Kaleidoskop Blogging 2010 dan Target 2011

Mau tak mau harus saya awali dengan ucapan “Masya Allah” sampai betul-betul tidak sempat menulis evaluasi target ngeblog tahun 2010, seperti yang sudah saya tulis di Pasang Target di Tahun 2010. Sekarang sudah 5 hari di tahun baru 2011, semoga tidak terlalu terlambat mengulas sedikit hasil pencapaian target ngeblog di tahun 2010 sebagai Kaleidoskop Blogging 2010.

Sebelum mengevaluasi pencapaian target, saya sudah pasti mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua teman-teman yang sudah memberikan komentar untuk setiap postingan saya baik langsung di blog, facebook, maupun di twitter, bahkan langsung berkonsultasi khusus lewat email. Begitu pula teman-teman yang sudah berkunjung, baik yang baru berkunjung, maupun yang sudah rutin berkunjung untuk sekedar menengok, tentu apresiasi yang tinggi saya haturkan buat teman-teman dan para pengunjung sekalian. Sudah barang tentu blog ini bisa tetap eksis karena partisipasi aktif kalian semua. Namun “tak ada gading yang tak retak”, saya mohon maaf jika saya akhir-akhir ini jarang mengupdate blog ini, jarak postingan terakhir dengan postingan baru rasanya terlalu lama, sehingga cenderung membosankan. Untuk itu, kritik dan saran yang membangun tetap saya harapkan demi pengembangan blog ini. Mudah-mudahan tahun 2011 ini semuanya dapat bangkit kembali dengan semangat yang lebih baru lagi…

Sesuai target yang saya pasang di akhir tahun 2009 lalu, pencapaian target yang diperoleh adalah sebagai berikut :

  1. Posting; ditargetkan bisa mencapai >300 post hingga akhir tahun 2010 nanti. Alhamdulillah hingga akhir Desember 2010 lalu, postingan di blog ini sudah mencapai 329 post, dan postingan terakhir adalah mengenai Hubungan Tidur Cukup dan Kecantikan. Berarti hampir 100 postingan dalam satu tahun, masih sedikit memang bila dibanding para senior, tapi semoga di tahun 2011 ini saya menargetkan bisa membuat hingga 120 postingan dalam satu tahun.
  2. Komentar; sebetulnya poin ini tidak bisa ditargetkan sepenuhnya karena bergantung kepada ketertarikan pengunjung untuk memberikan komentarnya pada postingan tersebut, namun alhamdulillah hingga saat ini jumlah komentar yang masuk sudah mencapai 1047 komentar, belum termasuk komentar yang masuk melalui facebook dan twitter, karena plugin Wordbooker terkadang gagal menyedotnya ke blog. Selain itu, banyak komentar yang masuk dianggap spam oleh Akismet, jumlah hingga ratusan, sehingga saya perlu menyortirnya kembali atau menghapusnya. Diharapkan di tahun 2011 ini, komentar yang masuk dapat bertambah lagi hingga 2000 komentar.
  3. Kunjungan; berdasarkan data dari Google Analytics, absolute unique visitor dalam satu tahun saat ini mencapai 67772 kunjungan, atau rata-rata > 5000 kunjungan setiap bulannya. Mencapai kunjungan tertinggi pada bulan Mei 2010, yaitu 10225 kunjungan. Perlu diketahui bahwa, tahun 2010 blog ini sempat mengalami suspend selama 2 bulan, yaitu bulan Juli dan Agustus, akibat proses migrasi server dari USA ke IIX (server Indonesia), dan blog ini juga sempat dihack orang yang tidak bertanggung jawab, sehingga beberapa waktu blog ini jadi sulit untuk diakses, untuk itu saya mohon maaf. Ditargetkan bisa meningkat hingga rata-rata >7500 kunjungan perbulannya di tahun 2011 ini.
  4. PageRank; sejak kasus PR blog ini turun ke angka 2, blog ini cenderung statis, namun alhamdulillah masih bisa bertahan di PR2. Ditargetkan untuk bisa merebut kembali PR3 atau diatasnya di tahun 2011 ini.
  5. Alexa Rank; kalo ini saya nyerah deh, betul-betul masih di luar jangkauan blog ini barangkali. Di awal tahun 2010 sempat mencapai angka di bawah 300000, namun di akhir 2010 alih-alih angkanya meramping, Nona Alexa malah menghukum blog ini hingga ke angka di atas 500000. Sungguh tragis memang, tapi saya pikir ini bukan akhir dari segalanya, prosesnya masih panjang, jadi saya mencoba menargetkan kembali untuk bisa merebut angka di bawah 300000 lagi, meski cukup berat saya rasa saat ini.
  6. Kompetisi Blog; jika tahun lalu saya bisa mengikuti 2 kali kontes blog dan masuk sebagai pemenang, yaitu Blog Contest Alnect Computer dan acara Bloggers @ MarkPlus Conference 2010, namun tahun ini saya sungguh malu karena nyaris tidak sempat menggarap kontes satu pun, walaupun informasinya cukup banyak. Tahun 2011 ini saya tidak tahu apakah akan sempat untuk kembali mengikuti kompetisi atau tidak, jadi saya hanya menargetkan setidaknya ada satu kontes yang bisa saya ikuti nanti.
  7. Fans Social Network; Seperti halnya komentar, poin ini juga tidak bisa ditargetkan sepenuhnya, namun setidaknya bisa menjadi indikator seberapa populernyakah blog ini di komunitas tertentu. Teman-teman di Fanpage Facebook yang akhir tahun 2009 lalu baru 4 orang, alhamdulillah sekarang sudah bisa menembus angka 100 hingga akhir tahun 2010, yaitu di angka 125 orang. Semoga akan bertambah hingga lebih dari 300 orang di akhir 2011. Dan Follower Tweeter yang akhir tahun 2009 lalu baru mencapai 44 follower, sekarang sudah menembus 181 follower, semoga di akhir tahun 2011 akan bertambah hingga lebih dari 300 follower.
  8. RSS Feed Listener; Teman-teman yang tetap setia mengikuti perkembangan blog ini melalui feed, jika tahun lalu mencapai 87 listener, akhir tahun 2010 ini bisa meningkat hingga 142 listener, artinya masih kurang 8 listener lagi menuju target. Namun seperti halnya komentar dan fans social network, kesediaan teman-teman untuk menjadi listener feed blog ini tidak bisa dipaksakan, bahkan pernah ada yang tiba-tiba mengundurkan diri, entah karena sengaja atau tidak, tidak pernah saya pertanyakan kenapa (perlukah ditanyakan alasannya? Mohon diberikan saran!). Untuk tahun 2011 ini saya berharap pelanggan feed bisa bertambah hingga lebih dari 200 listener.

Kesimpulan dari kaleidoskop ini adalah bahwa beberapa poin target memang sudah mencapai targetnya, karena memang hal tersebut dapat diusahakan, seperti posting yang teratur disertai publikasi yang rutin, tentu dapat meningkatkan jumlah pengunjung. Sebisa mungkin pancing para pengunjung untuk dapat memberikan komentarnya di blog Anda, sehingga selain dapat meningkatkan jumlah pengunjung yang unik, juga meningkatkan jumlah komentar dan peluang bertambahnya pelanggan feed dan follower baik twitter maupun facebook.

Nah, bagaimana dengan target Anda di tahun 2011 ini ? Silahkan berikan komentar Anda disini…

Jika Anda suka artikel diatas, dapatkan update terbaru gratis!

loading...

dr. Nasir

Silahkan akses http://dokternasir.web.id/about

5 thoughts on “Kaleidoskop Blogging 2010 dan Target 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Close
Get our Newsletters

Receive The Latest Posts Directly To Your Email - It's Free!! Enter your email, Signup, Check your email, then Confirm...