Hasil Eksperimen: Trafik Tanpa Komentar Terbaru dan Top Komentator

Merasa tertantang dan merasa berhutang karena sempat melemparkan postingan bertajuk Eksperimen: Trafik Tanpa Komentar Terbaru dan Top Komentator, ditambah adanya komentar mengingatkan dari Ronigres dan Aat, membuat saya berpikir untuk mencoba membuat laporan analisisnya, tentu saja dengan bantuan Google Analytics yang kabarnya cukup akurat.

Waktu itu saya ingin membandingkan statistik kunjungan teman-teman antara tanggal 1 Mei 2010 hingga 30 Juni 2010, yaitu pada saat segi Top Komentator dan Komentar terbaru masih terpasang, dengan tanggal 17 Juli 2010 hingga 17 September 2010 setelah kedua segi tersebut dicopot. Alasan saya membandingkan kedua periode tersebut adalah karena pada tanggal 1 Mei hingga 30 Juni 2010 pageview blog ini berdasarkan Google Analytics ada dalam kisaran 30 ribuan dan jumlah kunjungan di atas 20 ribuan, ulasan selengkapnya silahkan dibaca disini.

Selanjutnya sesuai dengan perjanjian, saya mencoba membuka database kunjungan di Google Analytics pada periode tanggal 17 Juli hingga 17 September 2010, dan ternyata semuanya di luar dugaan. Alih-alih konstan ataupun meningkat, ternyata saya dibuat kaget karena mulai tanggal 17 Juli 2010 kunjungannya sama sekali tidak ada (nol) hingga tanggal 12 Agustus 2010. Wah, ada apa ini?

Agar tidak penasaran, saya coba tarik mundur lagi agar mudah dianalisis. Saya ambil mulai tanggal 1 Juli 2010. Ternyata penurunan trafik blog ini sudah mulai terlihat sejak tanggal 8 Juli 2010 dan tanggal 9 Juli 2010 trafik hilang sama sekali, hingga tanggal 21 Agustus 2010. Lihat gambar di bawah ini.

Hasil Eksperimen: Trafik Tanpa Komentar Terbaru dan Top KomentatorKemudian saya ingat-ingat, mengapa hal tersebut bisa terjadi. Karena rentang kunjungan yang sangat buruk dan nyaris nol itu berlangsung cukup lama (sekitar 40 hari). Mungkinkah selama itu saya tidak pernah melakukan posting? Ataukah ada sesuatu yang terjadi terhadap blog ini? Sayangnya saya sudah lupa nih. Biasanya sih pas lagi bermasalah di server, tapi sebenarnya ada ga sih tool untuk menelusuri apa yang terjadi pada saat itu (semacam blog history) dengan blog kita? Kalo ada yang tau, please sharing ya…

Kalo soal posting atau tidak selama nol kunjungan itu, rasanya saya juga menulis cukup banyak. Mungkin bisa dibuka di arsip Juli 2010 dan Agustus 2010.

Nah, jadi rupanya hasil eksperimennya seperti itu. Tapi saya tetap yakin bahwa teman-teman selalu rajin berkunjung, walaupun sekedar mampir untuk ikut membaca. Untuk itu, lebih rajinlah berkunjung dan berkomentar disini dan agar Anda tidak ketinggalan informasi terbaru, silahkan berlangganan dulu. Saya ucapkan terima kasih atas segala masukan, kunjungan dan komentar teman-teman selama ini. Mohon saya dibagi informasi terkini agar blog ini bisa lebih inovatif dan ga semakin jadul.

Keep writing ya…

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

11 thoughts on “Hasil Eksperimen: Trafik Tanpa Komentar Terbaru dan Top Komentator

  • 1 May 2011 at 12:31
    Permalink

    Oh, ya saya ingat waktu itu sempat berkomentar kalau nggak salah saya berkomentar perbandingan kurang fair kalau selama periode yang diperbandingkan masih terus update artikel. Saya waktu itu berpendapat kalau semakin banyak artikel berarti peluang pageviewnya akan lebih banyak sehingga periode yang terakhir akan cenderung lebih tinggi trafiknya.

    Ternyata malah turun, ya Dok? Walaupun terus ditambah artikel terbaru. Saya juga bingung kira-kira apa penyebabnya, kok bisa seperti itu. Oh, ya apa jangan-jangan turun karena dulu sempat dihack orang itu, Dok? Saya lupa dulu bulan apa.

    *Akhirnya Bandwidth Limitnya hilang juga. Beberapa kali berkunjung kesini kecele saya

    Reply
    • 2 May 2011 at 09:51
      Permalink

      Haha…iya nih pak. Kemungkinan karena waktu itu sempat dihack orang halaman depannya. Saya masih bisa melakukan posting waktu itu. Kelihatannya perlu diulang lagi ya eksperimennya. tapi mungkin dengan bandwidth yang mumpuni tentunya…hehehe.
      Trims masukannya ya pak.

      Reply
    • 2 May 2011 at 09:54
      Permalink

      Saya ambil paket hosting IIX pak. Spacenya cuma 200MB, Bandwidthnya 20GB. Kelihatannya kalo selalu terulang begini mesti pindah hosting ya…ada saran yang bagus dimana pak? tapi murah ya pak…hehehe

      Reply
  • 3 May 2011 at 19:43
    Permalink

    memang gan kalau ber eksperime perlu pengorbanan…….
    semoga aja sukses dan tau kelebihan dan kekurangan nya…..

    Reply
  • 6 May 2011 at 04:22
    Permalink

    tulisan yang bagus pak dokter , terima kasih

    Reply
  • 21 June 2011 at 07:41
    Permalink

    kunjungan perdana, saya kalau cek trafik bukan pakai google analytics mas, 1000 kunjungan saya tidak kedetek, padahal manusia. cara mas bagus juga tuh. saya new visitor 100% mas.

    Reply
    • 19 February 2012 at 21:01
      Permalink

      Kenapa ditutup pak? Kan bisa jadi ajang diskusi. Tinggal kita yang filter saja, mana yang perlu dijawab dan mana yang tidak perlu.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...