini saya tidak akan bicara soal kelelahan tubuh karena soal kelelahan otot pernah saya bahas di serial Apa dan Mengapa Kram Otot. Tapi saya hanya ingin membahas mengenai penyebab mata lelah.

Mata lelah ditandai beberapa gejala, seperti mata berair, terasa kering, atau bahkan disertai pusing, dan terasa kaku/pegal di tengkuk atau leher bagian atas hingga pundak. Penyebabnya bermacam-macam, tetapi setidaknya ada tiga hal yang sering memicu gangguan tersebut.

  1. Membaca dalam waktu lama dapat membuat mata lelah, apalagi jika dilakukan dengan kondisi penerangan yang kurang baik. Otot mata akan menegang jika dipaksa fokus pada satu posisi dalam waktu lama, sehingga menyebabkan iritasi dan mengganggu kenyamanan penglihatan. Untuk menghindarinya, biasakanlah mengistirahatkan mata, misalnya selama beberapa menit setelah 30 menit membaca. Mengistirahatkan mata dilakukan dengan mengalihkan perhatian ke tempat lain atau memejamkan mata agar terasa rileks. Biasanya mata akan kembali terasa nyaman bila mata melihat jarak yang cukup jauh atau melihat benda berwarna hijau seperti pepohonan yang rimbun atau bunga-bungaan.
  2. Radiasi dari layar komputer, umumnya dialami oleh pekerja kantoran yang dalam sehari bisa duduk berjam-jam di depan komputer. Untuk menyiasatinya, aturlah tingkat kontras warna dan penerangan pada layar. Dalam hal ini saya lebih suka mengurangi angka brightness ke level yang cukup rendah dan kontras warna yang nyaman di mata. Selain itu letak komputer pun harus diperhatikan dengan baik, seperti menghindari pantulan cahaya lampu atau sinar matahari. Gunakan ukuran huruf yang cukup besar, caranya pilih menu –> view –> text size. Lebih baik bila menggunakan komputer di tempat yang penerangannya cukup dan posisi duduk senyaman mungkin. Hal ini akan memberi kenyamanan bagi Anda sekaligus meminimalkan risiko ketegangan pada mata.
  3. Penyebab terakhir adalah Kelelahan Mata akibat Sinar Matahari yang kerap tidak disadari. Itu sebabnya, dalam kondisi tertentu menggunakan kacamata hitam dianjurkan demi menjaga kesehatan mata, bukan sekadar sebagai aksesori atau mengikuti tren.

Nah, apakah Anda pernah mengalami kelelahan mata seperti di atas? Atau oleh sebab lain? Silakan sharingkan pengalaman Anda berikut bagaimana cara Anda mengatasinya? Baca juga tips menjaga kesehatan mata disini.

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

12 thoughts on “Tiga Penyebab Mata Lelah dan Solusinya

  • 10 January 2012 at 12:42
    Permalink

    Terima kasih atas informasinya yang bermanfaat .. khususnya bagi saya yg bekerja di depan komputer siang dan malam .. terima kasih dan salam kenal dari saya dok …
    ::> Postingan terakhir Ajay … Pengobatan Untuk Berbagai Macam PenyakitMy Profile

    Reply
  • 10 January 2012 at 18:55
    Permalink

    didekat kornea mata kiri saya ada sedikit lemak..sudah 2 hr ini mata saya memerah.klu mata saya tutup sedikit nyeri.kira2 apa ya penyebabnya? hr ini saya beri obat tetes mata,apa sudah betul yang saya lakukan,mohon diberi sarannya…trimakasih….

    Reply
    • 11 January 2012 at 10:03
      Permalink

      Mungkin pterigium. Segera hubungi dokter ahli mata terdekat untuk mendapat pengobatan ya…

      Reply
  • 10 January 2012 at 20:19
    Permalink

    Kalo seorang blogger yg sering online didepan komputer gmn ya kesehatan matanya?

    Reply
    • 11 January 2012 at 10:02
      Permalink

      Tergantung cara dia menghadapi komputernya. Jika seperti tips di atas, mungkin kerusakan pada mata bisa dicegah.

      Reply
  • 11 January 2012 at 21:59
    Permalink

    Mata Saya Sering Terasa Perih Usai Bekerja Berhadapan Dengan Komputer , Dan Kalau Bangun Tidur Mata Saya Selalu Berwarna Marah , Itu Tandanya Apa Ya dok ?

    Reply
    • 13 January 2012 at 15:00
      Permalink

      itu tanda yang normal bila bangun tidur matanya merah. Mata perih karena bekerja lama dengan komputer menandakan mata lelah.

      Reply
  • 20 February 2012 at 12:25
    Permalink

    siang dok,

    salam kenal, kebetulan lagi coba cari di google ketemu artikel tentang mata lelah.
    begini dok sy punya keluhan sama percis dari gejala mata lelah, sudah berobat di 3 rs…semua sudah di lakukan tidak ada perkembangan yang maksimal, rasa sakit perih pusing masih betah di mata saya…
    sy baca artikel tentang mata lelah menggunakan kaca mata lensa enssilor anti fatigue….sy tanya ke dokter yang terakhir katanya berpengaruh positif sekitar 50%…yang jadi pertanyaan yakni bagaimana menurut dokter apakah kacamata tersebut saya pergunakan dikarenakan harganya agak mahal juga yah ??
    mata sy kambuh selain di depan komputer nonstop bahkan di jalan pun kambuh juga ( pada saat di bus )….
    jadi kalau kumat, mata perih, pusing, akibatya kantong mata juga makin gede….help dok gimana solusi terbaiknya yah ??

    salam kenal

    thx

    Reply
  • 20 February 2012 at 12:32
    Permalink

    tambahan dok,

    di rs 1…cek mata…katanya plus
    di rs 2…cek mata…katanya minus
    terakhir feb 2012 ini…cek mata..katanya normal…

    sy liat kalau di paksakan beli kaca mata tersebut….lensanya di buat normal or gimana dok….?? dikarenakan hasil cek di 3 rs..berbeda2….
    dan bahkan sy mau sharing ke optic yang khusus jual hal tersebut, rata-rata pada tidak tau detail tentang produk tersebut….jadi khawatir takut salah beli barang……??

    mohon saran dokter solusinya

    thx

    Reply
    • 22 February 2012 at 16:23
      Permalink

      Mohon penjelasan, apakah Anda periksa ke RS itu diperiksa oleh dokter spesialis penyakit mata atau sekedar periksa ke dokter umum? Apakah pemeriksaan menggunakan alat funduskopi? Pengobatan apa yang Anda dapatkan selain anjuran kacamata?

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...