Ramadhan : Momen Evaluasi Diri dan Kesehatan

Wah, lama sekali saya tidak sempat posting ya. Sudah nyaris bosan menyebutkan alasannya. Tapi ya, bagaimana lagi. Rupanya saat ini urusan ngeblog tidak lagi menjadi prioritas saya, saya juga tidak tahu harus bagaimana.

Namun, sekalian menyambut awal Ramadhan kali ini, walaupun agak sedikit terlambat, saya ingin turut mengucapkan “Selamat melaksanakan ibadah puasa Ramadhan 1432 H“. Semoga pada bulan puasa kali ini bisa lebih memaknai arti puasa yang sesungguhnya, sehingga pelaksanaan ibadah selama bulan Ramadhan tidak lagi dianggap sebagai ritual, tetapi lebih dimaknai sebagai kebutuhan untuk memperbaiki amalan-amalan diri menuju terbentuknya insan bertaqwa, sebagaimana yang dijanjikan oleh Allah SWT. dalam surat Al-Baqarah ayat 183:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan berpuasa kepada orang-orang sebelum kamu, agar kamu menjadi orang yang bertaqwa.”

Selain itu, sebaiknya kita pun dapat berpuasa dengan penuh rasa keimanan dan selalu melakukan ihtisab (koreksi diri atau introspeksi diri terhadap amalan-amalan yang kita lakukan) apakah amalan dan ibadah yang kita lakukan selama bulan Ramadhan ini mendapat ridho dari Allah atau tidak. Karena bulan Ramadhan adalah momen evaluasi diri, maka kita dianjurkan untuk memperbanyak ibadah sambil terus melakukan ihtisab, dengan demikian ampunan Allah pun semakin dekat. Sesuai sabda Nabi SAW. :

“Barang siapa yang berpuasa atas dasar iman dan ihtisab, hanya ingin mendapatkan balasan dari Allah, maka ia diampuni dosa-dosa yang telah lalu.” (HR. Bukhari Muslim)

Bulan Ramadhan, selain momen evaluasi ibadah, juga dapat dijadikan sebagai momen evaluasi gaya hidup demi kesehatan kita. Mengapa tidak?

Selama bulan Ramadhan, makan dan minum kita seolah direm (memang sebaiknya demikian). Sebaiknya kita jangan terbuai dengan istilah bahwa bulan puasa adalah memindahkan waktu makan dari waktu siang ke waktu malam. Tetapi jadwal makan pada saat malam hari hanya dijadikan momen berbuka dan mempersiapkan energi untuk keesokan harinya. Asupan makan pun harus diperhatikan dan disesuaikan dengan gizi seimbang, dan bukan berlebihan. Harapannya adalah dengan berpuasa, kesehatan tubuh kita dapat lebih terjaga karena di-reset asupannya, diet pun berhasil. Beberapa tips pernah saya lontarkan melalui blog ini; diantaranya Kiat Sehat Puasa Ramadhan, Kurangi Bau Mulut Saat Puasa, Sehatkah Buka Puasa dengan Gorengan, Tips Puasa Bagi Yang Bermasalah Kesehatan, Tingkatkan Kualitas Hidup Dengan Puasa, Kiat sehat Bugar saat Puasa.

Namun kenyataannya, betapa banyak diantara kita, selepas berpuasa malah kesehatannya tampak kacau, karena asupannya lebih dimaknai dengan mengganti porsi karena terlalu lapar daripada menyiasati porsi. Maksudnya, idealnya biar porsi sedikit tapi cukup untuk menegakkan tulang punggung untuk dapat shalat.

Selain itu, gaya hidup kita pun berubah. Kita dipaksa untuk bangun malam, mengusahakan tarawih, tahajud, tadarus, hingga sahur. Namun siangnya kita tetap beraktivitas seperti biasa. Hal-hal yang tidak biasa dilakukan di bulan lain “dipaksa” dilakukan di bulan ini. Amalan-amalan itulah yang sebenarnya sangat baik untuk kita bergaya hidup sehat. Sadarkah kita?

Semoga Ramadhan kali ini dapat menjadi inspirasi positif bagi kita untuk memperbaiki gaya hidup kita agar momen evaluasi diri bisa tercapai. Wallahu a’lam

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

5 thoughts on “Ramadhan : Momen Evaluasi Diri dan Kesehatan

  • 2 August 2011 at 18:24
    Permalink

    ndak sempat ngeblog, soalnya pak Nasir lagi kejar setoran, betul3x…

    Reply
    • 3 August 2011 at 07:34
      Permalink

      Hahaha…ya ga begitulah mas Fajar, memberikan pelayanan terbaik ke masyarakat kan jauh lebih penting daripada urusan pribadi, ya kan? hehehe

      Reply
  • 4 August 2011 at 00:10
    Permalink

    hi sobat apa kabar? dah lama ne ane gak ada jalan ke sini.

    Berhubung domain co.cc dibanned oleh Google dan blog ane salah satunya yang terkena imbasnya, maka ane memberitahukan ke sobat untuk mengganti alamat link ane di blog sobat, dan jika blog ane belum terpasang di sini mohon dipasang kembali karena blog sobat sudah lama terpasang di blog ane (Silahkan ceck).

    Blog ane yang diganti linknya adalah :

    semula blog ane yang beralamat http://www.manrengat.co.cc/ (dengan Ancor Text : Man Rengat / Tutorial Blog Terbaru) mohon diganti alamatnya dengan http://mankita.blogspot.com/.

    Terima kasih

    Reply
  • 11 August 2011 at 10:56
    Permalink

    salam kenal pak,..
    memang bulan puasa ini kita disibukan dengan berbagai hal,.. terutama keperluan untuk berpuasa dari menyaipkan menu saur sam pai berbuka,. sehingga membutuhkan energi yang lebih ,.. tolong tips pak cara sehat menghadapi bulah penuh berkah ini..

    Reply
    • 11 August 2011 at 17:25
      Permalink

      Rasanya saya sudah pernah menulis tips sehat saat puasa. Silakan telusuri link-link yang saya tuliskan di atas. Trims sudah mampir.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...