2 Cara Atasi Kram Otot

Posting bagian 2 dari 3 bagian dalam seri Apa dan Mengapa Kram Otot?

atasi kram ototPada bahasan sebelumnya, Anda sudah memahami mengapa kram otot bisa terjadi, yaitu adanya ketidakseimbangan cairan dan elektrolit, kurangnya pemanasan sebelum beraktifitas, dan keletihan otot atau fatique.

Jika Anda terserang kram otot, setidaknya ada dua cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya.

  • Jika kekejangan otot terjadi saat Anda berolahraga, segera hentikan latihan Anda. Regangkan bagian tubuh atau otot yang kram. Tunggu sampai otot mengendur, barulah melanjutkan latihan fisik. Anda dapat meminta bantuan rekan Anda (jika ada) untuk meregangkan bagian tubuh tersebut.
  • Jika Anda mengalami ETAP (Exercise-related Transient Abdominal Pain) – rasa sakit seperti tertusuk-tusuk, umumnya terasa di bawah tulang iga sebelah kanan pada saat Anda berlari – maka perlambatlah ayunan langkah Anda secara bertahap, jangan langsung berhenti. Bila Anda langsung berhenti, aliran darah di area sakit akan tertarik, sehingga menyebabkan Anda malah limbung dan bahkan pingsan. Setelah perlahan-lahan berhenti, regangkan bagian tubuh yang kram, dengan mengangkat kedua lengan, dan tarik ke arah belakang. Anda juga bisa mencoba memberi sedikit tekanan di daerah yang kram.

Yang perlu digarisbawahi adalah, kebugaran dan kesehatan memang memiliki ikatan yang cukup kuat. Namun, Anda tidak boleh terlalu memaksakan diri, hingga membuat otot letih, karena hal itu justru bisa mencelakakan diri sendiri.

Berikan jeda istirahat pada setiap latihan agar keletihan otot tidak terulang dan otot memiliki cukup waktu untuk memperbaiki dan memulihkan diri. Selain itu, cukupi kebutuhan nutrisi, kebutuhan buah dan sayuran, kebutuhan cairan, serta kebutuhan beristirahat pada malam hari (tidur yang cukup).

Anda punya pengalaman lain dalam hal mengatasi kram otot ? Mari sharing disini. Untuk upaya pencegahan, nantikan kembali episode selanjutnya.

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

Series Navigation<< Mengapa Terjadi Kram Otot ?7 Jurus Mencegah Kram Otot >>

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

4 thoughts on “2 Cara Atasi Kram Otot

  • 30 September 2011 at 07:06
    Permalink

    saya lebih setuju kalau penjelasan ttg sesuatu …harus di jelaskan lebih detail lagi dan lebih focus pada inti nya seperti kalau mau menjelaskan penyakit ngilu di sendi .
    dokter harus memperlihatan gambar yg dimaksud pada peta anatomi tubuh manusia dan jelaskan mengapa itu bisa terjadi dan apa anti pasi nya kedepan dan bagaimana kita mengatasi nya agar sembuh cepat ….thanks ,dok

    Reply
    • 1 October 2011 at 07:58
      Permalink

      terima kasih atas masukannya. Artikel ini memang dibuat berseri dan lebih ditujukan kepada masyarakat awam. SIlakan baca seri terkait dengan hal ini. Sekali lagi terima kasih.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...