Hati-hati Obat Pelangsing, Bisa Menopause Dini

Hati-hati Obat Pelangsing, Bisa Menopause DiniWanita mana yang tidak ingin tubuhnya langsing, sehingga banyak diantara mereka melakukannya dengan cara instan. Hal ini terutama terjadi pada kalangan menengah ke atas, yaitu mereka yang merasa punya duit banyak tapi merasa sulit untuk menikmatinya. Selain obat pelangsing “resmi” yang diresepkan atau direkomendasikan oleh dokter, banyak diantara mereka yang mengonsumsi obat-obatan yang tidak jelas kandungan dan cara kerjanya, padahal mengonsumsi obat pelangsing secara serampangan bisa menimbulkan menopause dini.

Seorang guru besar FK UI, Prof. Dr. dr. Med. Ali Baziad, SpOG-KFER, mengatakan bahwa dari 60% pasien dengan keluhan menopause dini mengaku minum obat pelangsing. Beliau menceritakan bahwa kasus seperti ini telah ditemukan sejak beliau praktek tahun 1990, dan dewasa ini trennya cenderung naik. Bahkan usia termuda yang pernah ditemukan adalah 25 tahun, dan paling banyak usia 35-40 tahun sudah mengalami menopause dini.

Bagaimana cara kerja obat pelangsing ini sehingga dapat membuat seseorang mengalami menopause dini?

Obat tertentu memang dapat menekan produksi berbagai hormon di otak. Jika keadaan ini terus berlanjut, otak bisa saja tidak memproduksi hormon lagi, padahal pada usia tersebut tubuh masih membutuhkannya. Hal inilah yang akan mempengaruhi seluruh tubuh, termasuk indung telur. Ketidakstabilan hormon pada sistem reproduksi seperti pada indung telur dapat mengakibatkan menopause. Jika menopause ini terjadi pada usia muda yang masih produktif, maka dapat dikatakan menopause dini.

Obat pelangsing juga dapat meningkatkan pembuangan air seni. Selain merusak ginjal, hal ini dapat menyebabkan terganggunya sirkulasi darah di indung telur. Jika indung telur terlanjur rusak, jelas tidak akan mungkin dapat diperbaiki.

Sangat disarankan untuk memperbaiki pola makan dan rutin olahraga, itulah cara terbaik mendapatkan tubuh langsing. Cara terbaik memang tidak mesti instan, tetapi optimal. Jika membutuhkan obat, gunakan hanya yang diresepkan dan direkomendasikan oleh dokter, selain itu konsumsilah secara bijak dan sesuai aturan. Perlu diingat bahwa obat hanya bersifat membantu, perubahan gaya hidup tetaplah yang utama.

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

6 thoughts on “Hati-hati Obat Pelangsing, Bisa Menopause Dini

  • 27 April 2011 at 07:26
    Permalink

    iya dok, obat pelangsing memang banyak tersebar di masyarakat bahkan di dunia maya seperti facebook obat pelangsing dengan mudah ditemukan dengan harga yang murah.
    masyarakat perlu berhati2 terutama pada yg mengaku ‘obat pelangsing’ dengan bahan herbal. cermati apakah ada nomor registrasi BPOM. jika tidak, maka ‘obat pelangsing’ tersebut tidak terdaftar di BPOM dan bisa jadi obat palsu.
    trims

    Reply
  • 9 June 2011 at 17:29
    Permalink

    kalau sudah terjadi menepouse dini apa solusinya ?

    Reply
  • 12 June 2011 at 06:47
    Permalink

    menurut saya mau langsing aman ya olahraga

    Reply
  • 24 July 2011 at 08:33
    Permalink

    emang banyak obat begitu lebih pilih yang tradisonal saja sudah pasti terjamin

    Reply
  • 30 August 2011 at 14:29
    Permalink

    Thank you for the encouragement for a better posture!

    Reply
  • 6 August 2012 at 11:11
    Permalink

    sejak saya berhenti KB 1,5 th yg lalu, saya minum obat pelangsing selama 3 bln brturut-turut, sampe skrg saya blm di kasih momongan lagi, gmn solusinya agar saya cepat punya momongan lagi….???????

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...