Persaingan PPC Rupiah vs Dollar antara Kliksaya.com vs Google Adsense

Pasang Iklan PPCSebelumnya saya peringatkan dulu bahwa tulisan ini merupakan review,  serta kritik mengenai iklan online PPC (Paid Per Click), untuk Anda yang belum pernah terpapar tentang istilah ini, silakan googling dulu, dan kembali lagi ke sini ya. 🙂

Alhamdulillah sejak akhir bulan Agustus 2011 blog ini saya pasangi slot iklan dari Kliksaya.com, baru awal bulan September 2011 saya mendapat klik dari pengunjung dan semakin meningkat setiap hari. Perbedaannya dengan Google Adsense adalah meliputi perhitungan komisinya, Kliksaya.com menggunakan rupiah mulai Rp. 250,- per klik, sedangkan Google Adsense menggunakan dollar mulai US $ 0.01 ,- per klik (setara dengan Rp. 80,- hingga Rp. 90,- bergantung kurs dollar saat ini). Mohon dikoreksi jika salah. Terlihat betapa lebih menguntungkan memasang iklan dari Kliksaya.com dibanding dengan Google Adsense jika dilihat dari komisi per klik. Namun kita tidak dapat menyangka jika lebih banyak jutawan gara-gara memasang iklannya Google Adsense. Anda tahu mengapa?

Kita sudah paham bahwa saat ini situs PPC (Paid Per Click) terbaik dunia adalah Google Adsense, karena GA mampu menampilkan iklan sesuai dengan isi konten atau artikel yang sedang dibaca saat itu. Padahal konfigurasi yang dimasukkan saat pendaftaran hanya alamat situs utama kita, serta data diri lainnya. Dengan artikel yang berkualitas dan tata letak iklan yang baik juga, Anda akan menghasilkan impresi dan jumlah klik yang berlimpah dan tentunya dengan konversi yang berimbang, sehingga dollar pun mengalir dengan derasnya.

Setelah saya browsing dan melakukan riset kecil-kecilan, PPC terbaik Indonesia dan direkomendasi banyak pihak adalah Kliksaya.com, makanya saya tertarik untuk mendaftar ke Kliksaya.com sekitar tahun lalu, dan baru saya beranikan pasang sejak Agustus lalu (karena pas awal daftar, blog saya belum memenuhi kualifikasi Kliksaya.com).

Namun sangat berbeda dengan GA, iklan dari Kliksaya.com tidak dapat “beradaptasi” dengan konten yang tampil, karena Kliksaya.com sepertinya menampilkan iklan berdasarkan topik situsnya dan bukan sesuai topik konten. Saat menambahkan zona iklan, kita harus memasukkan tag, keyword, dan data-data dari website atau blog yang akan dipasangi zona iklan tersebut. Selain itu, kita juga tidak dapat mengubah jenis dan ukuran font dari iklan (untuk iklan teks). Hal ini tentu sangat menyulitkan bagi pemasang iklan untuk sedikit menyamarkan tata letak iklan tersebut di blognya.

Seperti yang Anda lihat di pojok kanan/kiri atas, iklannya sebenarnya bisa disamarkan dengan mengubah jenis font dan ukurannya, namun karena konfigurasinya terbatas, jadi tampak terlalu menyolok. Apalagi iklan yang muncul kebanyakan seputar peluang bisnis online, investasi murah, cara memperbesar penis, dan ejakulasi dini. Tentunya hal ini sangat menggelikan karena saya memasukkan tag dan keyword seputar kesehatan, bisnis online, blogging, gosip dan kuliner untuk semua zona iklan. Terlepas dari suka atau tidak dan tertarik atau tidak dengan iklan yang tampil, bisa menjadi pertanyaan, apakah upaya memperbesar penis termasuk ke dalam kategori kesehatan? Saya juga tidak tahu.

Akan tetapi, saat ini bagaimana pun tampilannya, Kliksaya.com masih merupakan situs penyedia PPC favorit karena komisi dan monitoring situs penerbit yang cukup baik nyaris menyerupai GA. Artikel ini hanya sebagai review, saran, dan sedikit kritik (bukan kontes menulis Kliksaya.com) untuk pengelola Kliksaya.com agar dapat meningkatkan kualitas dalam menampilkan iklannya di blog penerbit, misalnya mempermudah konfigurasi tampilan iklan agar bisa lebih “visitor friendly“, iklan dapat lebih beradaptasi dengan konten, dan sebagainya. Review ini diharapkan dapat menjadikan iklan Kliksaya.com lebih favorit serta bisa menjadi situs PPC terbesar dan terbaik di Indonesia seperti halnya raja PPC dunia Google Adsense. Saya juga mohon agar artikel ini dapat ditampilkan di daftar artikel Kliksaya.com sebagai masukan pengelola. Terima kasih.

Semoga bermanfaat.

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about