Target 2012 Dokter Nasir Berharap Kunjungan Terbanyak dari Akses Mobile

Kegembiraan menyambut datangnya Tahun Baru 2012 membuat semua orang berlomba-lomba menetapkan target apa saja di tahun mendatang, sambil tidak lupa mengevaluasi apa saja yang sudah dan belum dilakukan di tahun 2011.

Begitu pun yang akan dilakukan oleh saya demi pengembangan blog tercinta ini. Terus terang saya merasa bahwa apa yang saya lakukan untuk menambah postingan di blog ini sangatlah kurang. Dalam setahun, saya hanya sempat menulis sekitar 44 postingan saja. Jumlah yang sangat naif. Padahal seperti yang telah saya tulis di artikel Kaleidoskop Blogging 2010 dan Target 2011, saya ditargetkan bisa menulis hingga 120 postingan dalam setahun.

Agar lebih runtut, saya coba sekalian mengevaluasi blog ini sekaligus menetapkan targetnya lagi untuk tahun 2012.

  1. Posting; Target yang sudah dicapai sepanjang tahun 2011 adalah 44 postingan, padahal target yang dipasang di awal tahun adalah 120 postingan. Saya tidak tahu alasan apa yang akan disampaikan, tapi yang jelas ide itu terkadang selalu datang tiba-tiba. Namun alhamdulillah, akhir tahun 2011 saya tutup dengan berita gembira yaitu Kehamilan Kedua di Akhir Tahun. Artikel tersebut adalah artikel ke-371 hingga akhir Desember 2011. Saya ingin mencoba memasang target menulis lebih dari 450 postingan hingga akhir 2012 nanti.
  2. Komentar; Jika komentar yang masuk di Facebook dan Twitter juga saya hitung, mungkin bisa lebih dari komentar yang tersimpan di blog ini. Tapi saya cukup bersyukur jika beberapa postingan mengundang banyak komentar di tahun ini. Sekitar total lebih dari 1500 komentar yang masuk hingga saat ini belum cukup membanggakan, karena mungkin saja postingan yang saya publikasikan kurang mengundang minat pengunjung untuk membubuhkan sepatah atau dua patah komentar. Target 2011 jelas belum dapat terlampaui, tapi saya akan coba mengulang target tersebut hingga akhir 2012, berharap agar komentar dapat bertambah hingga melebihi 2000 komentar. Tidak termasuk komentar postingan melalui facebook atau twitter yang secara otomatis dipublikasikan kesana.
  3. Kunjungan; kembali kita simak informasi dari Google Analytics, absolute unique visitor dalam satu tahun saat ini mencapai 74456 kunjungan, atau rata-rata > 6000 kunjungan setiap bulannya. Mencapai kunjungan tertinggi pada bulan Maret 2011, yaitu 11311 kunjungan. Terjadi sedikit peningkatan dibandingkan tahun lalu memang, namun target belum tercapai hingga rata-rata lebih dari 7500 kunjungan perbulan. Apalagi grafik kunjungan itu belum dapat dikatakan stabil karena terjadi penurunan cukup drastis mulai bulan September hingga akhir tahun (hanya mencapai angka 300 kunjungan perbulan). Oleh karena itu, saya coba targetkan tahun 2012 ini kunjungan bisa ditingkatkan hingga rata-rata 8000 kunjungan perbulan dan diusahakan stabil. Cara yang paling mungkin adalah membuat postingan lebih teratur dan lebih menarik lagi.
  4. PageRank; kasus PR blog ini turun ke angka 2, ternyata hingga saat ini belum juga bisa tampak adanya peningkatan, walaupun dari segi kunjungan tampak adanya peningkatan. Namun saya juga tidak terlalu berharap banyak dengan PR ini, apalagi algoritma PR yang dikembangkan Google sudah semakin rumit dan misterius, dengan skema Google Panda yang cukup membuat khawatir para blogger “tersesat di rimba maya”. Untuk itu, saya hanya menganggap adanya kenaikan PR adalah hadiah dari Google, jadi target saya saat ini masih dalam tahap mempertahankan PR yang didapat dulu, yaitu PR2.
  5. Alexa Rank; Saya tampaknya tidak bisa berharap banyak hingga akhir tahun 2011, karena angkanya semakin anjlok hingga lebih dari 1 juta, itu pun turun naik. Saya tidak faham bagaimana algoritma yang diterapkan, namun saya tetap berusaha merampingkan lagi angka ranking Alexa ini, paling tidak hingga angka 500000.
  6. Kompetisi Blog; Tahun 2009 saya bisa ikut kontes blog, yaitu Blog Contest Alnect Computer dan acara Bloggers @ MarkPlus Conference 2010. Tahun 2010 saya absen. Namun di tahun 2011, dipenghujung tahun saya menyempatkan diri mengikuti kontes SEGGER yang diselenggarakan oleh Blogdetik.com dengan mempersembahkan 2 postingan, yaitu kontes SEGGER 1 dan kontes SEGGER 2. Pengumumannya setelah tanggal 7 Januari nanti, saya berharap bisa memenangkan hadiahnya. Dan target 2012, saya berharap untuk dapat kembali mengikuti beberapa kompetisi blog untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi menulis saya.
  7. Fans Social Network; Alhamdulillah Teman-teman di Fanpage Facebook Konsul Gratis saat ini sudah mencapai 382 orang, sudah menembus target awal tahun 2011, dan akan bertambah lagi hingga 500 orang di akhir 2012. Sementara Follower Twitter @drnasseer sekarang sudah menembus 260 follower, semoga di akhir tahun 2011 akan bertambah hingga lebih dari 350 follower.
  8. RSS Feed Listener; Terima kasih buat teman-teman yang tetap setia mengikuti perkembangan blog ini melalui feed, karena teman-teman yang menjadi listener setia hingga akhir tahun ini mencapai 185. Mohon teman-teman yang pernah input emailnya dan belum dikonfirmasi, segera dikonfirmasi jika tidak ingin ketinggalan update blog ini, jika lupa, silakan masukkan kembali email Anda dan segera konfirmasi begitu ada email yang membutuhkan verifikasi email. Saya tidak berharap banyak dari sini, tapi saya yakin listener akan bertambah karena saya mencoba merambah media baru dengan mempublikasikan blog ini melalui OVI-Store, yaitu Kios aplikasi milik Nokia Mobile. Silakan unduh aplikasi launcher blog ini di OVI Store atau Kios Nokia dengan keyword “Info Sehat Mobile” secara gratis, atau langsung klik disini. Update: Jika Anda menemukan halaman bahwa aplikasi tidak ditemukan, itu karena aplikasi sedang diperbarui, akan saya kabarkan update selanjutnya. Maaf atas ketidaknyamanannya.
  9. Guest Blogger; Tahun 2011 saya mencoba mengundang siapapun Anda untuk sama-sama menulis di blog ini melalui postingan Perlukah Mengundang Guest Blogger?, lalu saya membuat ketentuan menjadi Guest Blogger di blog ini. Alhamdulillah pada akhir November kemarin, Saudara Vincent memenuhi undangan saya untuk menjadi Guest Blogger disini, silakan lihat tulisannya disini. Untuk itu, saya kembali mengundang teman-teman untuk berlomba-lomba menulis di blog ini. Saya siapkan bingkisan menarik di akhir tahun 2012 untuk guest blogger yang mengirimkan tulisan terbanyak dan dimuat di blog ini.

Demikian resolusi saya di tahun 2012 dan evaluasi tahun 2011. Adalah hal sangat baik jika kita mampu meningkatkan segala upaya kita di masa mendatang, untuk itu saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk semua teman yang sudah mendukung saya dan blog ini. Mohon saran dan masukan teman-teman demi pengembangan blog ini di masa mendatang.

Nah, bagaimana dengan resolusi Anda di tahun 2012?

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

5 thoughts on “Target 2012 Dokter Nasir Berharap Kunjungan Terbanyak dari Akses Mobile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...